Meluncur Di Tengah Sepinya Pasar, Ini Target Konsumen All New Toyota Camry 2019

11/01/2019 Fatchur Sag Mobil baru

All New Toyota Camry 2019 resmi mengaspal di Indonesia. Melihat pasar sedan yang 'kurang bersahabat', langkah Toyota ini terbilang cukup berani. Lalu siapa yang konsumen yang disasar Toyota dengan mobil premium ini?

Dibanding dengan segmen mobil keluarga macam MPV dan SUV, segmen sedan di Indonesia sangat kecil. Selain kapasitas tempat duduknya yang hanya lima penumpang, mobil sedan umumnya dihargai lebih mahal dari model lain dikarenakan pajak yang cukup tinggi. Hal ini membuat mobil sedan tidak begitu menarik dan kurang diminati konsumen. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil kategori sedan periode Januari-November 2018 mencapai 6.268 unit atau 0,6 persen dari total penjualan mobil nasional sebanyak 1.063.464 unit.

Foto All New Toyota Camry 2019 saat diluncurkan

Segmen sedan kurang menarik minat konsumen di Indonesia

Dikarenakan pasar yang sangat kecil, bisa dipastikan konsumen sedan adalah orang-orang tertentu yang memiliki motif khusus, mereka kebanyakan juga tidak begitu masalah dengan banderol harga. Toyota Astra Motor (TAM) yang baru saja meluncurkan All New Toyota Camry 2019 tidak menampik hal ini. Di sela-sela acara peluncuran yang dilakukan di Bluegrass, Kuningan, Jakarta Selatan Selasa (8/1/2019) Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director TAM mengungkap siapa saja konsumen yang disasar.

"Memang dengan mobil yang lebih agresif dan sporty, kami berharap menyasar konsumen yang lebih muda sekitar 30 sampai 35 tahun ke atas. Para eksekutif muda bisa melirik juga, karena dengan desain yang lebih bagus dan mesin yang baru, serta handling yang lebih baik, bagi yang senang mengendarai mobil sendiri sangat cocok," jelas Anton.

Dijelaskan juga meski di Indonesia Toyota Camry masuk kategori sedan premium, di negara maju seperti Amerika Serikat dan mayoritas negara-negara di Eropa Toyota Camry masuk kategori sedan menengah. Jadi konsumen yang disasar juga lebih luas sebab bisa masuk ke konsumen retail maupun fleet. Maka tak jarang kalau Toyota Camry dijadikan sarana transportasi umum seperti taksi maupun taksi online. Dengan kehadiran All New Toyota Camry 2019 yang lebih sporty dan agresif diharapkan mobil anyar ini bisa difungsikan seperti di negara-negara maju.

"Saya pikir, dengan ubahan desain ini tidak menggeser pasar. Retail dan fleet masih seimbang, walaupun mobil ini agresif tetap smart dan confidence, jadi sporty yang muda dan umur mapan. Jadi, saya pikir untuk kelas-kelas fleet pejabat dan lain-lain masih bisa digunakan," tegasnya.

>>> Perlahan Tapi Pasti, Taksi Listrik Mulai Gantikan Black Cabs di Kota London

Seorang model berpose di dalam All New Toyota Camry 2019

Para eksekutif muda jadi target utama konsumen All New Toyota Camry 2019

Saat ini, penjualan Toyota Camry di Indonesia masih terbilang minim. Data di GAIKINDO mencatat sepanjang Januari-November 2018 hanya ada 724 unit mobil yang dikirim ke dealer dengan pengiriman yang terus menurun tiap bulan. Bahkan di bulan November tidak ada pengiriman sama sekali, sedangkan di bulan Oktober masih ada pengiriman sebanyak 2 unit. Bagaimana hasil All New Toyota Camry 2019 ini ke depannya, layak untuk dinanti.

>>> Review Toyota Camry 2019 bisa Anda baca di sini!

Ingin tahu lebih lanjut, simak video review All New Toyota Camry 2019 berikut!

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca

  • Suzuki Filipina Luncurkan Ertiga Black Edition, Kapan Untuk Indonesia?
    Mobil baru Fatchur Sag

    Suzuki Filipina Luncurkan Ertiga Black Edition, Kapan Untuk Indonesia?

    18/03/2019

    Di tengah rencana Suzuki Indonesia yang akan meluncurkan varian terbaru Suzuki Ertiga Sport, justru Suzuki di Filipina lebih dulu meluncurkan varian terbarunya, Suzuki Ertiga Black Edition.

  • Fitur Keselamatan Ditingkatkan, Mobil Sedan Kia K5 Punya 4 Pilihan Mesin
    Mobil baru Abdul

    Fitur Keselamatan Ditingkatkan, Mobil Sedan Kia K5 Punya 4 Pilihan Mesin

    16/03/2019

    Mobil terbagi banyak jenis segmen yang ditujukan pada konsumen dengan karakternya masing-masing serta kebutuhan. Salah satu segmen yang dinilai cukup menarik adalah sedan, yang mana biasanya memiliki kapasitas kecil 5 orang saja. Jadi bagi yang ingin memilikinya harus mempertimbangkan kebutuhan berkendaranya. Mobil sedan terbaru yang baru saja diluncurkan adalah Kia K5.

  • Teknologi Baru Tesla, Charging Mobil Cepat Hanya 5 Menit!
    Mobil baru Abdul

    Teknologi Baru Tesla, Charging Mobil Cepat Hanya 5 Menit!

    13/03/2019

    Saat ini banyak yang sedang membicarakan tentang mobil listrik. Hal tersebut dikarenakan beberapa produsen mobil telah mengeluarkan produk andalannya yang menggunakan teknologi listrik sebagai sumber dayanya. Namun masih banyak yang enggan terhadap mobil jenis ini karena pengisiannya yang lama. Namun kabar yang beredar Tesla telah memperkenalkan sistem charging mobil cepat.