Teknologi Variable Compression Engine Nissan Inovasi Maksimum Motor Bakar Saat Ini

08/10/2018 Arfian Alamsyah TOP mobil

Kalau boleh jujur, sebenarnya era kejayaan mesin dengan sistem motor bakar dalam (internal combustion engine) saat ini sudah mencapai inovasi ter-maksimumnya. Masing-masing pabrikan telah mengembangkan secara maksimal agar mesin yang diciptakanya mendapat efisiensi volumetrik yang terbaik, sehingga berdampak positif pada performa dan efisiensi. Era masa depan ialah mobil dengan sumber tenaga listrik. Berikut ini teknologi variable compression engine Nissan, Inovasi maksimum motor bakar saat ini.

Oke, kembali ke laptop eh topik. Tidak hanya Mazda saja yang dengan giat mengetes Skyactiv X sebagai basis mesin dengan teknologi Skyactiv generasi terkini. Nissan juga tidak mau kalah dengan meluncurkan mesin berteknologi variable compression engine. Mesin dengan julukkan Variable Compression (VC)-Turbo ini disematkan di balik bonnet SUV dengan sub-brand mereka yang jadi andalan di pasar Amerika yaitu Infiniti QX50.

Sebenarnya teknologi variable compression ini bukanlah ide terbaru. Sebelumnya, sekitar 3 tahun ke belakang pabrikan mobil asal Jerman, Porsche sempat mengembangkan ide ini. Namun, seperti dugaan kami, karena terlalu banyak friksi yang terjadi di mesin dengan teknologi VC-T ini, pabrikan yang bermarkas di Stuttgart Jerman ini mengurungkan niatnya untuk melakukan pengembangan lebih jauh, apalagi menjadikannya produksi masal.

>>> Teknologi asisten pengemudian terbaik kami ulas disini

Tampak sebuah mobil Infiniti QX50 yang menggunakan mesin VC-Turbo

Infiniti QX50 adalah produk pertama Nissan Group yang menggunakan mesin canggih ini

Lantas apa yang mendorong Nissan untuk tetap menerapkan teknologi ini? Tentunya ada alasan khusus, yakni, ambisi untuk mengail tenaga semaksimal mungkin dengan cara apapun. Maka dipilihlah mesin dengan teknologi VC-Turbo ini. Lantas bagaimana cara kerja mesin VC Turbo yang digadang-gadang oleh Nissan sebagai mesin ter-advance yang pernah Nissan buat? Begini penjabarannya.

>>> Mungkin Anda tertarik: Sepuluh Mesin Legendaris JDM​

Pertama Anda harus mengetahui dahulu siklus dasar motor bakar atau mesin yang mempunyai 4 langkah dalam pembakaran. Langah pertama adalah langkah isap atau intake, pada tahap ini piston turun kebawah menghisap campuran udara dan bahan bakar yang masuk seketika saat klep in ikut terbuka. Pada tahap ini posisi piston sedang di posisi Titik Mati Bawah (TMB).

Tampak sebuah siklus dasar mesin 4-tak

Untuk dapat memahami teknologi VC-R, Anda harus paham dulu siklus dasar mesin 4 langkah

Tahap kedua dinamakan compression atau kompres. Pada tahap ini piston akan didorong oleh crankshaft (kruk as) untuk naik ke atas mendekati klep. Tahap ini dimaksudkan untuk memampatkan (kompres) campuran udara dan bahan bakar pada tahap sebelumnya yaitu intake. Pada kondisi ini, kedua klep tertutup rapat dan posisi piston sedang berada di Titik Mati Atas (TMA).

>>> Cara merawat mobil injeksi hanya disini

Langkah ketiga adalah power atau tenaga. Busi akan dengan otomatis memercikan bunga api, sehingga terjadi ledakan pembakaran diruang bakar. Pada tahap ini posisi piston yang tadinya berada di TMA secara langsung terdorong ke bawah dikarenakan adanya power. Pada posisi ini, kedua klep masih harus dalam keadaan tertutup rapat, kalau tidak maka terjadi kebocoran kompresi, sehingga pengkailan tenaga tidak maksimal.

Tampak bagian belakang Infiniti QX50 bermesin VC-Turbo

Mesin VC-Turbo pada Infiniti QX50 ini merupakan terobosan di dunia teknik otomotif 

Terakhir adalah langkah buang atau bahasa keren-nya exhaust. Pada tahap ini kruk as akan berputar dan mendorong piston kembali ke TMA dari TMB seketika itu juga katup ex atau buang akan membuka, dan langkah simultan ini akan kembali berulang terus selama mesin dalam keadaan hidup. Lantas bagaimana sistem VC-Turbo kebanggaan Nissan ini bekerja pada mesin 4 tak?

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan tulisan review mobil terbaik hanya ada di Mobilmo.com

Dibandingkan dengan mesin konvensional, mesin VC-Turbo sebenarnya memiliki 2 bagian tambahan yaitu, actuator arm yang berfungsi memutar control shaft (dudukan crankshaft) agar kompresi bisa naik dan turun sesuai dengan kebutuhan. Lalu multilink crankshaft yang menempel pada kruk as. Peranti lainnya sama saja dengan peranti kruk as motor bakar dalam (mesin) standar.

Tampak sebuah ilustrasi cara kerja VC-Turbo

Penjelasan cara kerja teknologi VC-Turbo 

Cara kerjanya pun mudah dipahami, seperti yang diketahui, mesin dengan pemampat udara paksa alias turbo membutuhkan kompresi yang lebih rendah dari mesin naturally aspirated. Gunanya adalah untuk melindungi komponen internal mesin, agar tidak rusak ketika mendapatkan tekanan udara paksa yang mengalir dari turbin ke ruang pembakaran.

>>> Periksa tekanan kompresi untuk mengetahui kondisi komponen internal mesin

Sebaliknya kompresi mesin tinggi dibutuhkan guna mencapai target efisiensi pada mesin. Nah, ketika butuh akselerasi dan tenaga ekstra maka kompresi mesin diturunkan dari yang awalnya 14:1 ke 8:1. Actuator arm menerima perintah dari Electronic Control Unit (ECU) untuk memutar control shaft, serta harmonic drive dan menurunkan multi link yang berefek pada setang piston serta pistonnya sendiri ikut turun sehingga kompresi mesin menjadi lebih rendah.

Tampak ilustrasi variable compression ratio Infiniti QX50

Terdapat 4 bagian inti dari teknologi VC-Turbo ini

Namun, menurut kacamata teknik kami dari Mobilmo.com, sistem seperti ini akan berdampak kurang bagus terhadap daya tahannya pada pemakaian yang lama. Beban yang ditopang oleh kruk as dan dudukannya akan semakin besar karena adanya tambahan part tadi. Dan dimasa depan, sumber energi kendaraan adalah yang menggunakan tenaga elektrik.  

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Pilihan Mobil City Car Terbaik Di Indonesia Dengan Desain Sporty
    TOP mobil Abdul

    Pilihan Mobil City Car Terbaik Di Indonesia Dengan Desain Sporty

    14/07/2018

    Mobil merupakan tunggangan yang nyaman dan bisa menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Di wilayah perkotaan yang rawan terjadi kemacetan, membutuhkan kendaraan yang nyaman. Salah satu pilihan dari beberapa segmen adalah mobil city car terbaik yang mempunyai dimensi kecil dan cocok untuk wilayah perkotaan.

  • Pilihan Mobil MPV Bekas Terbaik Yang Masih Bersaing Dengan Kendaraan Baru
    TOP mobil Abdul

    Pilihan Mobil MPV Bekas Terbaik Yang Masih Bersaing Dengan Kendaraan Baru

    29/06/2018

    Memilih Mobil bekas merupakan salah satu alternatif untuk memiliki sebuah kendaraan, apabila budget yang dimiliki belum mencukupi untuk membelinya dalam kondisi baru. Walaupun di mata sebagian orang kendaraan bekas mempunyai citra yang negatif, namun tidak menyurutkan para konsumen Mobil bekas. Salah satu segmen yang bisa menjadi pilihan adalah Mobil MPV bekas yang bisa digunakan untuk kendaraan keluarga ataupun pribadi.

  • 2 Mobil Bekas Yang Banyak Dicari Di Bulan Ramadhan
    TOP mobil Abdul Kosim

    2 Mobil Bekas Yang Banyak Dicari Di Bulan Ramadhan

    18/05/2018

    Penjualan Mobil bekas seiring berjalannya waktu mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Apalagi di bulan ramadhan, yang dimana bulan ini mendekati lebaran. Dengan begitu masyarakat akan melakukan persiapan mudik dengan membeli kendaraan sebagai alat transportasi menuju kampung halaman. Lantas apa sih Mobil bekas yang banyak dicari di bulan ramadhan?