Sepuluh Mesin Legendaris JDM

01/07/2018| Abdul

Dari sekian banyak komponen ada pada mobil, mesin bisa disebut sebagai terpenting. Tanpa mesin mumpuni, sebuah mobil praktis akan kehilangan kemampuan dan jiwanya. Apalagi ketika kita bicara sports car, yang memang mengedepankan unsur performa.

Di kalangan enthusiast, apalagi suka mengutak-atik mesin popularitas mesin-mesin asli Japan Domestic Market (JDM) sangat tinggi. Tidak hanya karena performanya tak kalah dengan mesin asal Eropa, namun juga karena masih menyimpan potensi untuk modifikasi guna menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Berikut Mobilmo.com berikan 10 mesin asli JDM legendaris dan paling populer.

1. Subaru EJ20

Gambar ini menunjukkan mesin Subaru EJ20 terlihat jelas di atas papan dan terlihat beberapa komponen

Mesin EJ20 pertama kali disematkan pada Subaru Legacy dan dikenalkan pada tahun 1989

Untuk yang pertama dalam pembahasan mesin JDM adalah EJ20. Yang mana mesin ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 yang disematkan pada Mobil Subaru Legacy. Selain itu juga merupakan penerus dari mesin pendahulunya yakni EA. Mesin EJ20 mengandalkan 16 katup dengan flat four boxer. Namun penggunaan mesin ini paling populer pada saat berada pada Mobil Subaru Impreza.

2. Mitsubishi 4G63T

Gambar ini menunjukkan mesin  Mitsubishi 4G63 dengan tulisan Mitsubishi dan warna merah sera hitam di bagian atasnya

Mesin 4G63T sangat populer saat dipasangkan pada Mobil Mitsubishi Galan VR-4

Mesin ini mempunyai kapasitas 2.0 liter dan dilengkapi dengan turbocharger. Mesin ini populer untuk pertama kalinya pada Mitsubishi Galant VR-4, namun menjadi legenda saat menjadi nyawa dari Mitsubishi Lancer Evolution I – IX. Daya dihasilkan 280 dk. Legenda lain 4G63T adalah keberhasilannya membawa Mitsubishi meraih empat gelar juara dunia reli bersama Tommi Makinen antara 1996 – 1999.

>>> Mungkin Anda tertarik, Inilah review terlengkap dan terupdate bergaram mobil merek Toyota yang ditawarkan oleh Mobilmo.com

3. Mazda 13B-REW

Gambar ini menunjukkan mesin  Mazda 13B-REW dan terlihat beberapa komponen warna silver dan hitam

Mesin 13B-REW merupakan bersi Twin Turbo  dari 13B yang disematkan pada gen 3 Mazda RX-7

Pembahasan selanjutnya mengenai mesin JDM legendaris tentu 13B-REW. Merupakan versi twin turbo dari 13B yang dipasangkan pada Generasi ketiga dari Mobil Mazda RX-7 diluncurkan 1991. Setiap rotor memiliki volume 654 cc. Sedangkan pada dua rotor akan mendapatkan total kapasitas menjadi 1308 cc. Total daya dihasilkan sebesar 280 dk.

4. Toyota 4A-GE

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota 4A-GE dengan penutup warna silver dan terdapat tulisan Twin Cam 20

Mesin 4A-GE mempunyai desain yang ringkas dan sangat fleksibel ketika dimodifikasi

Jangan mengaku penggemar Initial D jika tidak pernah mendengar mesin Toyota 4A-GE. Mesin ini diluncurkan pada bulan Mei 1983. Merupakan mesin sangat populer di kalangan tuner, disebabkan desainnya yang ringkas dan fleksibilitasnya dalam dimodifikasi.

Beberapa pengguna 4A-GE adalah Toyota Corolla Levin / Sprinter Trueno AE86, Toyota Sprinter AE82, Toyota Celica T160 dan Toyota MR-2 AW11.

>>> Klik di sini jika ingin mengetahui Berita Mobil Terbaru baik Dunia maupun di Tanah air yang ditawarkan oleh cintamobil.com

5. Nissan SR20DET

Gambar ini menunjukkan mesin Nissan SR20DET yang berada  di atas lantai

SR20DET merupakan mesin yang handal dan  memiliki reputasi baik di kalangan para tuner

Perlu diketahui bahwa SR20DET merupakan salah satu mesin yang handal  dan telah mendapatkan reputasi yang cukup baik dikalangan para tuner. Pada tahun 1989 mesin ini diperkenalkan di Nissan Bluebird. Walaupun begitu, mesin SR20DET biasanya orang mengenalnya disematkan pada Mobil Nissan 180SX/200SXC  alias Nissan Silvia.

Untuk kapasitas yang dimiliki mesin tersebut adalah 1998 cc DOHC dengan mengandalkan 16 katup. Yang lebih menarik lagi adalah, penggunaan mesin ini sangat populer dalam dunia drifting.

6. Honda B16B

Gambar ini menunjukkan mesin Honda B16B dengan tutup warna merah dan silver yang bertuliskan DOHC VTEC dan HONDA

Mesin B16B sagat legendaris yang dipasangkan pada Honda Civic type R EK9

Untuk mesin yang satu ini produksinya memang dilakukan secara khusus dan diperuntukkan untuk JDM Honda Civic Type R EK9. Kapasitas mesin yang dimiliki adalah 1.595cc dengan menggunakan teknologi VTEC yang legendaris dari Honda. Selain itu, mesin tersebut mampu untuk meraung hingga putaran 8900 rpm.

Mesin Honda B16B juga cukup bersahabat dengan Civic keluaran tahun 90-an. Untuk dudukannya terbilang sama, sehingga terdapat tuner yang kadang melakukan engine swap pada Mobil Civic Genio dan juga Civic Estilo untuk menggunakannya dalam ajang drag race.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi seputar tips dan trik lainnya

7. Honda K20A

Gambar ini menunjukkan mesin Honda K20A dengan tutup warna hitam dan silver terdapat tulisan i-VTEC DOHC

Mesin K20A merupakan nyawa dari Mobil Honda dengan Type R seperti Integra Type R

Untuk pembahasan mesin JDM terfavorit selanjutnya adalah The K20 yang menggunakan 4 silinder. Sama seperti B16B, K20A juga menjadi nyawa dari model-model Honda Type R. Mulai dari Honda Civic Type R dan Honda Integra Type R. Tenaga maksimalnya 225 dk.

8. Toyota 3S-GTE

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota 3S-GTE dan terlihat logo toyota di atasnya yang terlihat jelas

Mesin 3S-GTE menggunakan sistem Turbocharger yang terdapat pada Toyota Celica GT-4 dan Toyota MR2

Selanjutnya adalah 3S-GTE yang merupakan mesin 2.0 liter dengan sistem turbocharger. Mesin ini menggunakan 4 silinder yang dipasangkan pada beberapa Mobil andalannya seperti misalnya Toyota Celica GT-4 dan juga Toyota MR2 Turbo. Mesin ini dipakai antara 1986 sampai 1999.

>>> Mungkin tertarik, Toyota Corolla Sport 2018 JDM Tandai Kebangkitan Legenda Toyota Corolla

9. Nissan RB26DETT

Gambar ini menunjukkan mesin Nissan RB26DETT dengan bagian atas berwarna hitam bertuliskan Nissan Twin Cam 24Valve

Mesin RB26DETT banyak dicari untuk keperluan sirkuit, drift dan drag race

Sangat disegani di kalangan dunia otomotif dan begitu populer. Pertama kali dipasangkan pada reinkarnasi GT-R untuk model Nissan Skyline R32. Pada penyematannya menggunakan 6 inline ditambah penggunaan cast iron block yang berpadu sistem twin turbocharger. Selain itu, mesin ini juga telah menggunakan teknologi DOHC dengan 4 katup pada tiap silindernya.

Mesin ini banyak dicari untuk melakukan swap engine dengan tujuan meningkatkan performa untuk keperluan sirkuit, drag race ataupun drift. Mesin terus digunakan pada generasi Nissan Skyline GT-R R33 dan R34 sampai dihentikan produksinya akibat tidak lolos regulasi emisi.

10. Toyota 2JZ-GTE

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota 2JZ-GTE dengan tutup atas warna biru

2JZ-GTE mesin yang cukup populer ketika berada pada firewall Toyota Supra generasi IV A80

Pembahasan mesin JDM paling populer yang terakhir adalah 2JZ-GTE. Mendapatkan popularitasnya saat menempati firewall Toyota Supra generasi IV A80. Sebelumnya, 2JZ-GTE digunakan oleh Toyota Aristo alias Lexus GS.

Mesin memiliki kapasitas 3.000cc, dilengkapi turbo dan mampu menghasilkan daya maksimum 280 dk. 2JZ-GTE juga merupakan favorit tuner untuk bahan engine swap. Banyak dilakukan drifter profesional untuk menggantikan mesin standar Toyota 86.

>>> Mau cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Berita sama topik

International