Safe Mode Transmisi Otomatis, Itu Apa Sih? Ini Penjelasan Teknisnya

25/02/2019| Arfian Alamsyah

Pernahkah Anda mendengar istilah safe mode transmisi otomatis, ketika transmisi otomatis mengalami safe mode, maka akan terjadi sesuatu yang tidak mengenakkan pada mobil Anda. Karena mobil Anda yang pakai transmisi otomatis akan berjalan dari gigi 3 terus, dari mulai start. Safe mode, fail safe, limp home atau apa istilahnya masing-masing pabrikan mobil akan berbeda, yang jelas safe mode ini menandakan ada yang tidak beres pada transmisi otomatis mobil Anda.

>>> Ini adalah jenis-jenis transmisi otomatis yang ada didunia, ternyata satu jenis enggak banyak yang tahu lho

Tampak sebuah Ilustrasi transmisi masuk ke safe mode

Ketika masuk safe mode, transmisi akan menahan di gigi 3 secara terus menerus

Pada saat transmisi otomatis mobil Anda berpindah menjadi safe mode, maka itu adalah indikasi terjadinya kerusakan pada transmisi otomatis mobil Anda. "Gejalanya mobil terus-terusan jalan dari gigi 3, dan tidak berpindah, tujuannya agar dapat dibawa jalan ke bengkel terdekat, biasanya itu akan ditandai dengan gejala masuk gigi yang kasar, karena regulating valve yang dapat mengatur pressure, pada kondisi safe mode jadi full open," jelas Yongki Prioutomo alias Om Turbo di VLOG Bengkel Motomobi.

>>> Ini cara yang benar menggunakan transmisi otomatis di jalan menurun

Perpindahan tuas transmisi otomatis

Kalau sudah masuk safe mode, maka dipindahkan pada posisi apapun, transmisi akan tetap mengunci di gigi 3

Pria berkacamata yang juga pernah jadi sales manager sebuah perusahaan ini juga menambahkan bila ada permasalahan pada transmisi otomatis, ECU akan membaca dan memerintahkan untuk masuk safe mode. Hal ini lantaran gigi 3 adalah posisi gear yang dianggap paling aman oleh transmisi otomatis dan juga mesin. "Ketika sudah masuk safe mode, ya harus jalan ke bengkel. Mau dipaksa pindah ke D3, 2, L atau mode apapun, transmsi otomatis akan mengunci di gigi 3," tutupnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International