Inilah Kelebihan Rancang Bangun DNGA Pada Mobil-Mobil Daihatsu

23/11/2019| Arfian Alamsyah

Gambar menunjukkan Daihatsu Rocky 2019

Mobil-mobil Daihatsu kekinian kini menggunakan konsep rancang bangun DNGA

Mobil-mobil Daihatsu kekinian kini menggunakan konsep rancang bangun DNGA atau Daihatsu New Global Architecture. Konsep rancang bangun DNGA ini merupakan konsep baru dari Toyota Group (termasuk juga Daihatsu) untuk memikirkan desain mobil dari awal pertama kali perancangannya. Mudahnya, mereka menyederhanakan basis mobil, mulai rancang bangun rangka, transmisi dan power train agar serupa dan dapat digunakan bersama dengan produk-produk lainnya. Hal ini sekaligus dapat memangkas biaya pembuatan mobil di masa mendatang.

>>> Mesin turbo yang sedang dites jalan Daihatsu Indonesia konon cocok untuk tanah air, ini sebabnya

Gambar menunjukkan konsep rancang bangun DNGA Daihatsu

Dengan DNGA mobil diklaim masih relevan hingga 10 tahun ke depan

Kalau boleh jujur, kami sangat berharap banyak dari konsep DNGA yang digelontorkan oleh Daihatsu ini. Karena ia akan jadi cikal bakal mobil murah dengan kualitas pengendaraan wahid seperti mobil-mobil Toyota lainnya yang sudah mengusung konsep TNGA. Dengan adanya konsep DNGA ini, maka mobil-mobil sebelum perancangannya sudah dipikirkan lebih jauh, baik dari sisi penggunaan rangka, mesin hingga transmisi. Sebenarnya konsep ini sudah lebih dahulu diterapkan oleh Volkswagen Group melalui produk globalnya seperti Golf maupun Skoda. Tapi, negara Jepang pasti bisa membuatnya lebih affordable dari segi harga.

>>> Anda pemilik Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio produksi 2019, jangan-jangan kena recall ini

Video mengenai DNGA Daihatsu

Dan bukan tidak mungkin kedepan seluruh jajaran mobil-mobil lansiran Daihatsu mengusung konsep rancang bangun DNGA ini. Tak terkecuali mobil terlaris se-Indonesia raya seperti Daihatsu Sigra dan Daihatsu Xenia. Namun sayangnya, saat PT Astra Daihatsu Motor kami tanyakan mengenai kemungkinan Xenia dan Avanza pakai DNGA mereka berkilah, "hehehe... belum lah," tukas Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor. Namun, kami dapat bocoran jika pabrik Daihatsu di Indonesia akan punya kemampuan untuk membuat mobil DNGA hingga segment B dan bukan tidak mungkin jika mobil segment B Toyota akan dirakit oleh Daihatsu.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International