Punya Suara Khas Dan Minim Getaran, Inilah Kelebihan Mesin Boxer

24/11/2019 | Arfian Alamsyah

Gambar menunjukkan mesin boxer EJ20 Subaru

Mesin boxer identik dengan pabrikan mobil Porsche dan Subaru

Mesin Boxer adalah mesin petarung yang sesungguhnya. Mesin yang identik dengan pabrikan Porsche dan Subaru ini punya berbagai kelebihan dibandingkan dengan konvigurasi mesin lainnya. Karena boxer engine ini hanya dengan melakukan sedikit upgrade performa melalui peningkatan efisiensi volumetrik, program ulang ECU, serta penyempurnaan lainnya di sektor turbo. Tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin flat alias boxer ini bisa sangat menggoda pengemudi antusias.

>>> Karena dilanda topan ini, pabrik Subaru di Jepang tutup hingga satu minggu lamanya

Gambar menunjukkan piston mesin Boxer

Posisi piston yang berlawanan akan menghilangkan getaran satu sama lain

Keunggulan mesin dengan konfigurasi flat alias BOXER adalah kehalusannya. Sebab gerakan pistonnya yang saling berlawanan (contra engine) akan menghilangkan getaran satu sama lain. Menjadikan mesin ini punya keseimbangan yang baik. Selain itu, akibat penerapan firing order yang unik, suara yang dihasilkan oleh mesin BOXER juga khas. Pun begitu dengan posisi pistonnya yang datar, menghasilkan mesin yang pusat gravitasi yang rendah. Pusat gravitasi yang rendah ini berdampak positif terhadap handling mobil.

>>> Ini pendapat kami mengenai kembaran Daihatsu Hi-Max lansiran Subaru

Gambar menunjukkan mobil Subaru WRX STI EJ20 Final Edition warna biru sedang bermanuver

Mobil dengan mesin boxer cenderung lihai bermanuver karena balance yang baik

Maka tak heran jika Porsche dan Subaru sangat gemar menggunakan mesin jenis boxer ini. Namun, bukan berarti mesin ini tidak punya kelemahan. Karena, posisi piston yang datar membuat kepala silinder agak sulit diraih dan saat hendak melakukan perawatan berkala, mobil dengan mesin boxer ini lebih repot dibandingkan mesin lainnya. Selain itu, mesin boxer memiliki lebar yang lebih besar dari mesin konvigurasi lainnya, ini membuat ruang mesin menjadi sempit dan ketika ingin menambah aksesoris di engine bay agak sulit dilakukan karena sempitnya ruang mesin.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Video penjelasan mengenai boxer engine Subaru

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik