Review Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019

30/04/2020 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR TOYOTA ALPHARD 2.5 G A/T HYBRID 2019

Foto menunjukkan Toyota Alphard Generasi Pertama

Toyota Alphard generasi pertama

Toyota Alphard menjadi varian tertinggi mobil MVP dari Toyota yang memiliki spesifikasi tinggi dan tentunya tertanam sejumlah teknologi berkelas untuk mobil ini. Sebagai mobil yang memiliki pasar kelas atas dan eksekutif, tentu saja kehadiran Alphard terbaru selalu dinantikan oleh para penggemarnya. Mobil Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 memiliki dimensi yang sama dengan tipe lainnya yakni memiliki panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm, serta tinggi 1.895 mm.

2. EKSTERIOR TOYOTA ALPHARD 2.5 G A/T HYBRID 2019

Dibandingkan versi sebelumnya, Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 hadir dengan tampilan yang jauh lebih gahar dan mewah. Lekukan di beberapa bagian luar memberikan kesan bahwa mobil ini merupakan kendaraan yang handal, cepat, dan memiliki tampilan modern. Untuk pilihan warna tersedia dalam pilihan Silver Metallic, Luxury Crystal White, dan White Pearl.

Eksterior Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Bagian Depan

Foto Toyota Alphard Hybrid dari samping depan

Penampilan Toyota Alphard Hybrid yang gagah dan mewah

Tampilan grille depan dari varian terbaru ini tampak jauh lebih besar dan gagah. Lapisan chrome di ujung kap mesin depan tampak menyambung dengan grill hingga ke bawah. Perubahan ini memberikan kesan yang membuat mobil ini semakin elegan. Di bagian grille anda bisa menemukan kamera kecil yang juga berfungsi sebagai kamera keamanan. Lampu utama bagian depan tampak lebih ramping. Sementara lampu sign yang melintang di bawah unit lampu utama memberikan kesan bergerak ke luar ketika dinyalakan. Seluruh lampu di bagian depan mobil ini sudah terdiri dari unit LED, dan beberapa fitur tambahan yang membuat beberapa fungsi lampu seperti lampu utama dan DRL dapat menyala secara otomatis. Kaca depan yang luas dengan kaca film 3m Crystaline yang memberikan visibilitas yang sangat luas. Wipper depan ini juga otomatis menyala begitu terkena percikan air.

Eksterior Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Bagian Samping

Bagian roda dari samping tampak menawan dengan velg 18 inch dual tone yang dipadu dengan ban Toyo 235/60. Windows line berwarna chrome menambah kesan elegan yang melintang di sepanjang kaca samping bagian depan. Spion depan elektrik dengan aksen chrome dan lampu sign, serta terdapat kamera 360. Spion ini juga dilengkapi fitur blind spot monitor untuk menunjang kemana. Spion ini juga otomatis menutup ketika mobil ditutup pada posisi off. Tidak ada banyak perubahan pada bagian pintu geser dibandingkan edisi sebelumnya. Kaca film gelap dari 3M Autofilm tampak luas dan tampak cemerlang berpadu dengan body yang membuat keseluruhan mobil ini tampak seperti kaca. Sementara window line bagian belakang tampak menyambung hingga ujung belakang.

Eksterior Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Bagian Belakang

Foto Toyota Alphard Hybrid dari samping belakang

Dimensi besar Toyota Alphard Hybrid membuat interior menjadi lapang

Bagian unit utama lampu belakang menjadi salah satu bagian yang menjadi kekhasan mobil ini. Sementara lampu sign mirip seperti bagian depan, yang juga terletak di bagian bawah  unit utama serta memiliki ritme bergerak ke luar  Spoiler belakang yang besar memberikan kesan yang sangat elegan namun tampak sporty. Tulisan Alpard dan logo Toyota tetap menjadi identitas khas lain yang tersemat di bagian belakang. Anda juga bisa menemukan kamera yang berfungsi sebagai rare mirror di baliki kaca belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA ALPHARD 2.5 G A/T HYBRID 2019

Bagian dalam Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 tentu saja menawarkan penampilan kelas atas dengan panel kayu serta soft touch terasa sangat mewah dan nyaman ketika disentuh. Soft touch berbalut kulit berwarna krem kecokelatan senada dengan kursi mobil. Dari dalam, mobil ini memberikan pandangan yang sangat-sangat luas. Secara keseluruhan, bagian dalam mobil ini mirip dengan kesan cockpit pesawat.

Interior Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Kabin

Foto menunjukkan Kabin Toyota Alphard Hybrid

Kabin lapang jamin kenyamanan penumpang

Desain kabin mobil ini mirip dengan desain pesawat dengan berbagai macam panel yang bisa ditemukan hampir di seluruh bagian mobil. Dengan total daya tamping 7 penumpang + 1 pengemudi, 3 baris yang tersedia terasa sangat nyaman dan benar-benar memperhatikan kenyamanan bagi penumpang. Kabin ini juga memiliki head clearance yang tinggi, sehingga meminimalkan benturan kepala langsung ke bagian atap.

Di bagian atas kursi pengemudi terdapat tombol – tombol untuk membuka pintu-pintu di seluruh mobil ini. Di bawah tombol pengaturan ini berdapat box untuk meletakan kacamata. Sementara untuk membuka sun roof dapat dilakukan dari bagian kemudi.  Di seluruh jendela penumpang tersedia gorden kain serta ekstra kaca film yang dapat mengurangi pandangan dari luar.

Interior Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Dashboard dan Setir

Foto menunjukkan Dashboard Toyota Alphard Hybrid

Tatanan dashboard dan setir, penuh teknologi

Desain dashboard Toyota Alphard seri G ini tidak perlu diragukan lagi. Kombinasi hitam doff dan sentuhan panel kayu yang elegan memberi kesan mahal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Setir berbahan kayu dilapisi kulit yang nyaman tentu memberikan kesan yang berbeda pada saat berkendara. Yang menarik, desain setir mobil ini tampak seperti tampilan yang disematkan pada desain grille depan. Tentu sistem kemudi ini dilengkapi Electronic Power Steering, till steering, dan telescopic. Yang menarik adalah adanya sistem penghangat stir.

Sementara di belakang kemudi layar information display yang cukup besar dan jelas. Di bagian tengah dashboard terdapat monitor layar sentuh yang berfungsi sebagai pusat pengaturan hiburan. Tentu saja sistem menyalakan dan mematikan mesin pada mobil ini sudah menggunakan wireless key. Sementara sistem pengaturan suhu AC memiliki pengaturan triple zone yang memungkinkan pengaturan suhu AC yang berbeda untuk setiap baris.

Interior Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Kursi/Jok

Foto menunjukkan Kursi Toyota Alphard Hybrid

Kursi Toyota Alphard Hybrid terbuat dari bahan pilihan berkualitas

Sebagai mobil mewah, tentu saja kursi menjadi bagian yang sangat penting bagi penumpang maupun pengemudi. Kursi berbalut kulit berkualitas tinggi dengan warna krem Seluruh pengaturan kursi juga sudah menggunakan system elektrik yang dapat diatur dari sandaran tangan yang ada di seluruh kursi. Selain itu tersedia pula penyimpanan pengaturan kursi yang tersedia dalam 3 pengaturan. Sementara untuk slider kursi ini dilakukan secara manual. Headrest juga dapat dilipat sebagai sandaran sebelah kanan atau kiri kepala. Leg room yang sangat luas, ditambah sandaran kaki yang dapat diatur secara elektrik benar-benar memanjakan penumpang untuk beristirahat selama perjalanan.

Interior Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Bagasi

Foto Bagasi Toyota Alphard Hybrid

Bagasi Toyota Alphard Hybrid mampu menampung banyak barang bawaan

Untuk mengakses bagasi mobil yang berada di belakang baris ke-3 ini dapat dibuka dengan menekan remote mobil ini. Tanpa melipat kursi baris ke 3, bagasi di bagian bawah kursi terdiri dari 3 sektor yakni untuk compartemen, penyimpanan barang, serta ban cadangan. Untuk menambah daya muat bagasi, anda bisa melipat kursi baris ketiga. Sementara untuk menutup bagasi, anda tinggal menekan tombol yang terdapat di pintu. Sementara untuk item-item yang lebih kecil, di hampir di seluruh bagian dekat kursi penumpang dapat ditemukan penyimpanan tambahan seperti cup holder, tempat kaleng, hingga laci penyimpanan.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA ALPHARD 2.5 G A/T HYBRID 2019

Fitur Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Fitur Keselamatan

Gambaran Fitur Keselamatan Toyota Alphard Hybrid

Gambaran Fitur Keselamatan Toyota Alphard Hybrid

Sebagai mobil berkelas, Toyota Alphard Hybrid dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan

SEbagai mobil kelas atas, sejumlah fitur keselamatan tentu tertanam dalam Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019  ini. sistem pengeraman ABS, EBD, dan BA tentu akan ditemukan di sini. 7 airbags tertanam di seluruh bagian mobil sebagai standart keselamatan. Untuk system keamanan mengemudi tersedia VSA atau Vehicle Syability Assist. Dapat dikatakan segala fitur keselamatan standart masa kini sudah tentu tersedia pada mobil ini.

Fitur Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto menunjukkan Fitur Hiburan Toyota Alphard Hybrid

Tak lengkap jika mobil mewah tanpa fitur hiburan

Kendaraan kelas atas tentu akan sangat mementingkan fitur-fitur yang sangat menunjang kenyamanan bagi penumpang. Fitur music dan hiburan dapat diatur dari head panel di depan serta cruiser control di setir didukung oleh 17 speaker JBL yang dijamin memberikan kualitas audio yang sangat nyaman. Untuk menunjang aksesibilitas, di setiap bagian belakang kursi penumpang tersedia port USB untuk kebutuhan pengisian daya smartphone atau alat elektronik lainnya.

Sementara pengaturan AC di setiap baris dengan teknologi Nano-I yang menghasilkan udara yang lebih bersih. Sementara lampu baca LED yang dapat diatur tingkat pencahayaannya tersedia di atas setiap bagian jendela. SEtiap kursi penumpang juga tersedia fungsi penghangat maupun pendingin yang cocok untuk segala kondisi.

>>> Toyota vs Volkswagen; Toyota Unggul Secara Merek, VW Menang Secara Group

5. OPERASI TOYOTA ALPHARD 2.5 G AT HYBRID 2019

Foto menunjukkan Mesin Toyota Alphard Hybrid

Foto menunjukkan Motor listrik Toyota Alphard Hybrid

Kombinasi mesin dan motor listrik untuk menghasilkan tenaga maksimum

Untuk Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 mempergunakan 2  mesin yakni mesin bertenaga bensin yang mampu menghasilkan tenaga 152 PS, 206 NM dengan torsi. Sementara untuk motor hybrid mampu menghasilkan tenaga 143 PS dan torsi 204 Nm. Penggeraknya menggunakan system CVT. Kombinasi mesin seperti ini tentu saja sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan jalanan Indonesia. Tentu saja mobil ini lebih menonjolkan dari sisi kenyamanan di banding kecepatan. Motor listrik untuk system hybrid terdiri dari 2 bagian yakni di depan dan belakang yang total mampu menggerakkan 4 roda dengan motor ini. Kombinasi ini juga memberikan konsumsi daya yang sangat irit.

>>> Pasar Otomotif Menurun, Ini Strategi Toyota Dongkrak Penjualan

6. SPESIFIKASI TOYOTA ALPHARD 2.5 G AT HYBRID 2019

 DIMENSI
 Panjang  4.945 mm
 Lebar  1.850 mm
 Tinggi  1.895 mm
 Whellbase  3.000 mm
 Ground Clearance  165 mm
Kapasitas tangki BBM 65 liter
 MESIN 
 Tipe Mesin 2AR-FXE 4-Cylinder In line, 16 Valve DOHC Chain Drive with Dual VVT-i
 Tipe Baterai Nickel-Metal Hydride
 Kapasitas Silinder 2.494 cc
Tenaga maksimum mesin 152 Ps @5.700 rpm
Torsi maksimum mesin 205 Nm @4.400-4.800 rpm
Tenaga maksimum motor Depan 143 Ps, Belakang 68 Ps
Torsi maksimum motor Depan 270 Nm, Belakang 140 Nm
SASIS DAN DRIVE TRAIN
Drivetrain Electric 4 WD (e-Four)
Transmisi CVT with Rear Shaft
Sistem kemudi Rack and Pinion, Electric Power Steering
Suspensi depan MacPherson Strut with Torsion Bar
Suspensi belakang Double Wishbone with Torsion Bar
Rem depan Cakram ventilasi
Rem belakang Cakram ventilasi
Ukuran ban 225/60 R17, 17 inchi Alloy Wheel

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ALPHARD 2.5 G AT HYBRID 2019

 KELEBIHAN KEKURANGAN
Irit bahan bakar. Dibekali dengan teknologi hybrid membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat Harga tidak dicantumkan di situs resmi Toyota Indonesia. Calon konsumen harus menghubungi pihak diler resmi untuk mengetahuinya
Rendah emisi. Hemat bahan bakar berarti lebih sedikit gas sisa pembakaran yang terbuang Sistem kelistrikan rumit, hanya bisa dilakukan diler resmi
Minim getaran dan suara mesin Tanpa suara, dianggap membahayakan pengguna jalan lain
Akselerasi dan kecepatan meningkat  
Menggunakan Transmisi CVT perpindahan gigi terasa lembut dan halus  

Sebagai mobil keluarga kelas atas yang mengutamakan kenyamanan, Alphard hybrid terbaru bisa menjadi pilihan yang nyaman serta cocok bagi anda yang tidak banyak mempergunakan mobil ini ke daerah-daerah ekstrem. Bagian dalam mobil ini tentu akan memberi kesan dan rasa nyaman maksimal tanpa perlu diragukan lagi kenyamanannya.

Sayangnya tidak semua system Toyota Safety Sense yang sudah dipakai di mobil dengan kelas di bawahnya Alphard justru tidak dibawa ke dalam mobil ini. Harga yang terlalu tinggi dibanding Alphard non- hybrid mungkin membuat anda akan berpikir ulang. Tenaga yang ditawarkan mobil ini juga tidak menghasilkan respons sebaik vairan non-hybrid bermesin bensin sama.

>>> Mudahkan Urusan Pelanggan, Ini Beragam Fitur di Aplikasi mTOYOTA

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ALPHARD 2.5 G AT HYBRID 2019

Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid merupakan salah satu dari empat model hybrid yang dijual PT Toyota Astra Motor (TAM) selain Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, dan C-HR Hybrid. Sayang, harga Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid tidak ditampilkan di situs resmi TAM dan hanya diberitahukan dengan menghubungi pihak diler resmi.

>>> Anda mau membeli mobil Toyota Alphard? Klik sini untuk mendapat tawaran terbaik

9. VIDEO TOYOTA ALPHARD 2.5 G AT HYBRID 2019

10. KESIMPULAN TOYOTA ALPHARD 2.5 G AT HYBRID 2019

Varian Toyota Alphard 2.5 G A/T Hybrid 2019 tidak banyak menawarkan perbedaan dibandingkan varian non-Hybrid. Satu satunya hal yang terlalu membedakan adalah penggunaan mesin ganda. Serta motor ganda yang mana ini membuat harga mobil ini cukup tinggi. Tidak heran bila respons masyarakat terhadap varian hybrid Toyota yang satu ini cukup rendah. Bahkan penjualan dari Januari hingga September 2019, varian hybrid dari MVP mahal Toyota ini baru terjual 1 unit saja.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 03/10/2019 | Abdul

    Review Toyota Alphard 2015 : Mobil MPV Premium Untuk Keluarga Indonesia

    Ketika mendengarkan MPV (Multi-purpose Vehicle), apa yang bakal terbayang dalam benak Sobat? Ya, mobil berbodi bongsor dengan kapasitas besar. Spesifikasinya yang mumpuni pun membuat MPV jadi salah satu jenis mobil yang difavoritkan masyarakat Indonesia, terutama bagi target yang membutuhkan family car. Toyota Alphard 2015 adalah satu dari sekian MPV dengan reputasi terbaik di Tanah Air. Berikut kami ulas Spesifikasi Toyota Alphard 2015.

  • 29/04/2018 | Mobilmo.com

    Review Mobil Toyota Alphard 2008, Mobil MPV Mewah Toyota Generasi Kedua

    Keberhasilan Toyota Alphard berada di jajaran mobil MPV mewah rupanya membuat Toyota semakin fokus untuk membenahi mobil dengan dimensi yang cukup besar ini. Pada tahun 2008, Toyota merilis Toyota Alphard 2008 dengan bentuk yang sudah mendapatkan sedikit facelift sehingga terlihat lebih dinamis dibandingkan dengan pendahulunya.

  • 22/05/2020 | Abdul

    Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

    Sebuah mobil sedan dengan harga terjangkau dan dapat digunakan di perkotaan ataupun luar kota. Disamping itu, mobil yang akan kita bahas kali ini besutan Toyota yang merupakan sebuah produsen mobil ternama terutama di Indonesia. Berikut ulasan spesifikasi Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013.