Review Mobil Toyota Alphard 2008, Mobil MPV Mewah Toyota Generasi Kedua

29/04/2018 Mobilmo.com Review Toyota

Keberhasilan Toyota Alphard berada di jajaran mobil MPV mewah rupanya membuat Toyota semakin fokus untuk membenahi mobil dengan dimensi yang cukup besar ini. Pada tahun 2008, Toyota merilis Toyota Alphard 2008 dengan bentuk yang sudah mendapatkan sedikit facelift sehingga terlihat lebih dinamis dibandingkan dengan pendahulunya.

Keberhasilan Toyota Alphard berada di jajaran mobil MPV mewah rupanya membuat Toyota semakin fokus untuk membenahi mobil dengan dimensi yang cukup besar ini. Pada tahun 2008, Toyota merilis Toyota Alphard 2008 dengan bentuk yang sudah mendapatkan sedikit facelift sehingga terlihat lebih dinamis dibandingkan dengan pendahulunya. Seperti apa perbahan yang terjadi untku Alphard dengan kode AH20 ini? Berikut ini adalah review mobil Toyota Alphard 2008.

PENGANTAR  TOYOTA ALPHARD 2008

Toyota Alphard 2008, Second Generation

Masih berpegang kepada konsep luxury MPV, Toyota Alphard 2008 berusaha tampil lebih baik dari segi interior dan juga eksterior dibandingkan dengan generasi pertamanya. Perubahan yang diambil salah satunya adalah dengan menggunakan tipe mesin yang berbeda dibandingkan dengan versi sebelumnya. Perubahan lainnya yang bisa kita temukan di mobil ini adalah bentuknya yang lebih dinamis dan sporty dibandingkan dengan generasi pertama. Walaupun begitu, kesan mewah dari mobil ini masih terasa cukup kental dan pastinya tidak akan membuat Anda kecewa bila mencari sbeuah mobil yang nyaman dan mewah.

EKSTERIOR  TOYOTA ALPHARD 2008

  • Desain Lebih Dinamis
Bila di generasi pertamanya Alphard memiliki bentukyang sangat kaku dan kotak, maka di generasiya ini dia ampil lebih segar dan sporty. Bentuknya bagian depannya dibuat lebih dinamis mulai dari moncong mobilnya yang lebih aerodinamis hingga ke bagian belakang mobil yang tampil lebih sporty. Lekukan body di mobil ini sudah cukup terlihat cantik di sepanjang body mobil sehingga mobil ini tidak hanya terlihat besar tetapi juga cukup indah.
  • Desain bagian depan

Grill ukuran besar dengan headlamp yang besar masih menjadi andalan untuk bagian wajah mobil ini. Tetapi bentuknya sekarnag menjadi lebih dinamis dibandingkan dengan pendahulunya yang benar-benar terlihat sangat kotak dan kaku. Bisa dibilang peningkatan ini membuat Alphard terlihat lebih dinamis.
  • Desain bagian samping

Untuk bagian samping, memang tidak terlihat perubahan signifikan dari mobil ini. Desain dari generasi pertamanya masih terlihat cukup kental Sedikit perubahan yang bisa kitatemukan adalah adanya lekukan di bagian bawah body mobil untuk membuat mobil ini terlihat berisi.
  • Desain Bagian belakang

Bila di generasi pertamanya mobil ini banyak menggunakan lampu dengan chorme yang cukup besar, maka untuk versi tahun 2008 rupanya hal tersebut tidak akan kita temukan. Rear lamp dibuat lebih berseni dengan bentuk dan tidak menghabiskan setengah daribagian panel pintu untuk tempelan lampu.

INTERIOR  TOYOTA ALPHARD 2008

  • Ruang kabin mewah dan lega

Mobil ini tetap mengandalkan ruang kabin yang luas dengan bahan interior yang sangat mewah. Hal ini cukup wajar mengingat mobil ini memang ditujukan untuk kalangan berduit yang mencari kenyamanan.
  • Desain bagian dashboard

Untuk bagian dashboard, di generasi keduanya ini masih tidak ada perubahan yang cukup mencolok. Bagin ini tetap terlihat mewah dengan menggunakan warna dual tone dan juga paduan wood panel di bagian konsol tengah.
  • Desain bagian setir

Di bagian setir, paduan kulit dan juga wood panel menghiasi bagian ini. Hampir sama dengan bentuk generasinya yang pertama.
  • Desain kursi

Untuk bagian kursi, Toyota Alphard versi 2008 masih hadir dengan pilihan kursi elektrik yang sangat nyaman dengan ruang kakidan kepala yang lega. Untuk versi tertingginya sudah menggunakan bahan dari kulit, sedangkan versi G dan V menggunakan bahan dari fabric.
  • Ruang bagasi

Ruang bagasi tetap sama dengan versi sebelumnya, tidak ada perubahan yang signifikan di generasi keduanya ini.

FITUR   TOYOTA ALPHARD 2008

Dari sisi fitur sebuah mobil,  Toyota Alphard 2008 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:
  • Fitur keselamatan
Di bagian keselamatan, Toyota Alphard 2008 masih mengandalkan berbagai macam fitur yang sudah ada di versi sebelumnya. Safety airbag untuk penumpang depan dan belakang sudah tersedia dengan 3 point seatbelt yang bisa diatur kenyamanannya. Untuk bagian sistem pengereman menggunakan sistem ABS dan juga EBD. Fitur stability control dan juga traction control juga masih tertanam di mobil ini agar Anda bisa berkendara dengan nyaman.
  • Fitur hiburan
Di bagian hiburan, Toyota Alphard 2008  tidak jauh berbeda dengan sistem hiburan yang ada di generasi sebelumnya. Sistem pemutar lagu dengan menggunakan CD/DVD, Aux, Radio, Ipod dan USB.

OPERASI  TOYOTA ALPHARD 2008

Di bagian mesin, Alphard emmiliki dua varian mesin yang digunakan yaitu mesin 2400 cc 2AZ-FE dan 3500 cc 2GR-FE. Untuk pilihan mesin 2.400 cc 4 silinder ini memiliki tenaga sebesar  170 PS dengan kemampuan torsi maksimal sebesar 235 Nm. Sementara untuk varian 3.500 cc V6 memiliki tenaga sebesar 280 PS dengan  torsi maksimal mencapai 330 Nm. Kedua mesin ini menggunakan sistem transmisi otomatis Super CVT-I untuk model 4 silinder dan Super ECT 6-speed untuk varian V6. Untuk mendukung kenyamanan penumpang, mobil ini menggunakan sistem suspensi Double Wishbonde dan juga McPherson Strut dengan velg berukuran 18 inci.

SPESIFIKASI  TOYOTA ALPHARD 2008

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Toyota Alphard 2008 :
Spesifikasi Toyota Alphard 2008
Dimensi
Panjang 4915 mm
Lebar 1.850 mm
Tinggi 1895 mm
Jarak Pijak Depan/belakang 1575/1570 mm
Tangki bahan bakar 75 L
Mesin
Jenis Mesin 2GR-FE & 2AR-FE
Isi Silinder 3,456 cc & 2,494 cc
Bahan Bakar Pertamax
Kompresi
Diameter Langkah 94.0 x 83.0 mm & 90.0 x 98.0 mm
Konsumsi bahan bakar 9-12 km/L(lurkot) & 5-7 km/L (dallkot)
Transmisi 6 Speed A/T Sequential
Torsi Maksimum 330 Nm / 4,700 rpm & 235 Nm /4,100 rpm
Daya Maksimum 280 PS /6,200 rpm & 170 PS /6,000 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Belakang Double Wishbone with Torsion Bar
Suspensi Depan MacPherson Strut with Torsion Bar
Sistem Rem Belakang Ventilated Disc
Sistem Rem Depan Ventilated Disc
Ukuran ban/Velg 235/50/R18
 

KELEBIHAN & KEKURANGAN  TOYOTA ALPHARD 2008

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini :  
Kelebihan Kekurangan
Desain lebih dinamis dibandingkan seri pertama Tidak banyak perubahan dalam hal interior
Performa mesin sudah mumpuni Biaya perawatan cukup mahal
Teknologi di dalam mobil sudah lebih baik

DAFTAR HARGA  TOYOTA ALPHARD 2008

Berikut ini adalah daftar dari  Toyota Alphard 2008 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya :
Varian Harga
Toyoyta Alphard 2008 Tipe V dan G Rp235.000.000 – Rp385.000.000
*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

KESIMPULAN   TOYOTA ALPHARD 2008

Toyota Alphard generasi kedua ini sudah tampil lebih baik dibandigkan dengan seri pertamanya dalam hal desain eksterior. Kesan boxy yang dimiliki  oleh pendahulunya sudah sedikit berkurang dan menjadi lebih dinamis. Tetapi, bila dilhat dari bagian interiornya sama sekali tidak ada  perubahan berarti baik dari segi fitur maupun kenyamanan. Bila Anda ingin memiliki mobil mewah tetapi dana masih terbatas maka tidak ada salahnya untuk menggunakan mobil ini. Karena dari segi kenyamanan sudah cukup mumpun, tetapi tetap terlihat sedikit lebih keren dibandingkan menggunakan Alphard generasi pertama. Jangan lupa untuk mengunjungi situs cintamobil.com untnk mendapatkan informasi menarik dan juga informasi terbaru seputar mobil Toyota Alphard!

Mungkin anda ingin baca

  • Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer
    Review Mclaren Metodius Getan Plue

    Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

    16/09/2018

    Melihat MPV, SUV atau sedan melintas dijalan raya itu sudah sering, namun apakah Anda pernah melihat hypercar? Ada salah satu model yang cukup menggugah selera para pecinta kecepatan, salah satunya adalah McLaren Senna. McLaren salah satu brand dunia yang identik dengan mobil cepat, banyak keluaran dari McLaren menjadi raja jalanan dan raja sirkuit balap.

  • Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga
    Review Suzuki Handy Goeyana

    Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga

    15/09/2018

    Suzuki Ertiga 2018 resmi memulai debutnya saat ajang IIMS pada bulan April 2018 kemarin. Sebagai varian menengah dari Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga GL jauh lebih lengkap dari varian GA meskipun masih kalah lengkap dengan varian GX. Review Suzuki Ertiga GL 2018 akan kami jabarkan di bawah ini.

  • Review Mitsubishi Xpander Sport M/T 2018: Ancaman Nyata Duet Avanza Xenia
    Review Mitsubishi Metodius Getan Plue

    Review Mitsubishi Xpander Sport M/T 2018: Ancaman Nyata Duet Avanza Xenia

    14/09/2018

    Dari awal 2000an kita dijejali dengan MPV yang itu-itu saja, harus ada perubahan jika ingin merasakan sensasi MPV yang baru. Mungkin masyarakat tanah air akan lebih mengenal Avanza di segmen MPV, tetapi Mitsubishi sudah mempersiapkan senjata untuk menggantikan kekuasaan Avanza dengan Mitsubishi Xpandernya.