Review Toyota Alphard 2015 : Mobil MPV Premium Untuk Keluarga Indonesia

03/10/2019 | Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA ALPHARD 2015

Dalam kelasnya, Toyota Alphard 2015 merupakan generasi kedua dari MPV premium yang dijual di Indonesia. Toyota dirancang sedemikian rupa untuk menunjang kenyamanan penumpang melalui fitur-fitur dan teknologi terbaru.

Kabinnya yang besar menjadi nilai tambah pada Toyota Alphard 2015. Sobat yang sedang mencari MPV mewah dan teruji sepertinya bakal jatuh hati dengan Alphard. Lantas, apa saja spesifikasi yang diberikan Toyota pada MPV tersebut?

2. EKSTERIOR TOYOTA ALPHARD 2015

Bagian luar menjadi faktor yang menentukan penilaian seseorang saat memilih mobil. Toyota pun memastikan agar Alphard 2015 bisa menjerat perhatian Sobat melalui eksteriornya yang memukau selain dari dimensinya yang besar.

Review Toyota Alphard 2015 : Eksterior Depan

Gambar ini menunjukkan bagiandepan mobil Toyota Alphard 2015

​Bagian depan sangat tangguh dengan tampilan mewah

Salah satu fitur yang mencolok dari eksterior depan Toyota Alphard 2015 adalah grill chrome berukuran besar yang menyatu dengan kap mesin sampai bumper depan. Desainnya yang impresif pun akan bikin Sobat semakin penasaran buat mengulik bagian lain dari MPV tersebut.

Kemudian, headlamp pada generasi Alphard ini mempunyai rancangan mewah, seakan-akan ingin memperlihatkan kelasnya pada Sobat. Bukan hanya itu, headlamp pada Alphard 2015 terlihat lebih gagah dibandingkan generasi pendahulu maupun MPV dari para kompetitornya.

Review Toyota Alphard 2015 : Eksterior Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping kiri dan depan Toyota Alphard 2015

Tampak samping terlihat bongsor dan gagah

Bagian samping Toyota Alphard 2015 lebih menegaskan kesan aerodinamis. Sobat bisa menilainya dari moncong depan yang membentang sampai ke belakang. Di balik dimensinya yang besar, MPV ini tetap elegan dan enak dipandang berkat desain tersebut.

Bukan hanya itu, aksen krom yang dikombinasikan dengan lekukan halus pada mobil kendaraan semakin mempertegas kesan premium pada Toyota Alphard 2015. Pemakaian pintu elektrik dinilai menghemat ruang saat Sobat memarkirkan mobil.

Review Toyota Alphard 2015 : Eksterior Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian samping dan belakang Toyota Alphard 2015

Tampak belakang terlihat mengkotak dengan desain mengesankan

Eksterior belakang pada Toyota Alphard 2015 tak kalah mengesankan dibandingkan bagian depan serta samping. Pasalnya, Toyota memasangkan lampu beraksen krom yang melintang hingga membentuk tanduk. Desain tersebut sesungguhnya tak memberikan impresi sebaik bagian depan maupun samping, tetapi cukup membuktikan kalau Toyota memang ingin menciptakan kesan mewah pada Alphard 2015.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR TOYOTA ALPHARD 2015

Jika bagian luarnya saja sudah mengundang decak kagum, bagaimana dengan bagian dalamnya? Toyota Alphard 2015 bukan cuma menyuguhkan kabis luas, melainkan juga fitur-fitur terbaik yang akan mengoptimalkan pengalaman berkendara Sobat. Tak ada lagi ruang kaki dan kepala yang sempit atau harus berhimpitan dengan penumpang lain. Sementara supir akan diberikan fasilitas memadai untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh.

Review Toyota Alphard 2015 : Interior Dasbor Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan interior mobil Toyota Alphard 2015 tampak dashboard dan kemudi

Dashboard mewah dengan kemudi yang nyaman digenggam

Kemewahan langsung tersaji begitu Sobat mengamati dashboard Toyota Alphard 2015. Penggunaan material soft touch beserta panel kayu di beberapa bagian kian mengoptimalkan desain maupun fungsi dasbor MPV satu ini. Lantas ada dua head unit yang tertata baik, sehingga sanggup menghasilkan audio jernih di dalam kabin.

Kemudi atau setir Toyota Alphard 2015 pun tak kalah memukau dari dasbornya. Sobat bakal dibuat nyaman berkat material kulit yang membungkusnya. Selain itu, ada fitur audio steering switch beserta pengaturan telescopic dan tilt steering untuk memudahkan Sobat selama menyetir.

Review Toyota Alphard 2015 : Interior Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua Toyota Alphard 2015

Jok sangat nyaman dengan menggunakan kursi elektrik

Jok atau kursi penumpang bisa dibilang menjadi highlight pada Toyota Alphard 2015. Pasalnya, seperti pada pintu, jok pada MPV tersebut sudah berupa kursi elektrik. Jadi penumpang dapat mengatur sendiri tingkat kenyamanan mereka. Material kulit yang membungkus kursi juga dijamin akan membuat Sobat dan penumpang lainnya nyaman di sepanjang perjalanan.

Review Toyota Alphard 2015 : Interior Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Alphard 2015

​Bagasi bisa lebih luas dengan melipat bangku belakang

Menyoal bagasi, sepertinya Sobat tak perlu lagi mempertanyakan bagian tersebut bila sedang memilih MPV. Toyota Alphard 2015 menyediakan bagasi super luas untuk menampung barang bawaan. Sobat pun masih diberikan opsi memperluas bagasi dengan melipat kursi di baris ketiga.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA ALPHARD 2015

Jangan ragukan fitur yang tersedia dalam Toyota Alphard 2015. Baik fitur keselamatan maupun hiburan yang disediakan Toyota pada MPV andalannya ini dijamin bakal bikin Sobat makin tenang.

Gambar ini menunjukkan jok mobil dan atap Toyota Alphard 2015 yang keren

Dengan harga tinggi tentu fitur yang diberikan sangat mumpuni

Nah, mari kita kupas dulu fitur keselamatannya. Ada sabuk pengaman atau seat belt tiga titik beserta safety airbag yang tertanam dalam Toyota Alphard 2015. Sistem pengereman standar seperti ABS dan EBD pun disiapkan agar Sobat dapat membawa kendaraan dengan aman dan dalam kecepatan yang sudah ditentukan sendiri.

Sementara fitur hiburan yang terdapat di dalam Toyota Alphard 2015 tak kalah canggih. Fitur multimedia yang ada dalam MPV tersebut memungkinkan Sobat buat memutar koleksi lagu, siaran radio, hingga film favorit buat mengusir rasa jenuh di perjalanan. Ada pula fitur konektivitas seperti Bluetooth yang bisa menghubungkan gawai seperti smartphone dengan pemutar musik di mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. OPERASI TOYOTA ALPHARD 2015

Bagaimana Toyota menyuplai tenaga untuk Alphard 2015 yang berspesifikasi canggih dan berbodi besar? Ternyata perusahaan otomotif ini menghadirkan dua pilihan mesin, yakni mesin 2AR-FE 2.500 cc untuk tipe G dan X, sedangkan mesin 2GR-FE 3.500 cc untuk tipe 3.5 Q.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Alphard 2015

Mesin tangguh dan bertenaga untuk mendukung perjalanan pengendara

Mesin yang dibenamkan pada tipe G dan X sanggup menghasilkan tenaga sampai 180 Ps dengan torsi maksimal mencapai 23.9 Nm. Lantas mesin yang disediakan untuk tipe Q bisa menghasilkan tenaga sampai 275 Ps yang torsi maksimalnya dapat menyentuh angka 34.7 Nm. Cukup tangguh untuk ukuran MPV premium, bukan?

Selain itu, suspensi yang dihadirkan untuk Toyota Alphard 2015 datang dari MacPherson Strut yang dipasang pada bagian depan. Lantas di bagian belakangnya ada Double Wishbone. Kedua suspensi ini terpasang pada semua varian dan ditopang menggunakan velg berukuran 18 inci.

>>> Baca Juga, ji Tabrak Toyota Alphard Oleh JNCAP Mendapatkan Bintang 5

6. SPESIFIKASI TOYOTA ALPHARD 2015

Berikut ini merupakan spesifikasi Toyota Alphard 2015:

DIMENSI

Panjang

4.915 mm

Lebar

1.850 mm

Tinggi

1.895 mm

Jarak Terendah

160 mm

Jarak Pijak Depan

1575 mm

Jarak Pijak Belakang

1570 mm

Jarak Poros Roda

3000 mm

MESIN

2.5 G A/T & 2.5 X A/T

3.5 Q A/T

Tipe

2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i

2GR-FE, V Type 6 Cylinders, 24-valve, DOHC, Chain Drive with Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

2,494 cc

3,456 cc

Tenaga Maksimal

180/6,000 (Ps/Rpm)

275/6,200 (Ps/Rpm)

Torsi Maksimal

23.9/4,100 (Kgm/Rpm)

34.7 / 4,700 (Kgm/Rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

EFI

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Ukuran Ban

235/50/R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ALPHARD 2015

Mengenal kelebihan dan kekurangan Toyota Alphard 2015 akan membantu Sobat mengenal fungsi komponen hingga mengantisipasi kemungkinan terburuk.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain yang ditampilkan elegan dan mewah

Bodinya besar sehingga makan tempat saat lewat jalan kecil

Beberapa fasilitas di dalam mobil membuat penumpang lebih betah

Harganya tidak murah karena mobil kelas premium

Teknologi lebih modern

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ALPHARD 2015

Sebagai mobil kelas premium, tentunya dari segi harga akan lebih mahal. Mengingat beberapa kelebihan yang ditawarkan cukup menarik perhatian. Soal kenyamanan tidak perlu diragukan lagi. Berikut daftar harga Toyota Alphard 2015 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya:

TIPE

HARGA

Toyota Alphard 2.5 X

Rp. 904.000.000

Toyota Alphard 2.5 G

Rp. 1,05 Milyar

Toyota Alphard Hybrid 2.5 HV

Rp. 1,42 Milyar

Toyota Alphard 3.5 Q

Rp. 1,72 Milyar

9. VIDEO TOYOTA ALPHARD 2015

10. KESIMPULAN TOYOTA ALPHARD 2015

Toyota Alphard 2015 memiliki kenyamanan dan juga desain yang lebih apabila dibandingkan dengan model sebelumnya. Dengan tampilan yang berkelas dan juga gagah menunjukkan dirinya sebagai kendaraan MPV mewah kelas premium yang dapat diperhitungkan ketika ingin membeli sebuah MPV. Namun apabila dilihat dari keseluruhan, untuk peningkatan dibandingkan seri sebelumnya hanya terdapat di bagian luar dan untuk interior hanya mendapatkan beberapa aksesoris.

Apabila budget belum sampai dan ngebet ingin segera memiliki mobil Toyota Alphard, maka tidak ada salahnya memilih versi sebelumnya. Hanya saja untuk segi kepuasan juga berbeda.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 29/04/2018 | Mobilmo.com

    Review Mobil Toyota Alphard 2008, Mobil MPV Mewah Toyota Generasi Kedua

    Keberhasilan Toyota Alphard berada di jajaran mobil MPV mewah rupanya membuat Toyota semakin fokus untuk membenahi mobil dengan dimensi yang cukup besar ini. Pada tahun 2008, Toyota merilis Toyota Alphard 2008 dengan bentuk yang sudah mendapatkan sedikit facelift sehingga terlihat lebih dinamis dibandingkan dengan pendahulunya.

  • 25/03/2020 | Abdul

    Review Toyota Harrier XU60 2015: Mobil SUV Banyak Fitur Mumpuni

    Salah satu mobil SUV yang mempunyai kualitas mumpuni adalah Toyota Harrier XU60 2015. Hanya dalam kondisi bekas mobil tersebut bisa dijadikan salah satu pilihan. Desain yang dimiliki tampak sporty dengan fitur yang sangat beragam.

  • 14/03/2020 | Abdul

    Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 : Mobil MPV LCGC Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

    Mobil MPV di Indonesia menjadi salah satu segmen yang paling banyak diminati. Hal tersebut disebabkan daya tampungnya cukup banyak dengan juga mempunyai kenyamanan yang mumpuni. Salah satu mobil yang bisa dijadikan pilihan adalah Toyota Calya 1.2 G MT 2017.