Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

25/02/2019 Arfian Alamsyah Review Hyundai

Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?

1. PENGANTAR HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Gambar mobil Hyundai i20 WRC 2014 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Inilah tampilan awal Hyundai i20 yang berlaga di event World Rally Championship

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 - Serjarah itu dimulai pada tahun 2014, dimana Hyundai Motorsport memutuskan untuk turun kejuaraan reli dunia di kelas utama yang paling bergengsi yaitu World Rally Championship (WRC). Tim Hyundai Motorsport saat itu langsung menggandeng sponsor Shell yang merupakan salah satu perusahaan bidang oil company terbesar di dunia. Hyundai Motorsport turun dengan mengandalkan Hyundai i20 yang jadi salah satu produk best seller mereka di dunia.

Gambar mobil Hyundai i20 WRC 2015 berwarna bỉu muda dilihat dari sisi depan

Tahun kedua Hyundai Motorsport mengikuti kejuaraan WRC masih pakai mobil i20 ini

Komposisi pereli-nya sendiri juga saat itu tidak main-main, sebut saja Dani Sordo asal Spanyol serta Thierry Neuville yang sempat menjadi sorotan karena prestasinya yang cemerlang di ajang JWRC (Junior World Rally Championshio) atau yang sekarang lebih dikenal dengan kelas WRC2. Hyundai i20 WRC sendiri merupakan mobil basis jalan raya yang dimodifikasi berat dan sedemikian rupa guna memenuhi spesifikasi minimum kelas WRC. Sayangnya mobil ini kurang bertaji dan kalah pamor dari Ford Fiesta WRC dan VW Polo WRC.

Gambar mobil Hyundai New i20 WRC 2016 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Tahun 2016 Hyundai i20 ganti model, dan model barunya langsung dipakai reli

Model mobil yang sama digunakan selama 2 tahun (2014-2015), nah pada tahun 2016 Hyundai meluncurkan i20 versi terbaru, dan model terbaru ini langsung digunakan basisinya untuk membangun mobil spek WRC. Komposisi pereli sendiri tidak berubah, masih mengandalkan Thierry Neuville dan Daniel Sordo. Dengan menggunakan mobil generasi baru dari i20 ini, perlahan tapi pasti prestasi dari tim Hyundai Motorsport mulai diperhitungkan oleh lawan-lawannya.

Gambar mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2017 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Hyundai i20 Coupe mulai digunakan pada musim kejuaraan tahun 2017

Ubahan drastis dilakukan pada musim kejuaraan WRC tahun 2017, dimana saat itu dipasaran ada Hyundai i20 dengan format coupe. Format coupe ini digunakan sebagai basis mobil homologasi guna membangun Hyundai i20 Coupe WRC 2017. Bentuknya sendiri lebih nyentrik dan eye catching. Bahkan, bisa dibilang Hyundai i20 Coupe WRC 2017 ini merupakan salah satu mobil paling menarik yang berlaga diajang kejuaraan reli dunia saat itu. Cukup banyak ubahan teknis yang dilakukan dari Hyundai i20 WRC 'biasa' ke New Hyundai i20 WRC Coupe.

Gambar mobil Hyundai i20 Coupe 2018 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Tahun 2018 merupakan salah satu tahun kejayaan mobil ini berlaga di kejuaraan WRC

Salah satunya adalah penyempurnaan titik grafitasi pada mobil, pada mobil reli generasi terbaru ini posisi duduk pereli serta co-driver dibuat lebih rendah dari model sebelumnya dengan tujuan menyempurnakan distribusi bobot pada mobil. Lalu posisi duduk driver juga dibuat lebih mundur beberapa sentimeter dari model sebelumnya, bahkan hampir dibelakang pilar B. Sontak, ubahan ini menjadi salah satu pertanda baru mobil reli kekinian. Lihat saja, hampir semua mobil reli kekinian meniru trik teknik ini, mulai dari AP4, R5, hingga WRC2 atau JWRC.
 

Gambar mobil  Hyundai i20 Coupe WRC 2019 berwarna biru muda dilihat dari sisi depan

Hyundai i20 WRC 2019 merupakan salah satu mobil yang difavoritkan jadi juara dunia

Tahun 2017 dan 2018 merupakan titik kulminasi dari mobil Hyundai i20 Coupe WRC, dimana salah satu perelinya Thierry Neuville memenangkan 4 dari 13 seri WRC di tahun 2017, dan 3 dari 13 seri WRC di tahun 2018. Dan prestasi tersebut membawa pereli asal Belgia ini menjadi runner-up di dua tahun kejuaraan tersebut. Maka tak heran, selain Toyota dengan perelinya Ott Tanak. Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini juga merupakan salah satu mobil yang difavoritkan jadi juara dunia. Mampukah? Mending kita ulas dulu mobilnya secara lengkap dan mendalam.

2. EKSTERIOR HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Selayaknya mobil reli, tampilan depan Hyundai i20 WRC 2019 ini begitu agresif

Tampilan depan mobil ini selayaknya mobil reli pada umumnya, begitu rendah, agresif dan juga ringkas. Setiap lekuk dari bumper dan juga fender sudah diperhitungkan dan didesain sedemikian rupa agar mencapai nilai  koefisiensi aerodinamik yang baik. Jaring-jaring pada air dam dibuat rapat agar radiator ekstra besar yang terdapat didepan terhindar dari lontaran kerikil.

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Tampilan samping mobil Hyundai i20 Coupe WRC ini begitu mempesona

Tak bisa dipungkiri, mobil reli Hyundai i20 Coupe WRC 2019 adalah salah satu mobil yang paling menarik tampilannya untuk dilihat. Itu semua karena padu padan decal yang menarik, serta bentuk mobil ini yang proporsional. Spion mobil ini dirancang kecil dan aerodinamis, karena saat reli memang pereli jarang melihat spion mobil. Peleknya juga menarik dengan baut 5 dan dicat berbeda antara bagian depan dan belakangnya.

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Tampilan Belakang 

Gambar menunjukkan tampilan belakang Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Sayap besar sangat mendominasi tampilan belakang dari mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini

Mobil zaman now, seakan mengingatkan kembali memori manis mobil-mobil reli yang pernah berlaga di grup B. Karena didominasi oleh body kit gondrong dan ukurannya cenderung extraordinary. Dan Hyundai i20 Coupe WRC 2019 bukanlah suatu pengecualian. Sayap belakang ekstra besar dipasang oleh tim mekanik Hyundai Motorsport bukan hanya gaya-gayaan semata, namun berfungsi untuk menambah downforce pada mobil.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Roll Cage

Gambar menunjukkan Rollcage Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Roll cage yang dipasang harus sudah bersertifikasi dan standar FIA

Urusan keselamatan, regulasi teknik WRC enggak main-main, karena setiap peranti keselamatan yang akan dipasang di mobil reli wajib berhomologasi dan standar FIA (Federation International de Automobile). Untuk itu, Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini menggunakan roll cage reinforced steel dengan campuran bahan chromoly. Sehingga meskipun mobil ini mengalami insiden hebat, seluruh isi kabin terutama driver dan co-driver tetap aman.

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Sama seperti bagian peranti keselamatan lain, kursi juga harus berhomologasi FIA

Tidak hanya roll cage saja yang sudah harus berstandar dan berhomologasi FIA, kursi dan seatbelt mobil reli Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini juga demikian. Untuk kursi dan seatbeltnya, Hyundai Motorsport memilih supplier balap Sabelt yang sudah sangat berpengalaman. Hal ini agak berbeda dengan pabrikan maupun tim reli lainnya yang memilih kursi keluaran Recaro asal Jerman, atau Sparco yang aseli Italia. But, it's about the choice,

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Posisi Mengemudi 

Gambar menunjukkan Posisi mengemudi Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Posisi mengemudi di mobil reli kekinian jauh berbeda dengan mobil kategori lawas seperti grup N

Salah satu hal istimewa pada mobil reli kekinian adalah posisi duduknya. Kini, posisi duduk pereli dan co-driver sama-sama diatur lebih rendah dan mundur kebelakang. Sehingga, titik pusat grafitasi sebuah mobil reli dapat diatur sangat low, jadi memudahkan mekanik untuk mengatur distribusi bobot sebuah mobil reli. Bahkan posisi duduk pereli dan co-driver nyaris dibelakang atau sejajar pilar B saking mundurnya.

>>> Baca juga:

4. FITUR HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Engine Control Unit

Gambar menunjukkan fitur ECU i20 Coupe WRC 2019

ECU Magneti Marelli dipilih sebagai vendor di mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini

Urusan kelistrikan dan manajemen mesin sangatlah krusial di mobil balap manapun, tak terkecuali mobil reli. Tidak semua pabrikan memiliki in house tuner atau in house vendor group yang dapat merancang dan membuat ECU yang menjadi 'otak' mobil balap. Untuk itu Hyundai Motorsport menunjuk Magneti Marellli untuk membuat ECU mobil reli mereka. ECU Magneti Marelli dengan tipe SRG-340 ini memiliki lebih dari 1GB memori untuk data  logger dan juga khusus di develop untuk mobil dengan sistem direct injection.

Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019 : Suspensi Dan Rem

Gambar menunjukkan fitur Suspensi dan rem Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Suspensi serta rem mobil reli Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini juga tidak kalah spesial

Salah satu kunci suksesnnya pereli dan navigator dalam sebuah reli selain skill juga mobil reli berkaki-kaki mumpuni. Hyundai i20 Coupe WRC 2019 menggunakan suspensi rancangan dari vendor yang sudah sangat berpengalaman membangun suspensi mobil reli. Harga satu buah suspensi racikan Reiger Suspension ini bisa membeli 5 mobil Hyundai i20 standar dalam keadaan fresh from the oven. Begitu juga rem yang digunakan adalah keluaran Brembo, yang spesifikasi lengkapnya dapat Anda lihat di boks spesifikasi.

>>> Ratusan SPK Didapat, Penjualan Hyundai di GIIAS 2018 Melebihi Target

5. OPERASI HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Gambar menunjukkan mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019 In Action

Thierry Neuville sedang in action bersama mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019-nya

Mesin yang digunakan oleh mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019 iini merupakan racikan khusus oleh divisi tekknik Hyundai Motorsport. Mesin dengan sistem injeksi langsung ini mengandalkan masing-masing dua katup in dan ex pada setiap silindernya. Istimewanya, mesin yang diusung oleh mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini berkarakter overbore, dimana mesin dengan karakter seperti ini akan memiliki daya tahan lebih baik saat digeber pada putaran tinggi dalam waktu lama. Untuk spesifikasi lengkapnya dapat Anda lihat pada tabel dibawah ini.

6. SPESIFIKASI HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai i20 Coupe WRC 2019.

Mesin Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Seri mesin

Hyundai Motorsport Turbocharger, GDI, DOHC

Restriktor Udara

36 mm

Tenaga Maksimum

380 Hp @ 6.500 rpm

Torsi Maksimum

450 Nm @ 5.500 rpm

Kapasitas Silinder

1.597 cc

Bore X Stroke

83 mm X 73,8 mm

Tipe Transmisi

Skuensial Girboks by Hyundai Motorsport & Ricardo

Rangka Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.100 mm X 1.875 mm X N/A

Jarak Sumbu Roda

2.570 mm

Jarak Sumbu Antar Roda Kanan-Kiri

1.665 mm

Berat Kotor & Berat Dengan Driver

1.190 Kilogram & 1.350 Kilogram

Kapasitas Tangki

80 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Suspensi Depan & Belakang

Reiger MacPherson Strut with Adjustable Damper

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Brembo 370 mm (Aspal) & 300 mm (Gravel) Berpendingin Udara, dengan kaliper 4 piston

Struktur Sasis

FIA-conformant reinforced steel with welded multi-point roll cage and composite fibre bodywork components

Struktur Bodi

Steel and composite fiber panels

Handbrake

Menggunakan mekanisme hidrolik

Pelek

N by Hyundai Motorsport dengan ukuran, lebar 8x18 inch untuk trek aspal, dan lebar 7x15 inch untuk gravel

Jenis Ban

Total Aspal : Michelin Pilot Sport

Campuran Aspal dengan Salju & Es : Michelin A41

Campuran Gravel dengan Salju & Es : Michelin X-ice North

Total Gravel : Michelin Latitude Cross

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Mobilmo.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Hyundai i20 Coupe WRC 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin paling beringas dengan karakter overbore

Kalah kompetensi pereli sehingga sulit juara dunia

Salah satu mobil reli paling eye catching di 2019

Biaya riset dan pengembangan tinggi

Didukung penuh pabrikan Hyundai

Tidak dijual bebas

8. DAFTAR HARGA HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019 bukanlah mobil sembarangan yang dijual bebas di pasaran. Karena mobil spesial ini memang didesain khusus untuk beradu diajang reli paling bergengsi di dunia yaitu World Rally Championship. Lalu berapa kira-kira biaya riset dan pengembangan untuk mobil ini? Seperti yang kami kutip di artikel sebelumnya, biaya untuk pengembangan dan pembuatan mobil reli adalah sekitar USS 1 Juta atau jika dirupiahkan sekitar Rp 14,6 Milliar.

9. VIDEO HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

10. KESIMPULAN HYUNDAI I20 COUPE WRC 2019

Gambar menunjukkan banyak orang yang sedang berbuka selubung Hyundai i20 Coupe WRC 2019

Dengan segala keunggulan teknis mobil, hanya tinggal menunggu waktu saja Hyundai menang di ajang WRC

So, is this car for you? Mobil ini tidak dijual bebas, namun jika Anda berprestasi dan punya banyak uang mungkin Hyundai Motorsport mau membuatkan mobil dengan spesifikasi R5 mobil ini.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018
    Review Daihatsu Fatchur Sag

    Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

    05/05/2019

    Salah satu mobil SUV yang populer dan diminati oleh para pecinta mobil di Indonesia adalah Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018. Lalu apa yang Anda pikirkan ketika melihat mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 di jalanan? Anda pasti berpikir mobil ini memiliki kesan lebar, gagah, dan luas serta mendominasi benak Anda. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 berikut ini.

  • Review New Honda BR-V 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review New Honda BR-V 2019

    04/05/2019

    Seakan tak ingin ketinggalan dengan rival-rivalnya yang semakin dewasa dan modern, PT Honda Prospect Motor meluncurkan New Honda BR-V 2019 di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019.

  • Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    28/04/2019

    Mobil terbagi dalam beberapa kelas yang memiliki kelebihan sendiri-sendiri, salah satunya adalah kelas GT4. Untuk meramaikan persaingan kelas tersebut, dari pihak TGR (Toyota Gazoo Racing) ikut menghadirkan mobil dalam varian balap yang merupakan generasi Supra teranyarnya yaitu Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Lantas bagaimana spesifikasi dan juga tampilan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya.