Review Toyota Yaris WRC 2018

26/10/2018 Arfian Alamsyah Review Toyota

Bisa dibilang Toyota adalah kuda hitam yang dapat menumbangkan dominasi Volkswagen (VW) dan juga Hyundai di ajang World Rally Championship 2018. Hal ini merupakan benang merah bagi kami untuk mengulas kesaktian Toyota Yaris WRC 2018. Di tangan Ott Tanak & Martin Jarveoja mobil ini telah menyumbangkan 4 kemenangan bagi Toyota di ajang reli paling bergengsi di dunia ini.

1.  PENGANTAR TOYOTA YARIS WRC 2018

Tampak pereli Timo R menggeber Toyota Celica GT4 WRC

Toyota GT Four merupakan awal tonggak kesuksesan Toyota di reli dunia

Review Toyota Yaris WRC 2018 - Mari kita mulai dari musim kompetisi 2017, setelah absen selama 18 tahun sejak mundur dari arena WRC di tahun 1999, Toyota kembali bertarung dan merasakan panasnya lumpur reli dunia. Dan jika sebelumnya mengandalkan Toyota Celica GT-Four (1989 – 1996) dengan pereli andalan Carloz Sainz dan Juha Kannkunen serta Toyota Corolla WRC (1997 – 1999) yang dipiloti Didier Auriol, maka kali ini model digunakan berbasis Toyota Yaris 2017.

Tampak depan mobil reli Toyota Corolla WRC sedang berjalan di jalan penggununggan Indonesia

Toyota Corolla WRC merupakan suksesor lahirnya Toyota Yaris WRC

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia tentunya jangan kaget melihat wujudnya yang berbeda dengan Yaris yang umum kita kenal. Karena sejatinya Toyota memiliki beberapa model berbeda dijual dengan nama Toyota Yaris di seluruh dunia. Dimana, Toyota Yaris WRC 2018 menggunakan versi Eropa (Toyota Vitz di Jepang) berkode bodi XP130 sebagai basisnya. Sementara, model dijual di Asia Tenggara berkode XP150 dan memiliki dimensi lebih besar.

Sisi depan mobil Toyota Yaris WRC 2018 yang sedang menyala lampu depan

Hingga hari ini, Toyota Yaris WRC sudah menyumbangkan total 4 kemenangan di event reli paling bergengsi itu

Kehadiran Toyota Yaris WRC 2018 tepat berbarengan dengan pemberlakuan regulasi WRC baru yang mengizinkan aplikasi bodi kit yang lebih ekstrem guna membantu aerodinamika dan juga meningkatkan downforce mobil. Hal ini menghasilkan tampilan mobil yang keren dan agresif layaknya era balap reli kelas monster yakni Group B (1982 – 1986). Hingga saat ini, Toyota Yaris WRC telah berhasil mempersembahkan empat kemenangan sepanjang musim 2017 – 2018.

Tampak pereli andalan Toyota Ott Tanak dan co-drivernya Martin Jarveoja

Ott Tanak (kiri) ditemani sang co-driver Martin Jarveoja (kanan) telah menyumbangkan 4 kemenangan di WRC

Nah, Apa saja kesaktian Toyota Yaris WRC 2018? Mari simak review Mobilmo.com berikut ini.

2. EKSTERIOR TOYOTA YARIS WRC 2018

Tentunya pertama kali kita mulai dari bagian luar mobil atawa eksterior Toyota Yaris WRC 2018 terlihat lebih agresif dan menantang jika dibandingkan dengan versi jalan rayanya. Kehadiran sayap raksasa bahkan membuatnya diejek sebagai “sayap yang diberi mobil di bawahnya”.

Gambar 4 mobil Toyota Yaris WRC yang berlaga di musim 2018 dilihat dari sisi depan

Mana mobil WRC 2018 yang memiliki tampilan paling keren menurut Anda?

Bisa dibilang bahwa Toyota Yaris WRC memiliki penampilan terkeren dibandingkan rival-rivalnya seperti Ford Fiesta WRC, VW Polo WRC, Hyundai i20 WRC dan Citroen DS3 WRC.Menghadapi musim kompetisi 2018, Toyota Gazoo Racing memberlakukan sejumlah pembaruan dari sisi aerodinamika.

Review Toyota Yaris WRC 2018 : Tampilan Depan

Tampak depan mobil Toyota Yaris WRC 2018 dengan berbagai sticker di seluruh bagian mobil

Kala aerodinamika adalah segalanya, maka tak heran tampilan mobil ini layaknya mobil dari planet lain

Sebagai bagian dari ubahan 2018 adalah kehadiran bumper dan fender baru. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan mobil dari sisi aerodinamika serta penambahan downforce pada area depan dan belakang. Juga, terlihat sirip-sirip vertikal, serta kisi-kisi pada bumper yang membuatnya terlihat garang dan siap tempur seakan siap melumat lawan-lawannya.

Review Toyota Yaris WRC 2018 : Tampilan Samping

Gambar mobil Toyota Yaris WRC 2018 dilihat dari sisi samping

Memperhatikan mobil ini rasanya seperti kembali ke era keganasan mobil reli grup B yang beringas

Kalau kami dari Mobilmo.com boleh jujur, kehadiran sayap raksasa pada bodi imut Toyota Yaris yang basisnya berkode bodi  XP130 ini seperti kurang proporsional dan seolah membuatnya berat di belakang. Tetapi, justru kehadiran sayap ini lah daya tarik mobil WRC sejak 2017 jika dibandingkan era sebelumnya.

Review Toyota Yaris WRC 2018 : Tampilan Belakang

Gambar mobil Toyota Yaris WRC 2018 berwarna-warni dilihat dari sisi belakang

Difuser belakang serta sayap ekstra besar benar-benar mengingatkan era mobil reli ganas grup B

Jika dari depan dan samping terlihat keren, kehadiran peranti aerdinamika. dalam jumlah yang masif termasuk diffuser membuat penampilam belakangnya agak kurang enak dilihat mata. Bodi mobil seperti “tenggelam” diantara tumpukan aero kit yang banyak. Tapi, inilah yang terjadi ketika “fungsi berada di atas segalanya”.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA YARIS WRC 2018

Sebagaimana mobil reli, bagian interior dari Toyota Yaris WRC 2018 jelas lebih mengutamakan unsur ergonomika dan fungsional ketimbang kenyamanan. Seperti terdapatnya peranti standar keselamatan khas mobil balap seperti roll-bar, race chrono, GPS hingga peranti pemadam api.

Review Toyota Yaris WRC 2018: Dashboard Dan Setir

Gambar bagian setir mobil Toyota Yaris WRC 2018

Setir berlapis suade agar tidak licin ketika digenggam, dan menyerap air keringat

Jangan bandingkan setir mobil WRC dengan Formula 1, atau pun prototype racing macam Le Mans yang canggih dan dilengkapi dengan LCD serta bermacam-macam tombol. Toyota Yaris WRC 2018 dan mobil-mobil WRC lainnya masih mengadopsi lingkar kemudi bundar dengan desain palang tiga. Namun setir ini menggunakan bahan semacam kain, gunanya agar terkena lumpur tetap tidak licin digenggam oleh tangan. 

Gambar On Board Cam Toyota Yaris WRC 2018

Race chrono berupa LCD didepan driver menunjukkan info penting yang dibutuhkan saat reli

Kalau dilihat lagi, tepat didepan pengemudi ada semacam LCD. Alat tersebut dinamakan race chrono, alat tersebut mampu memberikan informasi mengenai mobil, dari mulai posisi gigi, putaran mesin, kecepatan, temprature, hingga informasi lainnya yang harus diketahui oleh pereli. Pun begitu jumlah tombolnya pun relatif sedikit. Sejumlah elemen dashboard Yaris jalan raya pun sedikit yang masih terlihat.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA YARIS WRC 2018

Sehubungan fakta bahwa Toyota Yaris WRC 2018 adalah mobil balap yang mengambil basis model mobil jalan raya. Model ini tidak akan dijual bebas di pasar mobil, paling ada versi downgrade-nya yang juga hanya dijual untuk reli bernama Toyota Yaris AP4 di Australia. Maka bisa dibilang seluruh fitur-fitur kenyamanan dan keselamatannya dipangkas. Hanya menyisakan fitur penunjang berkendara serta pelindung roll-bar bagi pereli dan navigatornya.

5. OPERASI TOYOTA YARIS WRC 2018

Tampak Toyota Yaris WRC 2018 dibongkar untuk reparasi sebelum turun SS

Mekanik sedang mempersiapkan mobil ini sebelum turun di special stage

Toyota Yaris WRC 2018 hadir dengan menggendong mesin baru berkapasitas 1.600 cc turbocharger dengan konfigurasi 4 silinder bersistem injeksi langsung yang mampu menelurkan daya maksimum diatas 380 Ps atau over 374,9 Hp. Mesin yang pastinya kencang ini berjodoh dengan transmisi 6 percepatan sekuensial guna mengalirkan torsi ke keempat roda via sistem 4WD canggih. Membuat mobil ini mampu melahap segala medan reli. Apalagi dengan pemilihan ban yang tepat, serta setup suspensi baik salju, aspal, tanah hingga gravel.

Gambar mobil  Toyota Yaris WRC 2018 in action

Dengan setup yang tepat, Toyota Yaris WRC 2018 dapat dengan mudah melibas permukaan jalan apapun

>>> Tertarik dengan mobil Toyota dan ingin cari tahu informasi lebih lengkap. Klik sini untuk simak review mobil Toyota yang menarik lainnya

6. SPESIFIKASI TOYOTA YARIS WRC 2018

Berikut spesifikasi Toyota Yaris WRC 2018 selengkapnya.

Mesin

1.600 cc 4-silinder turbo, direct injection

Tenaga

Diatas 374,9 HP

Torsi

Diatas 425 NM

Transmisi

6-speed hydraulic shift (dog drive)

Sistem Penggerak

Intelligent 4 wheel drive system

Kopling

Double plate

Suspensi

Macphearson

Kemudi

Hydraulic rack and pinion

Rem

300 mm gravel / 370 mm aspal

Dimensi (PxL)

4.085 x 1.875 mm

Wheelbase

2.511 mm

Bobot

1.190 kg

Kecepatan Puncak

201 km/jam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA YARIS WRC 2018

Berikut kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris WRC 2018 menurut Mobilmo.com

Kelebihan

Kekurangan

Desain paling keren di antara rival-rivalnya

Sayap belakang terlalu besar

Didukung sumber daya raksasa karena sebagai pabrikan terbesar dunia

Sebagai proporsi mobil reli, mobil tampak kurang lebar

8. DAFTAR HARGA TOYOTA YARIS WRC 2018

Gambar mobil Toyota Yaris WRC 2018 dilihat dari sisi depan

Total biaya pengembangan mobil ini dapat mencapai Rp 14,5 miliar

Untuk harga Toyota Yaris WRC 2018, fakta bahwa Toyota Yaris WRC 2018 dibuat sangat terbatas hanya untuk kebutuhan tim pabrikan membuat Toyota Gazoo Racing tidak merilis harga jualnya. Akan tetapi, diketahui bahwa rata-rata harga mobil WRC berada di kisaran 1 juta dollar (Rp 14,5 miliar) per unitnya. 

Di Indonesia, Toyota All New Yaris dijual dalam rentang harga Rp 235,4 hingga 275,9 juta on-the-road.

9. VIDEO TOYOTA YARIS WRC 2018

10. KESIMPULAN TOYOTA YARIS WRC 2018

Gambar mobil Toyota Yaris WRC 2018 sedang gaspol

Anda suka reli dan berkocek tebal? Jangan harap bisa meminang Toyota Yaris WRC 2018 ini

So, this is car for you? Well, jika Anda pereli sekalipun mobil ini tidak bisa Anda miliki karena belum dijual oleh Toyota meski dengan pemesanan khusus. Namun jangan berkecil hati, Anda masih bisa memperoleh Toyota Yaris AP4 dengan memesan langsung ke Australia. Toyota Yaris WRC 2018 ini seolah membenarkan filosofi balap “win on Sunday, sell on Monday”, keberhasilan di arena reli merupakan dorongan citra bagi Toyota Yaris di seluruh dunia, termasuk di Indonesia walau berbeda model. 

Gambar selebrasi kemenangan Ott Tanak di salah satu seri reli dunia 2018

Dengan skil mumpuni, Toyota Yaris WRC 2018 ini dapat membawa seseorang ke puncak kemenangan

>>> Jangan lupa klik sini utnuk simak review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda Amaze 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    10/07/2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    08/07/2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    04/07/2019

    Kabar baik yang datang dari pihak Mitsubishi, yang mana mobil terbarunya New Triton 2019 baru saja dihadirkan di Indonesia pada tanggal 2 Juli 2019. Tentunya hal ini membuat para konsumen dan masyarakat yang menantikannya merasa bahagia dan ingin segera melihatnya secara langsung. Untuk mengurangi sedikit rasa penasaran sobat semua, kali ini kami berikan informasi tentang Review Mitsubishi New Triton 2019.