Waspada, Masalah Pada Power Steering Bisa Saja Datang Pada Mobil Sobat

15/02/2019 Abdul Perawatan mobil

Mobil keluaran terbaru kebanyakan telah mengandalkan power steering pada sistem kemudi. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pengendara lebih mudah dalam mengoperasikan setir. Namun bukan berarti fitur tersebut akan selamanya dalam kondisi baik. Terdapat masalah pada power steering yang bisa terjadi pada mobil sobat.

Apabila mengalami masalah pada power steering perlu segera dilakukan perbaikan. Tujuannya agar dapat digunakan kembali dan mobil bisa dipakai kembali untuk menjalankan segala aktivitas dengan lebih baik. Mengingat mobil yang nyaman juga dipengaruhi oleh beragam fitur yang diberikan dalam kondisi yang baik.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memutar kemudi mobil

Kebanyakan mobil jaman sekarang telah menggunakan power steering

Apabila berbicara masalah power steering, Agus Subekti yang merupakan mekanik independen yang terbilang ahli dalam melakukan perbaikan power steering ikut memberikan penjelasan. Jadi power steering memiliki tekanan fluida yang memakai minyak pelumas atau oli khusus pada non elektronik. Jadi bagian ini benar-benar perlu diperhatikan.

"Oleh karena itu, minyak pelumas di sistem power steering memiliki peran penting atau kunci dalam sistem kerja power steering. Persoalan utama yang sering terjadi pun juga seputar oli ini," Ujar Agus ketika dihubungi oleh salah satu media ternama di Tanah Air.

>>> Lihat Juga, Beginilah Merawat Power Steering Sesuai Jenisnya

Selain itu, masalah pada power steering yang bisa dialami oleh kendaraan terdapat 3 macam yang berupa as bermasalah atau tergores karena berasal dari karat, selang tegangan tinggi yang bocor dan juga bagian sil pompa yang mengalami robek.

Adapun untuk masalah sil pompa yang robek bisa disebabkan karena usia pakainya telah mencapai batas. Hal tersebut sangat wajar, mengingat bahan material yang digunakan adalah karet elastis. Apalagi posisinya yang terbilang cukup rawan.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem power steering pada mobil

Fitur power steering pada mobil membuat kemudi dapat dioperasikan dengan mudah

"Sehingga jika terkena kotoran dan air dalam waktu lama, terlebih posisinya yang dekat dengan mesin bersuhu panas, sil gampang robek dan bocor," tambah Agus.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

Jadi ketika sil bocor maka pompa tidak dapat bekerja dengan baik yang berakibat tekanan fluida tidak bisa bekerja dengan maksimal dalam menggerakkan sistem pada power steering kendaraan.

Sedangkan apabila masalah pada power steering terdapat pada as yang berkarat atau terluka, maka biasanya diakibatkan adanya kotoran yang masuk ke dalam pompa seperti debu dan kotoran kecil lainnya. Begitupun pada bagian as ini yang sering terkena air, resiko yang didapat bisa saja menjadi besar. Hal tersebut dikarenakan kotoran yang terdapat pada air ikut masuk sehingga bisa berakibat munculnya karat pada bagian as.

Masalah yang terakhir adalah selang saluran oli yang mengalami kebocoran. Perlu diketahui, bahwa bagian ini mempunyai tegangan yang terbilang tinggi. Jadi seiring pemakaian bisa juga mengalami aus. Hal tersebut dikarenakan bagian ini juga mempunyai masa pakai sendiri.

"Di luar masa pakai atau usia, yang memang harus diganti. Masalah-masalah itu juga bisa muncul karena kurangnya perawatan," ucap Agus.

Agar power steering tetap dalam kondisi yang baik maka perlu dijaga dan diperhatikan. Untuk masalah ini  pihak Agus memberikan saran kepada para pemilik mobil untuk tidak melupakan soal perawatan rutin. Selain hal tersebut, pemeriksaan juga diperlukan agar saat mengalami masalah yang masih kecil dapat diperbaiki dengan biaya yang lebih sedikit. Dibandingkan dengan masalah yang sudah berubah besar maka biayanya juga tambah banyak.

>>> Baca Juga, Tips Menghindari Kerusakan Power Steering Mobil Supaya Awet

Gambar ini menunjukkan pengisian oli power steering pada mobil

Mengisi oli power steering merupakan salah satu hal yang dilakukan dalam merawat power steering

Kalau membicarakan masalah perawatan power steering, sebenarnya cukup mudah. Hal tersebut karena pemilik hanya perlu memperhatikan kondisi dari oli power steering saja. Jadi pastikan bahwa oli tidak kehabisan dan tidak ada yang bocor. Pada saat pengisian juga perlu diperhatikan, ikuti batas yang telah direkomendasikan dan jangan terlalu berlebihan.

Itulah sedikit informasi mengenai masalah pada power steering yang dapat terjadi pada mobil sobat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca