Review Ferrari Portofino 2018: Penerus yang Lebih Cepat dan Lebih Stylish

24/09/2018| Padli Nurdin

1. PENGANTAR FERRARI PORTOFINO 2018

Review Ferrari Portofino 2018Ferrari Portofino 2018 dikembangkan sebagai penerus warisan Ferrari California. Diresmikan pada tahun 2008, Ferrari California adalah satu-satunya grand tourer konvertibel perusahaan Kuda Jingkrak. California didukung oleh V8 dan menerima unit twin-turbo pada tahun 2014 saat dirancang ulang dan mendapatkan nama California T.

Gambar yang menunjukan mobil baru California T 2017

Grand tourer Ferrari California T 2017 

Dimodifikasi kembali, Ferrari akhirnya memberikan nama baru bagi California, yaitu Portofino dan perubahan yang lebih kuat dari sebelumnya. Sementara California yang menjadi monster perusahaan di akhir 1950-an mendapatkan namanya dari Amerika, Portofino adalah sebuah desa pemancing di sebelah tenggara Genoa. Ferrari menjelaskan nama ini dipilih karena desa ini adalah desa yang “identik dengan keanggunan, sportivitas dan kemewahan.”

Gambar yang menunjukan bagian luar dari Ferrari Portofino 2018

Desain baru nan lebih stylish dan tegas dari Ferrari Portofino 2018 

Berjuang sebagai penerus California, mari kita simak review Ferrari Portofino 2018 dari tim Mobilmo berikut ini.

2. EKSTERIOR FERRARI PORTOFINO 2018

Gambar yang menunjukan bagian eksterior dari Ferrari Portofino 2018

Bagian luar dengan mudah dikenali sebagai lini produk Ferrari

Ferrari ingin membuat Portofino sebagai kendaraan dengan dinamika berkendara yang khas dan memiliki kecepatan, tapi nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sama seperti 812 Superfast dan GTC4Lusso, eksterior Ferrari Portofino 2018 memperoleh banyak garis agresif dan fitur baru yang meningkatkan aerodinamika kendaraan. Tampang depan mendapatkan berbagai perubahan untuk memberikan kesan stylish dibandingkan California T. Melihat Portofino, tak perlu waktu lama untuk mendeteksi jika grand tourer ini buatan Ferrari.

Review Ferrari Portofino 2018: Bagian Depan

Untuk bagian depan, Ferrari memberikan konfigurasi tiga lubang di bumper dan lampu depan yang ramping. Dibanding California T yang memiliki lampu depan vertikal, Portofino memperoleh unit berorientasi horizontal yang berbentuk seperti bumerang. Lampu LED penuh juga menarik udara ke lengkungan roda depan dan keluar untuk mengurangi hambatan.

Gambar yang menunjukan bagian depan dari Ferrari Portofino 2018

Bagian depan Ferrari Portofino 2018 

Ujung depan yang baru dibulatkan oleh kap mesin baru yang menonjol di bagian tengah. Di bawah, gril utama lebih lebar dan memiliki dua bilah horizontal. Garis vertikal juga lebih besar dan terlihat, memberikan tampilan yang lebih sporty pada hidung. Intake yang besar di setiap sisi juga mengurangi drag, sedangkan ventilasi yang berorientasi ke aras belakang milik California T masih ada, tapi dibentuk ulang untuk mengoptimalkan aliran udara.

Review Ferrari Portofino 2018: Bagian Samping

Gambar yang menunjukan bagian samping dari Ferrari Portofino 2018

Bagian samping Ferrari Portofino 2018

Perubahan serupa terlihat di sisi samping. Sementara beltline dan garis karakter California T masih ada, Ferrari membentuk kembali lipatan yang menghiasi fender depan dan pintu serta bagian samping. Bagian punggung belakang tampak identik dengan California T memberikan nuansa khas konvertibel bagi Portofino.

Review Ferrari Portofino 2018: Bagian Belakang

Gambar yang menunjukan bagian belakang dari Ferrari Portofino 2018

Bagian belakang Ferrari Portofino 2018

Perubahan yang signifikan juga terlihat di belakang. Sama seperti produkan baru Ferrari lainnya, Portofino memiliki desain yang lebih kohesif. Lampu belakang dipindahkan dekat ke tepi luar fasia dan terintegrasi ke dalam desain berkat spoiler yang lebih luas. Diffuser baru dibuat lebih agresif dan menonjol keluar tubuh beberapa inci. Dikombinasikan dengan sirip vertikal yang lebih besar dan pipa pembuangan baru membuat tampilan Portofino lebih seperti mobil balap dari belakang.

>>> Mungkin Anda ingin membaca:

3. INTERIOR FERRARI PORTOFINO 2018

Interior Ferrari Portofino 2018 mendapatkan peningkatan yang adil seperti bagian luar, tapi tanpa perubahan radikal. Tata letak interior mirip dengan California T, sedangkan modifikasi yang lebih jelas terletak pada dasbor. Sisi penumpang termasuk layar tipis untuk memberikan akses ke sistem infotainment.

Review Ferrari Portofino 2018: Dasbor

Gambar yang menunjukan bagian dasbor dari Ferrari Portofino 2018

Bagian dasbor dari Ferrari Portofino 2018 

Sistem infotainment dan teknologi mendapatkan peningkatan dibandingkan California T dengan dasbor yang lebih elegan dan mulus dibandingkan pendahulunya. Portofino memberikan tampilan instrument serta layar sentuh opsional di depan penumpang, memungkinkan co-pilot melihat kecepatan, pemilihan gigi, dan kinerja metrik lainnya.

Review Ferrari Portofino 2018: Setir

Gambar yang menunjukan bagian kemudi dari Ferrari Portofino 2018

Bagian kemudi dari Ferrari Portofino 2018 

Ferrari juga merevisi roda kemudi dan memberikan rancangan ulang pada kontrol tengah. Kluster instrument mendapatkan tudung baru sehingga menampilkan desain yang lebih sporty bersamaan dengan display baru. Ada beberapa perubahan pada kontrol sisi pengemudi serta trim baru untuk ventilasi AC. Tapi masih banyak tombol tugas yang bisa Anda dapatkan pada setir.

Review Ferrari Portofino 2018: Kursi

Gambar yang menunjukan bagian kursi dari Ferrari Portofino 2018

Kursi sporty Ferrari Portofino 2018 

Kursi dapat disetel 18 arah untuk memberikan kenyamanan mengemudi. Ada perubahan pada desain sandaran baru serta peningkatan pada ruang kaki untuk penumpang di belakang. Resminya mobil ini menggunakan sistem empat kursi. Meskipun Ferrari hanya menyebutkan +2, menandai bahwa desain kursi belakang tidak terlalu lapang tapi nyaman digunakan untuk anak-anak.

Review Ferrari Portofino 2018: Bagasi

Gambar yang menunjukan bagian bagasi dari Ferrari Portofino 2018

Tampak bagasi Ferrari Portofino 2018

Ferrari memberikan dua kursi di bagian belakang, meskipun terbilang kecil dan hanya bisa digunakan oleh anak-anak. Untuk lebih praktis, kursi belakang bisa dilipat dan menyediakan ruang belakang untuk rak dan mantel. Tapi, layaknya mobil Ferrari lainnya, ada ruang yang tersedia untuk menaruh tas yang terletak di belakang.

>>> Dapatkan berita tentang Ferrari lainnya:

4. FITUR FERRARI PORTOFINO 2018

Dalam menciptakan Portofino, Ferrari banyak menerima masukan oleh klien. Fitur Ferrari Portofino 2018 merupakan hasil pertimbangan teknisi Ferrari untuk kemudahan pengemudi. Salah satunya adalah bagaimana Portofino memiliki beberapa tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan smartphone serta peningkatan teknologi dan kenyamanan berkendara.

Gambar yang menunjukan bagian fitur dari Ferrari Portofino 2018

Fitur infotainment dan teknologi Ferrari Portofino 2018 

Fitur infotainment ditangani oleh layar sentuh HD 10.2 inci dengan Apple CarPlay. Sedangkan sistem pendingin udara yang baru meningkatkan kenyamanan baik untuk ke atas atau kebawah. Ada deflektor angin yang baru, memotong aliran udara di dalam kabin hingga 30% dan mengurangi kebisingan. Sistem infotainment terbaru Ferrari memberikan kemudahan navigasi yang bisa dilihat oleh penumpang di samping pengemudi.

Review Ferrari Portofino 2018: Fitur keselamatan aktif

Peningkatan juga ditambahkan dalam hal teknologi. Secara khusus, Portofino mendapatkan diferensial belakang elektronik generasi ketiga Ferrari (E-Dif3) yang telah terintegrasi dengan sistem F1-Trac, sehingga meningkatkan baik pegangan mekanik dan kontrol pada kecepatan tinggi.

Gambar yang menunjukan pengendaraan Ferrari Portofino 2018

Ferrari Portofino mendapatkan tenaga dan kekuatan lebih besar dari Ferrari California T 

Portofino juga merupakan GT pertama yang menggunakan EPS (Electric Power Steering) yang mengurangi rasio kemudi sebesar tujuh persen untuk kemudi yang lebih responsif tanpa trade-off dalam stabilitas. Sistem peredam magnetorheological (SCM-E) telah ditingkatkan dengan teknologi dual-coil untuk mengurangi body roll dan meningkatkan penyerapan ketidakrataan permukaan jalan.

5. OPERASI FERRARI PORTOFINO 2018

Sebagai pemuja kecepatan, tak mengherankan jika sistem operasi Ferrari Portofino 2018 mengalami banyak modifikasi dari mesin T-8 turbocharger milik California untuk membuatnya melesat lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Di bawah kap mesin ada V8 3.9 liter yang mengeluarkan 592 daya kuda, atau 40 daya kuda lebih baik dibandingkan California T. Torsi juga sudah ditingkatkan menjadi 561 lb-ft dalam putaran 3.000 hingga 5.250 rpm.

Gambar yang menunjukan bagian mesin dari Ferrari Portofino 2018

Mesin V8 yang lebih tangguh dari T8 milik California T

Untuk kecepatan, pengisian daya dari diam hingga 100 km/jam membutuhkan waktu 3.5 detik sementara kecepatan tertinggi bisa dikendarai pada 320 km/jam. Sebagai perbandingan, California T membutuhkan 3.6 detik dengan kecepatan tertinggi ‘hanya’ 315 km/jam.

6. SPESIFIKASI FERRARI PORTOFINO 2018

Di atas kertas, Ferrari Portofino dibuat lebih sangar dibandingkan pendahulunya. Mendapatkan mesin V8 yang tangguh, berikut spesifikasi Ferrari Portofino 2018 selengkapnya.

Dimensi

Panjang

4585

Lebar

1938

Tinggi

1318

Distribusi berat

46%-54% (depan / belakang)

Mesin

Tipe mesin

V8 3.9 liter

Tenaga maksimal

592 dk @ 7.500 rpm

Torsi maksimal

561 lb-ft @ 3.000 – 5.250 rpm

Kecepatan tertinggi

320 km/jam

Percepatan 0 – 100 km/jam

3.2 detik

Sasis

Suspensi depan

Magnetorheological Damping System (SCM-E)

Suspensi belakang

Dual-coil

Setir

Electric Power Steering

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN FERRARI PORTOFINO 2018

Meskipun memiliki kecepatan yang lebih besar, tapi Portofino masih memiliki beberapa kelemahan. Mobilmo merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan Ferrari Portofino 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Lebih cepat dari pendahulunya

Beberapa sasis terkesan lentur

Desain coupé stylish dan agresif

Kursi belakang hanya cocok untuk anak-anak

Peningkatan teknologi dan sistem infotainment

 

8. DAFTAR HARGA FERRARI PORTOFINO 2018

Harga Ferrari Portofino 2018 masih belum tersedia, tetapi Mobilmo berasumsi bahwa harganya akan sedikit lebih mahal dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk California T. Dengan harga terakhir mencapai $ 206.473 atau setara dengan Rp 3 miliar, Portofino kemungkinan besar berada pada kisaran $ 220.000 atau jika dikonversikan menjadi Rp 3.2 miliar. Tentu saja lebih tinggi lagi jika Anda ingin membawa mobil ini ke Indonesia atau Ferrari akan menjualnya di Tanah Air.

9. VIDEO FERRARI PORTOFINO 2018

Ferrari sebenarnya sudah memperkenalkan Portofino tahun lalu. Intip video Ferrari Portofino 2018 yang diunggah oleh Ferrari dalam akun YouTube resminya berikut ini,

10. KESIMPULAN FERRARI PORTOFINO 2018

Secara keseluruhan, Ferrari Portofino 2018 memang lebih dinamis dan responsif dibandingkan pendahulunya, California T. Tak lupa, Ferrari juga meningkatkan teknologi dan pengemudian sehingga membuat Portofino memberikan kenyamanan berkendara yang superior di semua kecepatan.

Sementara GTC4Lusso dan 612 Superfast mendapatkan pembaruan eksterior yang signifikan, Portofino jauh dari mengejutkan. Meskipun begitu, Portofino memberikan apa yang diinginkan penggemar Ferrari: eksterior agresif yang penuh gaya, teknologi baru, serta mesin V8 dengan kekuatan lebih dibandingkan California T serta peningkatan kinerja di jalanan.

>>> Klik sini untuk simak review mobil unik lainnya hanya di Mobilmo.com

Review mobil serupa

  • Review Ferrari Portofino 2018: Penerus yang Lebih Cepat dan Lebih Stylish

    24/09/2018| Padli Nurdin

    Review Ferrari Portofino 2018: Penerus yang Lebih Cepat dan Lebih Stylish

    Setelah Ferrari California keluar, muncullah Ferrari Portofino 2018 yang lebih ringan dan lebih cepat. Portofino bertujuan untuk memperbaiki keseimbangan dan menambahkan suntikan adrenalin yang dibutuhkan oleh penggemar Si Kuda Jingkrak, dan tentu saja tampilan elegan khas Ferrari.

International