Review Ferrari F12berlinetta 2012

29/03/2019| Franky Pratama

1. PENGANTAR FERRARI F12BERLINETTA 2012

Review Ferrari F12berlinetta 2012 - Kehadirannya dimulai pertama kali pada ajang bergengsi Geneva Motor Show 2012, menggantikan kakaknya yakni Ferrari 599 Gran Tourer. Saking istimewanya, Ferrari F12berlinetta berhasil menyabet gelar ‘International Engine Year Award 2013’ pada kategori Performance. Dari pencapaian ini, tentu Anda bisa membayangkan betapa mengesankannya jantung pacu mobil besutan Ferrari ini.

Ferrari F12berlinetta menggunakan desain bodi yang cenderung aerodinamis

Ferrari F12berlinetta mencampurkan estetika seni dengan teknologi mutakhir

Tak butuh waktu lama bagi PT. Citra Langgeng Otomotif (CLO) selaku diler resmi Ferrari Indonesia, untuk menghadirkan F12berlinetta di tahun serupa. Performa mengesankan dari mesinnya disinyalir menjadi alasan utama bagi CLO merilisnya, pertama kali di pasar Asia Tenggara. Semakin penasaran bukan? Apa saja kelebihannya? Berikut kita simak review Ferrari F12berlinetta 2012.

2. EKSTERIOR FERRARI F12BERLINETTA 2012

Salah satu ciri khas yang paling kami sukai dari desain eksterior Ferrari F12berlinetta 2012 terletak pada lekukannya. Warna merah dengan lekuk tajam serta bodi bongsor, membuat kami mudah mengenali bahwa inilah ciri khas Ferrari.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Eksterior Depan

Fascia depannya terlihat garang dengan Grille berongga yang sekaligus mampu membelah angin. Memang tak dipungkiri, mobil sekelas Ferrari ini sangat memperhitungkan tentang fungsi aerodinamis supaya performa akselerasi bisa meningkat.

Eksterior depan Ferrari F12berlinetta 2012 menggunakan lampu berukuran minimalis

Wajah depannya terlihat lebih kalem, menyembunyikan performa mesinnya yang buas

Meski performa mesinnya terbilang buas namun wajahnya terlihat sedikit kalem berkat lampu berukuran minimalis. Tak lupa, bemper depan juga dibekali rongga khusus yang bisa terbuka dan menutup secara otomatis ketika sistem mendeteksi rem depan Overheat.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Eksterior Samping

Mungkin bagi orang awam, lekuk bodi seksi pada Ferrari F12berlinetta hanyalah hiasan belaka. Jangan salah, hal tersebut sengaja dirancang supaya dapat meningkatkan fungsi aerodinamis dan gaya tekan ke bawah. Di sisi lain, terdapat dua lubang Air-Intake yang mengalirkan udara dari Bonnet depan menuju ke arah bodi sampingnya. Ferrari menamainya dengan sebutan Aero Bridge.

Eksterior samping Ferrari F12berlinetta 2012 menggunakan lekuk bodi yang seksi dan sekaligus meningkatkan fungsi aerodinamis

Bodi sampingnya menghadirkan teknologi Aero Bridge yang mengutamakan unsur aerodinamis di setiap lekuk bodinya

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Eksterior Belakang

Wajah depannya yang ramping serta bodi samping seksi, diakhiri dengan sektor buritan yang cenderung meninggi. Menariknya lagi, mobil mewah ini tak diberikan fitur Rear Spoiler. Alasannya cukup masuk akal, mengingat Rear Spoiler yang besar seringkali mengganggu visibilitas pengendara ketika mengamati kaca belakang.

Eksterior belakang Ferrari F12berlinetta 2012 dikemas tanpa Rear Spoiler

Bodi belakangnya menggunakan lampu bulat yang memberi kesan Retro dan modern

Lantas apa gantinya? Aliran udara dari sisi depan nantinya akan disalurkan langsung ke arah Diffuser. Ferrari sendiri telah mengklaim bahwa rancangan ini berhasil meningkatkan gaya tekan ke bawah alias Down Force sebesar 123 Kg. Alhasil, mdaya cengkram ban ke aspal mengalami peningkatan sehingga berdampak positif pada proses manuver hingga Cornering.

>>> Informasi menarik lainnya:

3. INTERIOR FERRARI F12BERLINETTA 2012

Satu hal yang perlu diketahui dari interior Ferrari F12berlinetta 2012 yakni desainnya yang mengedepankan unsur elegan namun juga garang, sukses meningkatkan kepercayaan diri sang pengendara.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Dashboard

Ada fenomena menarik pada lini dashboard-nya yakni lengkap namun rumit. Jika dilihat dari kelebihannya, tombol-tombol yang disematkan pada dashboard tertata sangat lengkap mulai dari pengoperasian Multimedia hingga fitur penyejuk AC. Di sisi lain, kami berpendapat bahwa penataan tombol-tombolnya terasa kurang ringkas dan membutuhkan waktu beradaptasi dengannya.

Dashboard Ferrari F12berlinetta 2012 disematkan dengan beragam fitur menarik

Dashboard-nya sendiri dikemas dengan elegan, menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi

Meski begitu, kami masih sangat menyukai bagaimana cara teknisi ahli Ferrari mengemas atmosfer interior-nya. Dashboard dibalut material berkualitas dan setiap incinya dibuat sangat detail. Elegan namun juga sporty, mengingat kabinnya serupa kabin pesawat yang siap lepas landas.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Setir

Perlu menjadi catatan bahwa mobil satu ini memiliki kemudi setir dengan tingkat responsif tinggi. Tips dari kami adalah mulailah terbiasa dengannya, mengingat genggaman setir sudah dirancang nyaman bagi pengendara.

Setir Ferrari F12berlinetta 2012 sudah dilengkapi dengan berbagai tombol menarik

Di Indonesia, Ferrari F12berlinetta sudah menerapkan setir kanan

Tak lupa, beberapa tombol juga disematkan seperti pengaturan Multimedia, mode berkendara, navigasi hingga pengoperasian panel TFT. Hal ini sengaja dirancang supaya pengendara dapat dengan praktis mengatur segala kelebihan pada mobil ini, tanpa perlu kehilangan konsentrasi.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Kursi

Kursinya mampu menampung dua orang saja, cocok bagi mereka yang ingin menampilkan kesuksesan di tengah kota. Belum lagi, kontur kursi dibuat sangat nyaman dengan memperhatikan postur tubuh manusia. Tak heran, banyak dari penggunanya mengatakan kursi Ferrari F12berlinetta adalah yang terbaik di kelasnya. Mewah, elegan dan kenyamanan bercampur menjadi satu.

Kursi Ferrari F12berlinetta 2012 hanya mampu menampung dua orang saja

Kursnya sendiri sudah dirancang dengan penuh ketelitian yang dibalut bahan kulit berkualitas

>>> Baca juga:

4. FITUR FERRARI F12BERLINETTA 2012

Tak perlu khawatir lebih jauh akan performa mesinnya yang buas. Ferrari sangat memahami apa yang mereka tawarkan kepada konsumen setianya. Bisa dikatakan, mobil ini sangat buas jika Anda ingin merasakan Adrenalin mengalir deras. Di sisi lain, ia juga bisa kalem ketika diajak berjalan memutari kota. Berikut segmen fitur Ferrari F12berlinetta 2012.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Fitur Keselamatan

Kenyamanan berkendara tidak bisa datang begitu saja. Dalam kasus F12berlinetta, Ferrari menyematkan Double Wishbone yang didukung Lower L-Arm pada suspensi depan serta Multi Link pada sisi belakang. Menariknya lagi, Ferrari menyematkan sebuah teknologi khusus yakni SCM-E yang berfungsi membuat Damper lebih responsif mengikuti tingkat kecepatan dan kondisi jalan yang dilewati. Damper akan mengeras pada kecepatan tinggi sehingga memberi performa Handling lebih responsif serta melunak pada kecepatan rendah.

Jika Anda mengamati kemudi setirnya lebih detail maka akan terlihat ada satu tuas di sisi kanan yang menawarkan lima mode berkendara. WET misalnya, direkomendasikan ketika melaju di area licin atau pada saat kondisi hujan. Mode SPORT untuk berkendara santai di area perkotaan. Paling menarik adalah mode RACE yang mampu mengeluarkan sisi buas dari mobil ini. Sedangkan mode CT-OFF dan ESC-OFF dikhususkan untuk mereka yang profesional dalam hal Drifting dan ketika melaju di arena balap.

Fitur Ferrari F12berlinetta 2012 hadirkan lima pilihan mode berkendara dari WET hingga ESC-OFF

Anda sendiri sudah bisa memilih mode berkendara sesuai keinginan

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Fitur Hiburan

Hiburan sendiri sudah tersaji lengkap pada panel Multimedia. Dari panel tersebut, Anda sudah bisa mengoperasikan musik hingga navigasi. Menariknya lagi, Ferrari merancang setirnya dengan tombol khusus yang sudah terintegrasi dengan panel Multimedia sehingga memberi kesan lebih praktis bagi pengendara.

>>> Klik di sini untuk melihat review mobil terbaru lainnya

5. OPERASI FERRARI F12BERLINETTA 2012

Jika Anda mengamati penjelasan di segmen sebelumnya, banyak sekali kata 'buas’ yang kami gunakan untuk menggambarkan mesinnya. Bayangkan saja, operasi mesin Ferrari F12berlinetta 2012 mampu melakukan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam tempo 3,1 detik. Apalagi, Ferrari merancang mesinnya supaya dapat dipacu hingga kecepatan maksimal di angka 340 Km/Jam. Sebuah penawaran fantastis bagi mereka yang menyukai kecepatan.

Mesin Ferrari F12berlinetta 2012 mampu melakukan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam waktu 3,1 detik

Operasi mesinnya menggunakan konfigurasi Naturally Aspirated berkapasitas 6.266 cc

Dari catatan resminya, mesin Ferrari F12berlinetta menggunakan kapasitas 6.262 cc Naturally Aspirated. Tak heran, lengkingan suaranya terasa sangat menggelegar, membuat semua orang memandang mobil satu ini. Adapun daya yang mampu dihasilkan mesinnya mencapai angka 729 HP setara 8.250 Rpm dengan nilai torsi puncak sebesar 690 Nm pada putaran 6.000 Rpm.

>>> Simak juga tips dan trik dalam merawat mobil yang penting untuk Anda ketahui

6. SPESIFIKASI FERRARI F12BERLINETTA 2012

Untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa melihat tabel spesifikasi Ferrari F12berlinetta 2012 di bawah ini.

SPESIFIKASI FERRARI F12 BERLINETTA 2012

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.618 mm x 1.942 mm x 1.273 mm

Jarak Poros Roda

2.720 mm

Jarak Pijak Depan

1.665 mm

Jarak Pijak Belakang

1.618 mm

MESIN

Tipe Mesin

6.3 Liter V12 Naturally Aspirated 12 Silinder

Kapasitas Silinder

6.262 cc

Daya Maksimum

729 HP / 8.250 Rpm

Torsi Maksimum

690 Nm / 6.000 Rpm

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan Otomatis Dual Clutch

Kecepatan Maksimum

340 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

3,1 Detik

HANDLING

Ukuran Ban Depan

255/35 ZR 20 9.5J

Ukuran Ban Belakang

315/35 ZR 20 11.5J

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

15 Liter / 100 Km

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN FERRARI F12BERLINETTA 2012

Di Indonesia, mobil satu ini hanya dimiliki oleh sedikit orang saja mengingat harganya yang cenderung mahal. Namun bisa dibilang hal tersebut adalah kekurangan kecil dari segala kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini. Berikut kami rangkum kelebihan dan kekurangan Ferrari F12berlinetta 2012.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Eksterior-nya sukses mencampurkan esensi seni dengan teknologi otomotif mutakhir

Mobil ini dirancang dengan kecepatan tinggi sehingga dibutuhkan waktu beradaptasi dengannya

Mesinnya terasa sangat mengesankan, menjadi pesaing ketat dari Lamborghini Aventador

Pajak yang ditangguhkan terbilang sangat mahal

Ruang interior dikemas sangat elegan serta Premium

Biaya perawatan dan perbaikan cukup menguras kantong

8. DAFTAR HARGA FERRARI F12BERLINETTA 2012

Seperti artikel kami lainnya, tak lupa kami juga memberikan informasi tentang daftar harga Ferrari F12berlinetta 2012.

TIPE MOBIL

HARGA FERRARI F12BERLINETTA 2012 BEKAS

Ferrari F12berlinetta 6.2 Liter

IDR. 7,3 miliar

9. VIDEO FERRARI F12BERLINETTA 2012

10. KESIMPULAN FERRARI F12BERLINETTA 2012

Ferrari F12berlinetta adalah mobil yang sengaja dirancang bukan saja mengedepankan akselerasi serta kecepatan, namun juga dapat dikendarai santai di area perkotaan. Hal inilah yang menjadi ciri khas tersendiri daripada model Ferrari lainnya. Jika Anda ingin kecepatan, mobil siap membuka karakter buasnya dengan catatan akselerasi 0-100 Km/Jam yang ditempuh hanya dalam 3 detik saja. Di sisi lain, ia juga menarik dikendarai santai mengingat adanya teknologi SCM-E yang membuat Damper pada suspensi bergerak responsif sesuai tingkat kecepatan dan medan yang dilalui. Tertarik untuk menjadikannya sebagai mobil impian Anda?

>>> Simak terus review mobil terbaru dan terlengkap lainnya hanya di Mobilmo.com

Review mobil serupa

  • Review Ferrari 458 Italia 2010 : Tampil Mewah Desain Aerodinamis

    05/09/2019| Abdul

    Review Ferrari 458 Italia 2010 : Tampil Mewah Desain Aerodinamis

    Ferrari 458 Italia merupakan penerus dari Ferrari 430 yang diluncurkan sejak tahun 2009. Mobil super sport ini dapat melaju hingga kecepatan 100km/jam hanya dalam 3,4 detik saja. Mesin V8 4.449CC menjadi senjata kecepatan mobil sport andalan pabrikan kuda jingkrak ini.

  • Review Ferrari F12berlinetta 2012

    29/03/2019| Franky Pratama

    Review Ferrari F12berlinetta 2012

    Jika melihat sosok Ferrari yang dijual di Indonesia, F12berlinetta adalah salah satu model paling mengesankan. Bukan saja cepat, tetapi ia juga memiliki segala hal terbaik dari segi kenyamanan berkendara. Bahkan menariknya lagi, mobil istimewa satu ini sudah menggunakan model setir kanan. Tertarik? Simaklah review Ferrari F12berlinetta 2012 berikut ini.

International