Review dan Impresi Lexus NX300T F-Sport 2018

06/09/2018 Arfian Alamsyah Review Lexus

Alternatif bagi Anda penggemar SUV kompak premium yang sudah mulai bosan dengan merek asal Eropa yang terasa mainstream. Apalagi merek asal Jepang sudah sangat terkenal akan durabilitasnya. Berikut ini adalah Review dan Impresi Lexus NX300T F-Sport 2018 hanya untuk Anda pembaca setia Mobilmo.com

1. PENGANTAR LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Tampak Sebuah Lexus NX300T F-Sport 2018 berwarna Red Mica Crystal Shine

Lexus NX300T F-Sport merupakan salah satu andalan Lexus Indonesia 

Review Lexus NX300T F-Sport 2018 – Kalau mau sedikit menengok ke belakang, Lexus NX series pertama kali diluncurkan di bumi Indonesia adalah pada tahun 2014. Saat itu tepatnya di Beijing International Automotive Exhibition 2014, dan mendapat sambutan yang cukup meriah. Walaupun tidak sedikit juga orang yang nyinyir karena menganggap Lexus agak malas mengembangkan mobil mereka sendiri. Coba bayangkan saja sebagian partnya mengambil basis dari Toyota RAV4. Baik itu basisi rangka, suspensi, hingga pilihan mesin. Memang, tidak ada yang salah dengan transfer basis seperti itu, namun alangkah lebih baik jika Lexus benar-benar mengembangkan sendiri basis produk mobil yang akan dijualnya. Ya, sebagai konsumen produk premium kan pasti akan mempunyai ekspektasi tinggi akan kualitas serta ekslusifitas mobil yang dibelinya.

Tampak sebuah Lexus NX300T F-Sport 2018 berwarna Red Mica Crystal Shine

Dahulu Lexus NX300 itu namanya NX200 (Foto : Arfian / Mobilmo.com)

Lexus NX series akhirnya masuk Indonesia pertama kali pada tahun 2015. Saat itu bernama Lexus NX200T F-Sport. Angka 200 dibelakang kode NX melambangkan varian mesin yang dipakai yaitu unit 2000 cc berkode 8AR-FTS berteknologi dobel katup variable andalan Toyota yaitu VVT-I disertai dobel rocker arm di noken-asnya yang berfungsi untuk memperhalus friksi pada mesin saat berputar. Baru pada tahun 2017 tepatnya saat event akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 varian terbaru NX series diluncurkan. Kali ini menggunakan angka 300 dibelakang kode NX. Alasannya adalah Lexus menganggap tenaga mobil dengan 2000 cc ini sudah setara dengan mesin berkapasitas 3000 cc. Dan angka yang lebih besar diharapkan berdampak positif pada psikologis konsumen pembeli mobil ini. Dan inilah review ekslusif dari Mobilmo.com mengenai Lexus NX300T F-Sport untuk Anda.

2. EKSTERIOR LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Tampak badge atau logo Lexus NX300T F-Sport 2018

Logo Lexus NX300 

Seperti biasa, kami dari Mobilmo.com dan sister site kami Cintamobil.com selalu akan mengulas secara 360 derajat eksterior Lexus NX300T F-Sport 2018. Kami yakin, lama kelamaan Anda akan bosan dengan gaya seperti ini. Tapi, metode pengulasan ini tetap dirasa perlu oleh kami dari Mobilmo.com. Karena, Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, jika dibandingkan dengan situs review mobil lainnya.

Review Lexus NX300T F-Sport 2018: Sisi Depan

Tampak sebuah Lexus NX300T F-Sport 2018 berwarna White Nova Glass Flake

Tampang sangar dari Lexus NX300T F-Sport 2018 begitu menggoda 

Pertama kita lihat dulu bagian depannya, muka mobil ini bisa dibilang eksotis nan agresif. Lihat saja motif sarang lebah dalam desain spindle grill pada bagian depan yang sudah menjadi ciri khas dari Lexus kekinian. Meskipun desain seperti ini bukanlah selera semua orang, namun apa yang dilakukan oleh Lexus bisa dikatakan berani. Kami dari Mobilmo.com secara pribadi menyukai desain seperti ini. Apalagi lekuk lampu utamanya tajam seakan menyiratkan mobil ini tetap terlihat kencang meskipun dalam keadaan berhenti. Belum lagi desain bumpernya yang sporti makin mempertegas mobil ini layak menyandang badge F-Sport.

>>> Luar biasa Lexus NX masuk 10 terbaik penjualan SUV di Indonesia, klik disini untuk tahu beritanya

Tampak samping Lexus NX300T F-Sport 2018 berwarna White Nova Glass Flake

Garis-garis siluet 3D membuat aura sporty 

Review Lexus NX300T F-Sport 2018: Sisi Samping

Berjalan ke bagian samping, aura sporti dari mobil ini sangat kentara. Lihat saja tarikan-tarikan garis tegasnya yang dimulai dari sepatbor depan, hingga pinggul pintu belakang. Tarikan garis tersebut seolah membuat siluet 3D yang membuat mobil ini terlihat semakin mewah dan berkelas. Belum lagi penggunaan plastik berwarna hitam diatas roda bagian depan dan belakang yang mencirikan crossover sejati, padahal mobil ini di Indonesia masuk si kelas SUV kompak premium di Indonesia. Desain spion dari Lexus NX300T F-Sport ini juga unik, jika Anda lihat dari sisi depan seolah membentuk huruf F, sedangkan jika Anda melihat dari sisi samping seolah streamline dan membantu sisi aerodinamika.

Tampak belakang Lexus NX300T F-Sport 2018 warna White Nova Glass Flake

Style bagian belakang Lexus NX300T F-Sport 2018 ini mengangumkan (Foto : Lexus Indonesia)

Review Lexus NX300T F-Sport 2018: Sisi Belakang

Lanjut ke bagian belakang dari mobil ini tampilannya kami berani bilang mengagumkan. Style-nya terasa pas untuk dilihat dan oke punya juga secara kualitas, ban dengan traction A-nya terlihat lebar mengimbangi bodi mobil ini dari belakang, finishing ujung knalpot berlapis kromnya ada dua buah dan menambah kesan sporti sekaligus elegan dari mobil ini. Belum lagi ujung roof rail bagian belakang berwarna brush aluminiumnya terlihat mewah. Bagi Anda yang membeli mobil bukan karena fungsi semata dan menempatkan sebagai alat penunjang gaya, maka Lexus NX300T F-Sport ini pas untuk Anda.

>>> Ini dia fitur unggulan Lexus NX di Indonesia 

3. INTERIOR LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Tampak layout interior dari Lexus NX300T F-Sport 2018

Layout interior yang mewah dan menyenangkan di Lexus NX300T F-Sport 

Review Lexus NX300T F-Sport 2018: Dashboard

Tidak hanya mengagumkan dari sisi eksteriornya, Lexus NX300T F-Sport 2018 ini juga memberikan kesan mewah yang tak mudah untuk dilupakan begitu saja. Enggak percaya? Tengok pembahasan kami di bagian interior mobil ini.

Tampak motif guratan naguri-style ornamenation di Lexus NX300T F-Sport 2018

Sentuhan mewah naguri-style ornamentation pada interior Lexus NX300T F-Sport 

Bukan Lexus namanya jika tidak memberikan sentuhan personal, ekslusif dan mewah terhadap mobil bikinan mereka. Mereka menamakan sentuhan dasbor dan panel mereka dengan nama naguri-style ornamentation. Sentuhan khas Jepang ini menggabungkan seni antara seni tradisonal khas Jepang dengan teknologi kekinian yang diusung Lexus.

>>> Mau lihat sedan Toyota terlaris didunia yang anti mainstream? Lihat disini

Panel spidometer pada Lexus NX300T F-Sport 2018

Panel spidometer Lexus NX300T F-Sport yang sporti dan mewah 

 Hal yang tidak kalah istimewa saat Anda mengemudikan Lexus NX300T F-Sport ini adalah rasa special saat melongok ke bagian panel spidometernya. Karena bukan hanya lengkap, berdesain apik, dan enak dilihat. Namun karena panel mater ini terinspirasi dari supercar hasil kerjasama antara Yamaha Motor Corporation dengan Lexus, yakni Lexus LFA yang dijual secara terbatas.

>>> Ini dia mobil Lexus dengan kapasitas 7 penumpang

Review Lexus NX300T F-Sport 2018: Kursi

 Kursi sport di Lexus NX300T F-Sport 2018

Khusus trim F-Sport corak warnanya lebih menarik dan sporti (Foto : Lexus Indonesia)

Khusus untuk trim F-Sport yang sedang Anda lihat reviewnya kali ini, memang benar-benar spesial tanpa telor. Pasalnya, khusus untuk trim ini kursi pengemudi dan penumpang depannya menggunakan kursi berjenis sport. Oke, corak warna dari kursi ini memang menarik dengan kelir merah menyala dikombinasi dengan warna hitam, sayangnya ketika tester Mobilmo.com mencoba sendiri duduk diatas kursi mobil ini agak terasa keras, mungkin memang ciri khas bangku mobil dengan karakter sporti keras seperti ini.

>>> Inilah sikap bijak salah satu APM terbesar di Indonesia, saat produknya kalah di pasaran

4. FITUR LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Wireless Charging di Lexus NX300T F-SPort 2018

Jangan khawatir baterai smartphone Anda habis, bisa wireless charging

Khawatir kehabisan baterai smartphone saat melakukan perjalanan yang menyenangkan Bersama Lexus NX300T F-Sport? Jangan khawatir, meskipun Anda lupa membawa mobile car charger mobil ini dapat menyelamatkan Anda dari mati gaya karena baterai handphone Anda habis. Apalagi jika smartphone Anda sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging. Tinggal buka saja konsol tengah, maka Anda dapat meletakkan ponsel pintar Anda disana dan tak terasa ketika tiba ditujuan, baterai HP Anda sudah penuh.

>>> Kami sudah test drive langsung Toyota CH-R 2018 lho, ini hasilnya

Multi information display pada Lexus NX300T F-Sport 2018

Data lengkap seputar Lexus NX300T F-Sport 2018 bisa Anda dapatkan dilayar ini 

Jika Anda mencari dimana on board computer dari mobil ini, maka Anda tidak akan kesulitan. Pasalnya bukan hanya Anda sebagai pengemudi yang dapat melihat besarnya layar monitor 10,3 inchi ini. Layar monitor ini bukan hanya memberikan informasi dari mobil seputar konsumsi bahan bakar rata-rata, terkini, dan peringkat. Namun juga mampu memberikan informasi seputar audio, hingga system navigasi.

>>> Klik disini untuk mengetahui harga mobil terkini

5. OPERASI LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Mesin Lexus NX300T F-Sport 2018 dilengkapi dengan twin scroll turbo

Lexus NX300T F-Sport 2018 dilengkapi dengan mesin yang bertenaga (Foto : Arfian / Mobilmo.com)

Dipersenjatai dengan mesin berkode 8AR-FTS dengan 4 silinder segaris yang dilengkapi dengan turbocharger yang istimewa. Turbocharger pada mobil ini menggunakan twin scroll turbo system yang mana turbonya memang tunggal alias hanya satu buah, namun memiliki dua jalur exhaust paths. Penerapan turbo jenis ini membuat aliran udara lebih lancar, walhasil akan dapat meminimalisir lag (jeda) saat turbo belum mulai spooling. Hal istimewa bukan hanya disitu saja, namun sistem pendinginan turbonya juga istimewa. Mengapa kami bilang istimewa karena system intercoolernya menggunakan sistem air to liquid intercooler yang ditempatkan tepat didepan mesin, sehingga pasokan udara segar dapat langsung mendinginkan intercoolernya. Tentu saja hal ini akan berdampak baik pada mesinnya.

Adaptive Suspension System di Lexus NX300T F-Sport 2018

Lexus NX300T F-Sport dilengkapi dengan suspensi adaptif (Foto : Lexus Indonesia)

Stop berbicara mengenai data tekniknya, mari kita langsung coba mobilnya. Tester kami langsung melompat ke balik kemudi untuk mengetahui impresinya. Duduk di jok pengemudi rasanya pas dengan postur badan kami selaku tester Mobilmo.com. Meskipun busanya terasa sedikit keras. Sebaiknya pasrahkan saja ke sisi lemak pada pinggul, dan bokong Anda untuk dapat merasakan efek nyaman pada kursi mobil ini. Tapi kami senang dengan motif joknya yang sporti ini. Nyalakan mesin dengan satu sentuhan ringan pada tombol, mesinnya menderu halus. Akselerasi dari mobil ini bisa dibilang mengagumkan, setirnya juga presisi. Mobil ini makin menyenangkan dikemudikan tentunya karena hentakan turbo. Sayang waktu untuk mencoba mobil ini terbatas.. Jika Lexus Indonesia berkenan, kami akan tes lengkap mobil ini untuk Anda.

>>> Lihat juga review mobil lainnya hanya di Mobilmo.com

6. SPESIFIKASI LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Spesifikasi Lexus NX300T F-Sport 2018 bisa dilihat di bawah ini.

Mesin Lexus NX300T F-Sport 2018

Tipe Mesin

8AR-FTS 4 silinder segaris, Turbocharger, Dual VVT-I, Dual Rocker Arm

Kapasitas

1.998 cc

Diameter x Langkah

86.0 x 86.0 mm

Tenaga Maksimum

235 Dk / 4.800 - 5.600 rpm

Torsi Maksimum

350 Nm / 1.650 - 4.200 rpm

Rasio Kompresi

10 : 1

Dimensi Lexus NX300T F-Sport 2018

Panjang

4.630 mm

Lebar

2.130 mm

Tinggi

1.630 mm

Jarak Poros Roda

2.660 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Dimensi Lexus NX300T F-Sport 2018

Sistem Kemudi

Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt and Telescopic

Berat Kotor

2.280 Kg

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Trailing Arm Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated Disk Brake

Rem Belakang

Disk Brake

Radius Putar

5,7 Meter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Kelebihan dan kekurangan Lexus NX300T F-Sport 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior jauh lebih sporty

Hanya facelift, belum full model change sejak 2015

Fitur penunjang kesenangan lengkap

Radius putar masih terlalu besar untuk ukuran SUV

Desain eksterior menarik

Posisi duduk tidak senyaman dan seegronomis rivalnya

Durabilitas Lexus yang baik

Bantingan keras

8. DAFTAR HARGA LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Lexus NX300T F-Sport ini dijual dengan harga Rp. 1.100.000.000 on the road DKI Jakarta.

9. VIDEO LEXUS NX300T F-SPORT 2018

10. KESIMPULAN LEXUS NX300T F-SPORT 2018

Lexus NX300T F-Sport 2018

Ingin SUV mewah kompak dengan tampilan agresif? Lexus NX300T F-Sport 2018 pilihannya 

So, Is this car for you? Well, jika Anda adalah pria yang metroseksual, atau wanita yang gemar sosialita dan tampil modis. Mobil ini sangat layak dan kami rekomendasikan untuk Anda. Apalagi durabilitas mobil Jepang, sudah terbukti lebih baik bila dibandingkan dengan produk Eropa yang sekelas.

>>> Target penjualan SUV Lexus itu segini lho angkanya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Toyota Hilux Invincible 50 2018
    Review Toyota Padli Nurdin

    Review Toyota Hilux Invincible 50 2018

    17/11/2018

    Tak terasa, Toyota Hilux sudah menghabiskan 50 tahun terakhir membantu konsumen terlebih mereka yang bekerja di bidang perdagangan dengan memberikan kendaraan bertenaga yang kuat. Untuk merayakan setengah abad perjalanannya, Toyota Hilux Invincible 50 2018 siap dihadirkan dengan spesifikasi yang mumpuni.

  • Review All New Honda CR-V 2017
    Review Honda Padli Nurdin

    Review All New Honda CR-V 2017

    16/11/2018

    Sebagai salah satu andalan Honda untuk segmen SUV di Indonesia, Honda CR-V merupakan salah satu lumbung uang Honda. Dari yang tertinggi hingga All New Honda CR-V 2017 yang menjadi varian terendah, Honda menancapkan kukunya lebih dalam pada segmen SUV di Tanah Air.

  • Review Mitsubishi Triton 2019
    Review Mitsubishi Arfian Alamsyah

    Review Mitsubishi Triton 2019

    15/11/2018

    Kalau boleh jujur sebenarnya kami tidak terlalu terkejut dengan tampilannya, maklum saja, salah satu ‘mata-mata’ kami sudah melihat siluet mobil ini. Dan seperti yang banyak diduga, tampang khas Mitsubishi Xpander begitu mendominasi. Kini, mobil dual cabin andalan Mitsubishi ini telah meluncur di Bangkok, Thailand. Bagaimana impresi kami mengenai mobil ini?