Review BMW X1 2018: Siap Menjadi SUV Paling Laris

09/09/2018| Metodius Getan Plue

1. PENGANTAR

Review BMW X1 2018 - SUV subkompak dan mewah ini ternyata sudah lebih bersahabat dengan Indonesia, pasalnya mobil ini memang sudah diproduksi di Indonesia. X1 terbaru memiliki kapasitas penumpang hingga 5 orang dalam kabin, kini dimensinya lebih besar, tentu akan menjamin keluasan kabinnya. Kini BMW X1 mengusung konsep Sport Activity Vehicle (SAV) yang membesar dengan detail panjang 4.439 mm, lebar 1.821 mm, tinggi 1.598 mm. Tentu digenerasi terbarunya ini banyak penyegaran dilakukan terutama dari bagian dalam dan juga luarnya, kami akan bahas lebih lengkap mengenai BMW X1 2018.

2. EKSTERIOR

Mobilmo.com melihat bahwa penambahan dimensi ini akan berdampak pada banyak hal, selain menambah keluasan kabin, tentu akan menaikkan nilai jual dari X1 itu sendiri. Ada perubahan dan penambahan dibagian depan, samping hingga belakang, sabar sebentar, kami akan bahas satu persatu.

Review BMW X1 2018: Bagian Depan

BMW X1 2018 Mendapat Kidney Grill Khas

Kidney grill besar di SUV teranyar BMW

Sekilas X1 sangat mirip dengan beberapa saudaranya sebut saja seperti X5 yang lebih mahal. Fascia depan semakin menegaskan bahwa mobil ini adalah SUV sejati dengan sajian kidney grill khas BMW. Lampu depan BMW X1 2018 ini sangat jelas dilihat malam hari maupun siang hari berkat LED sebagai standarnya, dan diperluas  dengan lampu Bi-LED yang terang. Uniknya lampu LED ini menggunakan energi lebih rendah dari lampu biasanya, namun tetap dengan jangkauan pencahayaan yang sempurna.

Review BMW X1 2018: Bagian Samping

Sisi Samping BMW X1 2018 Tetap Dengan Garis Tegas Khas SUV

Garis tipis menjuntai tegas dari samping handle pintu

Karakter SUV hadir disampingnya, bodi yang besar dan tetap kokoh, pada bagian fender tidak begitu besar namun tetap mengisyaratkan SUV yang sporty dan modern. BMW total dalam memberikan kesan mewah pada SUVnya ini, terbukti dari list kaca samping mobil ditutupi oleh lapisan krom. Tidak hanya itu pelek dual tone terbaru berukuran 18 inci sangat unik dari desain serta ukurannya yang proporsional. Pelek 18 Y-spoke style 566 tidak boleh dilupakan, serta side skirt trim in Silver matt pada sisi samping bawah mobil.

Review BMW X1 2018: Bagian Belakang

BMW X1 2018 Lebih Besar Dan Lebar Di Bagian Belakang

Bongsor dan lebar dilihat dari belakang

Tampak belakang BMW X1 2018 menyajikan bentuk yang besar dengan lekukan indah khas SUV. Pada bagian paling atas shark fin antenna begitu mencolok disokong dengan rear spoiler with high mount stop lamp dan wiper belakang. Lampu belakang tidak kalah dari depan, kini mendapat desain yang besar dan melebar ke samping mobil. Underguard dibagian bawah diberikan warna silver unik, serta dua knalpot krom secara terpiasah menjadikan X1 lebih sporty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Review BMW X1 2018: Kursi

Panjangnya Whelbase BMW X1 2018 Membuat Kelegaan Semakin Terjamin

Kursi mewah dari BMW X1

BMW tetap memberikan fasilitas nomor 1 dalam kabinnya, sehingga ketika berada di dalam akan merasakan kenyamanan yang baik. Memang perubahan belum terasa ketika belum secara langsung merasakannya, tapi ketika masuk ke kabin, peruabahan wheelbase ternyata membuat jarak antara kursi belakang dan kursi depan lebih panjang.

Siapapun setuju kursi dan keluasan kabin menjadi salah satu faktor kenyamanan para penumpang. Kini dengan penambahan ketinggian hingga 53 mm menjamin ruang kepala. Kursi baris kedua dapat direbahkan serta maju mundur, bahkan ketika paling maju sekalipun kaki tidak menyentuh kursi baris pertama. Kursi pengemudi sudah elektrik, ketika Anda sudah cocok dengan pengaturan tersebut, manfaatkanlah fitur memori. Selain itu, ada panorama glass roof yang menyajikan pemandangan serta menambah kesan luas kabin, fitur ini juga bisa dibuka tutup guna mendapatkan udara segar.

Review BMW X1 2018: Bagasi

BMW X1 2018 Memiliki Kapasitas Bagasi 505 Liter

Bagasi X1 begitu luas dengan tray untuk menjaga privasi dari luar

Kapasitas bagasi meningkat menjadi 505 liter, bahkan kami merasa digenerasi sebelumnya juga tetap luas. Pengaturan atau pelipatan kursi baris kedua, sangat mudah, karena adanya tombol disisi kanan kabin, sehingga tidak perlu repot ketika ingin melipat kursi. Kursi sudah dilipat, barang sudah ditaruh, hanya menekan satu tombol di ujung pintu bagasi secara otomatis pintu akan menutup.

Review BMW X1 2018: Dashboard

BMW X1 2018 Selalu Memiliki Dashboard Soft Touch Mewah

Dashboard lebih gelap dipercantik dengan list warna merah 

Secara desain, dashboard ini masih mirip dengan generasi sebelumnya, masih sama-sama menggunakan material yang berukualitas. Material soft touch ini membawa X1 menjadi SUV premium dan tidak murahan, yang lebih keren adalah head unit ditengah dashboard yang sangat canggih. Head unit BMW Connected Drive ini tentu sudah support untuk format dan fitur audio terbaru, selain itu sudah ada jaringan internet, hingga real time kondisi kemacetan.

>>> Baca juga:

4. FITUR

SUV ini bukan hanya mendapat penyegaran dari luar dan dalam, tetapi juga soal fitur keselamatan pun bertambah. Kini ada total 8 buah airbag yang akan meredam cidera parah penumpang, lalu Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Dynamic Traction Contol (DTC), Cornering Brake Control (CBC), Dynamic Brake Control (DBC), Brake Assist, trailer stabilization, hingga Attentiveness Assistant, untuk fitur keamanan juga ada, seperti Anti Theft Device, Alarm, dan juga Immobilizer.

5. OPERASI

BMW X1 memiliki mesin turbocharged 1.5L dengan detail isi silinder 1499 cc yang mampu memberikan tenaga sebesar 136 hp pada putaran 4400 rpm, lalu torsi 220 Nm pada 1.250 mm. Tenaga mesin ini disalurkan ke mobil melalui tenaga penggerak roda depan, serta untuk kapasitas tanki bahan bakar yaitu 51 liter.

6. SPESIFIKASI

Tabel dibawah merupakan tabel spesifikasi dari BMW X1 2018.

Spesifikasi BMW X1 2018

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.439 mm x 1.821 mm x 1.598 mm

Jarak Poros Roda

2670 mm

Jarak Pijak Depan

1561 mm

Jarak Pijak Belakang

1562 mm

Berat

2005 kg

Tanki

51 L

Mesin

Isi Silinder

1499 cc

Jumlah Silinder

3

Tenaga Maksimal

136 hp

Torsi Maksimal

220 Nm

Transmisi

6-speed

Chassis

Suspensi Depan

Adaptive Suspension

Suspensi Belakang

Adaptive Suspension

Ukuran Pelek

R18

Ban

225/50 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Masih ada beberapa yang menjadi catatan kami dalam kelebihan dan kekurangan BMW X1 2018 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Dimensi lebih besar dari sebelumnya

Sistem penggerak depan agak mengurangi kesenangan pengemudi

Interior lebih luas, serta lebih mewah dan nyaman

Akselerasinya tergolong biasa saja untuk sebuah BMW

Teknologi terbaru yang semakin canggih dan memudahkan

Menggunakan basis Mini 5 pintu namun dengan bobot yang lebih berat sehingga power to weight rationya tidak begitu baik

Walaupun mesin 3 silinder membuatnya hemat bahan bakar

Getaran mesin 3 silindernya masih terasa dikabin meski hanya sedikit

8. DAFTAR HARGA

Dibawah ini kami sudah siapkan daftar harga dari BMW X1 2018.

Varian

Harga BMW X1 2018

X1 sDrive18i Dynamic

Rp 688.000.000

X1 sDrive18i xLine

Rp 771.000.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Berbicara mobil mewah, BMW adalah salah satu brand premium tak terpatahkan. Melalui kehadiran SUV ini menegaskan bahwa pabrikan asal Jerman ini bisa membuat semua segmen mobil penumpang, lengkap dengan teknologi mutakhir nam mewah. Untuk pasar Indonesia sendiri, memang sangat potensial dalam SUV, maka tidak heran jika BMW X1 2018 akan menjadi teman keseharian masyarakat perkotaan di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak review mobil lainnya

Review mobil serupa

  • Review BMW 3 Series 2019: Peningkatan Fitur Seri 3 yang Ikonik

    31/12/2018| Padli Nurdin

    Review BMW 3 Series 2019: Peningkatan Fitur Seri 3 yang Ikonik

    Diluncurkan pada Paris Motor Show 2018, BMW 3 Series 2019 atau versi sedang merupakan generasi ketujuh dari BMW Seri 3 yang ikonik. Menggantikan model tujuh tahun dan memperkenalkan bahasa desain baru, generasi terbaru memiliki teknologi paling canggih dengan mesin yang sudah diperbarui.

  • Review BMW X1 2018: Siap Menjadi SUV Paling Laris

    09/09/2018| Metodius Getan Plue

    Review BMW X1 2018: Siap Menjadi SUV Paling Laris

    BMW, apa yang terfikirkan dibenak Anda ketika mendengar brand tersebut? Mewah, elegan, dan identik dengan sedan. Jika semua itu yang ada di kepala Anda, maka impresi tersebut benar, namun pada perkembangannya, BMW telah melahirkan beberapa SUV, salah satu yang sangat terkenal dan cukup laris adalah BMW X1.

  • Review BMW 530i 2017

    24/08/2018| Metodius

    Review BMW 530i 2017

    Secara porsi kelas sedan premium diatas Rp 1milliar tidak terlalu besar, salah satu yang membuat mobil ini semakin sempit potential buyernya adalah dari sisi harga yang membedakan mobil ini dengan sedan biasa yang ada di Indonesia. Mengetahui hal itu pada 2017 BMW Indonesia tetap menghadirkan sedan bisnis andalannya yaitu BMW 530i.

International