Ferrari Tampilkan Satu-Satunya 166MM/ 212 Export "Uovo" di Concours of Elegance

30/07/2018| Padli Nurdin

166MM/ 212 Export "Uovo" merupakan satu diantara mobil-mobil yang jarang terlihat di jalanan bahkan di pameran-pameran internasional. Hanya ada satu unit yang diproduksi sebagai hasil rancangan Count Giannino Marzotto untuk menjadi mobil balap terbaik di zamannya. Karena memiliki desain yang lonjong, mobil ini dikenal dengan nama ‘Uovo’, atau telur.

Gambar yang menunjukan mobil klasik Ferrari Uovo dari depan

Ferrari 'Uovo' merupakan salah satu mobil paling jarang terlihat publik

Uovo merupakan hasil buah pikir Giannino yang menemukan bahwa mobil buatan Ferrari terlalu berat dan tidak efisien. Berkat penggunaan Dralumin, paduan alumunium yang dicampur dengan tembaga, bodi Uovo jauh lebih ringan dibandingkan Ferrari standar. Tujuannya adalah menciptakan tubuh yang lebih aerodinamis dan efisien.

>>> Desakan berdatangan, Toyota mulai pikirkan pembaharuan Avanza

Klaim tersebut bukan tanpa sebab. Masalahnya, mobil ini terinspirasi dari pengetahuan tentang aeronautika, yaitu cabang ilmu yang mempelajari tentang pembuatan mesin berkemampuan terbang atau pesawat terbang yang dimiliki oleh sang perancang mobil, Franco Reggiani.

Gambar yang menunjukan mobil lawas Ferrari Uovo berwarna biru

Desain aerodinamis lebih maju dibandingkan mobil lain pada masanya

>>> Ingin membeli mobil lawas? Dapatkan beragam informasinya hanya di sini

Dibuat hampir 150 kilogram lebih ringan dari Ferrari yang serupa pada masa itu, Uovo menjadi salah satu raja kompetisi balap pada masanya. Sang legenda mengumpulkan sejumlah trofi dari kemenangannya di sejumlah trek, salah satunya menjadi yang pertama dalam Giro della Toscana tahun 1951.

Gambar yang menunjukan mobil Uovo yang memenangkan kompetisi

Uovo memenangkan berbagai kompetisi balap pada masanya

Uovo akan menjadi ujung tombak Ferrari dalam pameran mobil langka dan ikonik selama Concours of Elegance diselenggarakan tahun ini di London, 31 Agustus-2 September.

>>> Informasi pasar mobil paling lengkap hanya ada di sini

"The Concours of Elegance adalah tentang menyatukan mobil paling langka dan paling luar biasa di dunia dalam salah satu pameran paling indah di Inggris," kata Concours of Elegance Director, Andrew Evans. "Jelas, Ferrari dan garis panjang ikonnya akan selalu mendapat tempat di Concours, tapi saya benar-benar senang dengan kualitas yang akan kami tampilkan."

Gambar yang menunjukan bagian dalam mobil lawas Ferrari Uovo

Bagian dalam 166MM/ 212 Export "Uovo"​

Selain Uovo, Ferrari juga akan memajang Ferrari 250 GT SWB Berlinetta Scaglietti tahun 1962; Long-nose Ferrari 25GTB; salah satu dari 357 L-Series awal Dino 246 GT, menandai 50 tahun sejak peluncuran pertama mobil; dan 2018 Ferrari GTC4Lusso dari program "Tailor Made" ala Ferrari.

>>> Berbagai berita unik seputar dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International