Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

16/09/2018 Metodius Getan Plue Review Mclaren

Melihat MPV, SUV atau sedan melintas dijalan raya itu sudah sering, namun apakah Anda pernah melihat hypercar? Ada salah satu model yang cukup menggugah selera para pecinta kecepatan, salah satunya adalah McLaren Senna. McLaren salah satu brand dunia yang identik dengan mobil cepat, banyak keluaran dari McLaren menjadi raja jalanan dan raja sirkuit balap.

1. PENGANTAR MCLAREN SENNA 2018

Review McLaren Senna 2018 - Salah satu varian ternyararnya adalah McLaren Senna 2018, mobil ini sangat unik, pasalnya mewarisi tahta dan aura kecepatan dari sang legenda balap F1. Bagi Anda yang akrab dengan dunia balap F1, pasti kenal dengan nama Ayrton Senna. Namun bagi yang belum mengetahuinya, pembalap ini adalah salah satu yang senior dan tercepat dalam lintasan balap F1.

McLaren Senna 2018 Mengukuhkan Nama Legenda F1 Ayrton Senna

Ayrton Senna dalam lintasan balap F1

Ayrton Senna bergabung dengan McLaren di tahun 1988, dan langsung menjadi pembalap terbaik dari tim Formula 1 asal Woking. Hebatnya, melalui kerjasamanya dengan tim McLaren, Ayrton Senna berhasil meraih tiga gelar juara dunia dengan 41 lomba mampu dimenangkannya. Kini dan selamanya Ayrton Senna akan tetap dikenang sebagai salah satu pembalap terbesar F1. Bahkan yang terbaru adalah, kesepakatan antara McLaren dengan keluarga Senna semakin baik, dan membuahkan hasil yaitu perijinan nama Senna digunakan dalam salah satu mobil keluaran Britania Raya ini. Mobilmo.com akan secara spesifik membahas seputar McLaren Senna 2018, jadi simak reviewnya sampai habis.

2. EKSTERIOR MCLAREN SENNA 2018

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah McLaren Senna mengambil basis yang sama pada McLaren 720S. Hypercar tidak sembarangan dirangcang, bahkan ketika melakukan desain, para desainernya pun mempunyai maksud dari setiap lekukan dan detail eksterior yang ada. Sebagai contoh, hypercar selalu memiliki ciri khas, terutama McLaren yang selalu menghadirkan detail pengaliran udara dan menghasilkan gaya tekan ke bawah sebanyak-banyaknya.

Review McLaren Senna 2018: Bagian Depan

McLaren Senna 2018 Dengan Desain Aerodinamika Modern

Keunikan aerodinamika tercermin di bagian depan McLaren Senna 2018

Bahasa desain McLaren Senna 2018 begitu agresif dan berbeda dari saudaranya yaitu McLaren 720S. Di sisi depan ini kita sangat mudah menemukan detail aerodinamika yang begitu rumit, salah satunya di moncong bagian depan. Dari bentuk, ketika kita melihat dari bagian paling tengah mobil, McLaren Senna semakin ke depan semakin merendah. Desain dan keunikan bentuk ini lahir dari buah pemikiran para desainer dan setiap orang yang mencurahkan segala sesuatunya pada unsur aerodinamika. Satu hal yang mencolok, pada bagian bawah depan terdapat ventilasi udara yang besar guna memberikan udara yang cukup.

Review McLaren Senna 2018: Bagian Samping

McLaren Senna 2018 Punya Bukaan Pintu Vertikal

Bagian samping dengan tambahan kaca disisi pintu mobil

Kami akan ajak Anda ke bagian samping McLaren Senna 2018, banyak keunikan dan pemikiran out of the box dibagian ini. Pertama, khas mobil cepat masa kini, McLaren Senna 2018 memiliki bukaan pintu yang tidak biasa, pada mobil mainstream bukaan pintu ke samping, namun tidak dengan McLaren Senna 2018 yang bukaan pintunya ke atas, selain unik dan mewah, cara bukaan pintunya membuat mobil ini semakin berkelas. Tepat di sisi pintu, ada kaca transparan yang berfungsi untuk memberikan efek sempit dalam kabin, fitur ini kami rasa mirip dengan fitur panoramic roof yang akan memberikan kesan luas. Desain pelek yang tidak biasa juga ditampilkan, ban Pirelli P Zero Trofeo R ini sangat unik, ukurannya pun besar 245/35Z R19 (ban depan), 315/30Z R20 (ban belakang).

Review McLaren Senna 2018: Bagian Belakang

McLaren Senna 2018 Memiliki Sayap Belakang Dengan Carbon Fiber

Sayap begitu besar disisi belakang dari Mc Laren Senna 2018

Pertama kita bahas yang paling mencolok adalah pipa knalpot yang ada di bagian belakang merupakan yang paling terendah dari setiap mobil jalanan McLaren, 18 cm lebih rendah dari pada model Super Series. Sayap belakang begitu kental, berbahan carbon fiber dengan pengoperasian hidrolik serta memiliki berat 4,87 kg, tetapi mampu menahan lebih dari 100 kali bobot dirinya sendiri. Selain itu penyempurnaan bobot juga mengesankan, bukan menjadi lebih berat, namun sebaliknya malah menjadi ringan, wow hebat bukan? Bobot ringan ini dihasilkan karena penggunaan Monocage III yang terdiri dari bahan berkualitas yaitu serat karbon dan dibalut lagi dengan serat karbon kembali. Sasis ini pengembangan dari mobil McLaren 720S, selain lebih ringan rangka ini juga kuat bahkan terkuat untuk mobil jalanan yang pernah dibuat McLaren.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR MCLAREN SENNA 2018

Review McLaren Senna 2018: Kabin

McLaren Senna 2018 Memiliki Kabin Khas Seperti Mobil Balap F1 Sungguhan

Tombol star/stop engine berada dilangit kabin

Ketika berada di dalam kabin, kesan kami adalah mobil ini sangat minim ruang, namun point positifnya adalah dapat memberikan posisi berkendara yang begitu presisi mulai dari posisi duduk, visibilitas kedepan hingga nuansa sport yang akan memancing adrenalin si pemegang kemudi. Jangan bingung untuk mencari mana tombol start/stopnya, karena tidak akan ditemukan pada sisi dashboard, namun akan ditemukan pada langit-langit bagian tengah kabin.

Review McLaren Senna 2018: Kursi

McLaren Senna 2018 Punya Jok Berbahan Carbon Fiber

Kursi McLaren Senna pas dengan postur tubuh pengemudi dan penumpang

Mengenai posisi duduk yang telah disinggung dipembahasan interior awal, kami tidak memiliki komplain dari segi kepraktisan khas balap. Kursi memiliki material kulit berkelas serta spek touring pada jok carbon fiber. Tidak lupa untuk menambah kenyamanan dan memacu jantung ada 7-speaker ultra ringan dari Bowers & Wilkins yang dapat memberikan kualitas suara terbaik dengan bass menggelegar.

Review McLaren Senna 2018: Dashboard

McLaren Senna 2018 Memiliki Dashboard Yang Berotor

Dashboard bertingkat nan kompak dari McLaren Senna 

Posisi dashboard yang kompak, tidak begitu banyak embel-embel tidak perlu, namun tetap sporty dengan beberapa desain kisi AC, hingga head unit. Dashboard ini memiliki desain yang begitu berotot, banyak sekali material carbon fiber dalam dashboard hingga pintu. Ada juga material Alcantara melapisi airbag samping yang membuat mobil ini bukan hanya sporty namun tetap mahal.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR MCLAREN SENNA 2018

Fitur kelengkapan keselamatan dari McLaren Senna 2018 kami nilai sangat baik. Terlebih mobil ini memiliki airbag yang menyelimuti hampir seluruh penumpang diberbagai sisi, mulai dari depan, atas hingga bagian samping. Selain itu McLaren Senna memiliki sistem pengereman yang paling canggih diantara mobil jalanan McLaren, semua dilengkapi dengan sistem rem cakram CCM-R carbon ceramic sehingga pengereman jauh lebih sempurna.

5. OPERASI MCLAREN SENNA 2018

McLaren Senna 2018 dirancang untuk menjadi raja jalanan, baik di lintasan maupun jalan publik biasa, untuk memenuhi target tersebut McLaren dibekali degan mesin V8 4.0 liter twin-tubro, mesin ini dapat memberikan tenaga hingga 800 PS dan torsi puncak 800 Nm. Catatan menarik mengenai akselerasinya ada disini, McLaren Senna 2018 hanya membutuhkan waktu 2.8 detik untuk mencapai 100 km/jam, lalu 6.8 detik untuk mencapai 200 km/jam serta 17.5 detik umtuk menempuh 300 km/jam. Semua ini berkat kerjasama yang baik antara penghasil tenaga yaitu mesin dengan transimi dual-clutch 7-speed sebagai penyalur tenaga.

>>> Klik sini untuk cek harga mobil lainnya serta promosi yang sangat menarik

6. SPESIFIKASI MCLAREN SENNA 2018

Pada tabel dibawah, Mobilmo.com telah menyuguhkan spesifikasi resmi McLaren Senna 2018.

Spesifikasi McLaren Senna 2018

Performa

0-100 km/jam

2.8 detik

0-200 km/jam

6.8 detik

0-300 km/jam

17.5 detik

Downforce maksimum

800 kg

Mesin

Tipe

M840TR V8 twin turbo

Kapasitas

3,999 cc

Tenaga Maksimum

800 PS (789 dk)

Torsi Maksimum

800 Nm

Pengereman

200-0 km/jam

100 m

Efisiensi

Power to weight

668 PS per ton

Bobot

Bobot kering

1.198

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MCLAREN SENNA 2018

Beberapa kelebihan dan kekurangan McLaren Senna 2018 sudah Mobilmo.com simpulkan pada tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain atraktif

Tidak cocok untuk meladeni jalan raya Indonesia

Mewarisi citra pembalap F1 dengan nama Senna

Relatif sebagai mobil koleksi dan minim penggunaannya di Indonesia

Mesin V8 dengan performa paling kencang

Brand McLaren belum sekuat Ferrari di Indonesia

Dimensi besar namun bobot tetap lebih ringan

 

8. DAFTAR HARGA MCLAREN SENNA 2018

Mobilmo.com memperoleh info McLaren Senna 2018 mulai diproduksi pada kuartal ketiga tahun 2018 ini, dan siapa sangka produksinya dibatasi yang hanya 500 unit saja. Soal harga spesifik kami dapatkan sekitar 750.000 Poundsterling jika dikonversikan ke IDR sekitar Rp 13 Miliar.

9. VIDEO MCLAREN SENNA 2018

10. KESIMPULAN MCLAREN SENNA 2018

Memiliki hypercar menjadi kebanggaan tersendiri, selain modelnya begitu berbeda dari mobil kebanyakan, biasanya harganya pun selangit. Terlebih lagi McLaren Senna hanya diproduksi sekitar 500 unit saja di dunia, so apakah Anda ingin menjadi salah satu pemiliknya?

>>> Ingin membeli mobil? Jangan lupa klik sini utnuk simak informasi terkait mobilnya dulu

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda Amaze 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    10/07/2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019
    Review Toyota Arfian Alamsyah

    Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

    08/07/2019

    Meski masih mengandalkan dapur pacu lawas bawaan Camry generasi sebelumnya, namun dengan konsep rancang bangun anyar TNGA, mampukah mobil ini memikat hati kami? Inilah Review Dan Test Drive All New Toyota Camry 2.5 V AT 2019

  • Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    Review Mitsubishi New Triton 2019 : Mobil Double Cabin Tampil Semakin Menarik

    04/07/2019

    Kabar baik yang datang dari pihak Mitsubishi, yang mana mobil terbarunya New Triton 2019 baru saja dihadirkan di Indonesia pada tanggal 2 Juli 2019. Tentunya hal ini membuat para konsumen dan masyarakat yang menantikannya merasa bahagia dan ingin segera melihatnya secara langsung. Untuk mengurangi sedikit rasa penasaran sobat semua, kali ini kami berikan informasi tentang Review Mitsubishi New Triton 2019.