Review Daihatsu Sirion 2020: Tampilan Lebih Modis Dengan Fitur Lengkap

25/07/2020| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU SIRION 2020

Review Daihatsu Sirion 2020 – Sebelumnya pihak Daihatsu menghadirkan Ayla, ternyata ikut dihadirkan pula new Daihatsu Sirion 2020. Yang mana mobil tersebut merupakan sebuah Hatchback yang cukup digandrungi oleh kalangan anak muda. Untuk generasi terbarunya ini, perubahan dilakukan cukup strategis sehingga akan lebih kompetitif dalam menggaet para anak muda dan juga kalangan millennial. Memang mobil ini tetap terlihat minimalis, akan tetapi tampilannya jadi lebih segar.

Untuk desain, pembaruan berfokus di bagian aksesoris eksterior dan juga terdapat fitur baru yang ditambahkan. Alhasil mobil tersebut jadi lebih praktis dan menghasilkan pengendaraan yang menyenangkan. Lantas bagaimana dengan spek, fitur dan kelebihan yang dimiliki? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya dalam spesifikasi new Daihatsu Sirion 2020.

2. EKSTERIOR DAIHATSU SIRION 2020

Review Daihatsu Sirion 2020: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Sirion 2020

Tampilannya lebih sporty berkat penggunaan body kit

Jika melihatnya dari segi tampilan, maka mobil ini tidak begitu berbeda dengan generasi sebelumnya. Untuk tampilan berbeda terletak pada pemberian body kit yang menjadikannya tampil lebih sporty. Sementara di bagian depannya ini diberikan lips spoiler yang dibuat dengan dimensi yang lebih tebal. Jika diperhatikan dengan seksama, maka mobil terbarunya ini mirip dengan mobil yang pernah diperkenalkan dalam edisi terbatas dalam acara Gaikindo Indonesia International Show 2019 yakni Sirion SE.

Review Daihatsu Sirion 2020: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Daihatsu Sirion 2020

Side skirt warna hitam menjadikan tampilannya lebih menarik

Melihat bagian samping juga tampak senada, yang mana side skirt diberikan pada mobil ini dengan menggunakan model terbaru. Dari segi ukuran lebih tebal sehingga membuat bagian samping terlihat padat dan berisi. Tampilannya juga lebih menarik berkat penggunaan warna hitam di bagian side skirtnya. Desain tersebut dipadukan dengan penggunaan pelek yang dibekali dengan finishing polish dengan ukuran velgnya adalah 15 inci.

Review Daihatsu Sirion 2020: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Sirion 2020

Bagian belakang tampak keren dengan desain yang diberikan

Berlanjut ke sektor buritan, yang mana terlihat lebih modern dan nuansa sporty juga semakin tampak berkat penggunaan bumper yang diberi warna hitam. Selain itu, pihak Daihatsu juga memberikan bagian belakangnya ini rear spoiler. Hal menarik lainnya yaitu pengaplikasian tampilan rear blackout yang terdapat di bagian plat nomor menjadikannya lebih keren. Berkat hal tersebut ternyata juga bisa membuat sisi keamanan lebih meningkat karena mudahnya dilihat pada bagian plat nomor.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR DAIHATSU SIRION 2020

Review Daihatsu Sirion 2020: Bagian Kokpit Depan

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Sirion 2020

Dashboard masih sama dengan model sebelumnya

Di bagian dashboard tidak terdapat perubahan, begitupun pada jok mobil dan kemudinya. Akan tetapi untuk kenyamanan tetap optimal khas mobil Sirion. Tampilan dari dashboardnya tampak ergonomis berkat penggunaan panel instrumen yang bisa dijangkau dengan mudah dan kemudi mobil nyaman ketika digenggam sehingga menjadikannya begitu fungsional.

Ditambah lagi adanya fitur tilt steering menjadikan kenyamanan semakin bertambah saat mengemudikan mobil Daihatsu Sirion 2020. Untuk jok mobil bagian depan menggunakan material bahan fabric yang nyaman ketika diduduki meskipun untuk orang yang mempunyai tubuh bongsor.

Review Daihatsu Sirion 2020: Bagian Kabin Belakang

Gambar ini menunjukkan jok belakang mobil Daihatsu Sirion 2020

Jok mobil nyaman meskipun menggunakan material bahan fabric

Untuk kabin belakang Daihatsu Sirion 2020 juga tidak mendapatkan ubahan apapun. Akan tetapi kenyamanan tetap bisa dirasakan dengan optimal. Hal tersebut seperti penggunaan layout bagian interior yang mempunyai lantai rata dan juga rendah. Tidak hanya itu saja, head room dan legroom juga lega sehingga kenyamanan jadi bertambah.

Bahkan seat hanger tetap dipertahankan supaya bisa menggantung pakaian ataupun barang dengan lebih murah di bagian jok belakang. Penempatan seat hanger juga pas, apalagi saat dilakukan pelipatan hampir rata dengan jok mobil sehingga kenyamanan penumpang belakang sehingga penumpang belakang tidak terganggu.

>>> Baca Juga :

4. FITUR DAIHATSU SIRION 2020

Review Daihatsu Sirion 2020: Fitur Keselamatan

Daihatsu Sirion 2020 dibekali dengan fitur keselamatan yang terbilang lebih lengkap. Adapun beberapa fitur yang disematkan seperti ABS, EBD yang bisa membuat kinerja sistem pengereman lebih maksimal ketika sedang diberi muatan penuh, 2 airbags di depan, kontrol traksi, stabilitas dan juga sepasang side airbag. Dengan sistem keselamatan tersebut saat terjadi benturan dari arah samping akan lebih terproteksi.

Gambar ini menunjukkan Head unit mobil Daihatsu Sirion 2020

Fitur cukup lengkap untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan

Review Daihatsu Sirion 2020: Fitur Kenyamanan Dan Hiburan

Sementara di bagian head unit menggunakan double DIN yang dapat dipakai untuk mengoperasikan fitur DVD, USB, Bluetooth, Mirror Link serta telah layar sentuh. Terdapat pula fitur masa kini yang diberikan seperti  kamera dan sensor mundur, engine start/stop button yang sudah keyless entry, headlamp leveling adjuster, front corner sensor, pendingin ruangan with pengaturan digital dan kaca spion yang sudah retractable.

>>> 10 Tahun Berturut-turut Daihatsu Jadi Runner Up Mobil Terlaris di Indonesia, Ini Rahasianya​

5. OPERASI DAIHATSU SIRION 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Sirion 2020

Akselerasi lebih halus dan bahan bakar lebih efisien

Selanjutnya pada bagian performa, yang mana mesin Daihatsu Sirion 2020 memiliki kode 1NR-VE dengan kapasitas 1.300 cc. Dibandingkan mesin terdahulunya, performa yang dimiliki lebih mumpuni begitupun keefisienan bahan bakar yang lebih optimal. Mengandalkan mesin tersebut tenaga yang dapat dihasilkan adalah 95 Hp dan torsi puncaknya adalah 122 Nm. Bahkan akselerasi yang dimiliki Sirion sangat khas yaitu kuat saat berada di putaran bawah sampai menengah dan saat ini jadi lebih halus. Dengan hal tersebut membuat power brand yang dimiliki saat putaran menengah sampai atas terbilang lebih baik. Tenaga dan mesin disalurkan ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi otomatis 4 speed.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Daihatsu Sirion

6. SPESIFIKASI DAIHATSU SIRION 2020

Berikut ini tabel spesifikasi Daihatsu Sirion 2020 :

DIMENSI

Panjang

3.895 mm

Lebar

1.735 mm

Tinggi

1.525 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.500 mm

Kapasitas Tangki

 36 Liter

Jarak Pijak Roda Depan & Belakang

1.475 mm & 1.465 mm

Radius Putar Minimum

 5,1 Meter

MESIN

Seri mesin

1NR-VE DOHC, Dual VVT-i

Tenaga Maksimum

95 Hp @ 6,000 rpm

Torsi Maksimum

 120 Nm @ 4,200 rpm

Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Silinder

 1,329 cc

Bore X Stroke

72,5 mm X 80,5 mm

KAKI-KAKI

Ukuran Velg

15 inci

Ban

 185/55 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU SIRION 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sirion 2020 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dikelasnya mobil ini mempunyai dimensi kabin yang lapang

Popularitas yang dimiliki masih kalah dengan Honda Jazz ataupun Toyota Yaris

Dibekali dengan fitur yang lengkap terutama untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan

Dengan adanya Drive by Wire maka ada kompensasi sedikit pada saat melakukan akselerasi di putaran bawah

Konsumsi bahan bakar cukup efisien

Bahan material pada jok mobil masih menggunakan fabric

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU SIRION 2020

Berikut ini merupakan daftar harga mobil Daihatsu Sirion 2020 :

TIPE

HARGA

New Daihatsu Sirion M/T

Rp. 200.100.000

New Daihatsu Sirion A/T

Rp. 214.850.000

9. VIDEO DAIHATSU SIRION 2020

10. KESIMPULAN DAIHATSU SIRION 2020

Bagi Sobat yang berniat membeli sebuah mobil Hatchback selain Toyota Yaris dan Honda Jazz maka bisa memilih Daihatsu Sirion 2020. Harganya terbilang terjangkau dan mempunyai performa mumpuni serta kualitas dan fitur yang kompetitif. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga sangat cocok dipakai oleh anak muda yang ingin berpenampilan dinamis. Nama brand juga kuat sehingga mudah dalam hal perawatan, kemudahan mendapatkan aksesoris juga menjadi nilai plus karena lebih mudah dalam melakukan modifikasi.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    16/10/2020| Abdul

    Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    Pada tahun 2000 an terdapat mobil yang mempunyai harga murah. Memang pada kala itu belum ada yang namanya mobil LCGC yang sekarang terkenal akan konsumsi bahan bakar yang hemat dan ramah lingkungan. Mobil murah tersebut adalah Daihatsu Ceria 2003, seperti apa spesifikasinya?

  • Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    23/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    Bila Sobat mencari kendaraan dalam segmen SUV yang mempunyai harga menarik maka Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 bisa dijadikan salah satu pilihan. Mobil ini mempunyai mesin bertenaga dan harganya juga terjangkau.

  • Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    17/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    Mobil murah menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mobil baru tapi harga terjangkau. Ya benar, Sobat bisa membeli mobil Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020. Solusi mobil pertama dengan budget yang terjangkau di Indonesia.

International