Spesifikasi Mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021 : Performa Dan Fitur Mumpuni

18/06/2021| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Sebuah mobil yang dihadirkan pihak Daihatsu bersamaan dengan Toyota Raize, masuk dalam segmen Small SUV mobil ini siap memberikan yang terbaik kepada masyarakat di Indonesia. Daihatsu Rocky dihadirkan dalam 5 varian yakni Rocky 1.0 R TC CVT ADS, Rocky 1.0 R TC CVT ASA, Rocky 1.0 R TC MT ADS, Rocky 1.0 R TC CVT dan Rocky 1.0 R TC MT.

Jika melihat beberapa varian tersebut, untuk mobil yang kita bahas terdapat 2 pilihan transmisi yakni manual dan CVT dengan perbedaan harga cukup lumayan. Nama ADS sendiri merupakan singkatan dari Astra Daihatsu Styling dan pihak Daihatsu tidak memberikan fitur ASA di dalamnya. Lantas apa keunggulan mobil ini dan bagaimana spesifikasinya? mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Sisi Depan Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Tampilan depan tampak agresif yang khas pada kendaraan SUV

Pada saat melihat bagian depan akan dihadapkan dengan grill single frame yang menggunakan palang black glossy. Pada Di bagian ini juga dibekali lis krom yang memancarkan aura kemewahan dipadukan dengan garis merah di atasnya. Tampilan depannya ini terlihat agresif berkat penggunaan garis-garis yang tegas. Di bagian headlamp sudah mengandalkan LED, hanya saja untuk DRL belum diberikan pada mobil ini.

Pada bagian bumper terdapat dudukan plat nomor bagian tengan dengan rumah foglamp warna hitam dan menggunakan crystal multi reflector halogen. Aura berbeda juga terlihat pada mobil ini, dimana pada varian ADS diberikan front skid plate yang menggunakan warna silver.

Sisi Samping Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan bagian samping Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Sebuah kendaraan yang mempunyai desain kompak dan gagah

Pada bagian samping akan tampak sebuah small SUV yang terlihat gagah. Salah satu keunggulan pada mobil ini di bagian samping adalah pemberian side body moulding with ADS emblem dan juga side stone guard dengan warna silver. Ciri khas SUV juga diberikan pada sisi ini yakni add on oven fender dengan warna hitam doff.

Kemudian di bagian velg mendapatkan new 17" polished alloy wheel design. Spion mobil untuk yang model two tone menggunakan warna black glossy dipadukan dengan handle pintu yang mengandalkan warna krom.

Sisi belakang Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Tampilan belakang menunjukkan kelapangan di dalam kabin mobil

Menuju ke sektor belakang, bagian atap terdapat antena model shark fin yang berpadu dengan spoiler yang dibekali high mount stop lamp. Konsep yang diberikan adalah kaca belakang yang dibuat menyatu dengan pilar D sehingga membuat mobil ini terasa lapang. Kesan modern juga tampak dengan adanya lampu belakang yang dibuat panjang serta diberikan efek 3D. Tidak berhenti disitu saja, pada sisi bumper terdapat aksen warna hitam seperti tempat foglamp dengan warna hitam.

Di bawahnya terdapat reflektor dipadukan dengan rear skid plate yang menggunakan warna silver. Sementara untuk aksen warna krom diberikan pada emblem tulisan Turbo CVT dan Rocky. Terdapat juga pada logo Daihatsu bagian tengah dan garis yang menghubungkan pada sisi kanan dan kiri lampu belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Sisi Dashboard & Kemudi Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Dashboard mobil didesain modern dan atraktif

Menuju ke bagian dashboard, pada sisi kanan terdapat tombol stability control dipadukan dengan cup holder yang dapat disembunyikan dan kisi-kisi AC. Bahan material dashboard mobil menggunakan hard plastik yang menjadi standar pada mobil saat ini . Di bagian tengah cukup fungsional dan memanjakan pengemudi mobil. Ada head unit layar sentuh 9 inci yang mempunyai beragam fitur hiburan yang dapat mendukung perjalanan lebih menyenangkan.

Di bawahnya terdapat kisi-kisi AC dan pengaturan AC model digital yang belum dilengkapi dengan pengatur arah semburan ataupun auto climate control. Menariknya lagi adalah posisi konsol tengah yang dibuat lebih maju dan tinggi, dengan begitu bagian ini dapat berguna juga sebagai armrest. Untuk dashboard sebelah kiri terdapat airbag penumpang depan, kisi-kisi AC dan laci penyimpanan tertutup di bagian bawah. Kisi-kisi AC mobil mendapatkan aksen silver di sekelilingnya, begitupun di bagian door panel dan konsol tengah.

Setir mobil mengandalkan 3 palang yang diberikan beberapa tombol yang berguna untuk mengatur telepon, MID dan audio. Bisa juga digunakan untuk pengaturan digital meter cluster yang mendapatkan mode tampilan 4 jenis. Warnanya perpaduan antara hitam dan silver serta krom di bagian logo Daihatsu.

Jok Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan jok mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Jok menggunakan bahan fabric yang nyaman diduduki

Sektor jok mobil dapat digunakan untuk menampung 5 penumpang. Bahan material jok yang diandalkan adalah fabric yang siap memberikan kenyamanan selama duduk di dalam mobil besutan Daihatsu satu ini. Pengaturan kursi depan cukup lengkap dengan adanya height adjuster. Menuju ke bagian jok belakang, untuk legroom dan headroom cukup lapang yang dapat memberikan kenyamanan untuk penumpang belakang. Headrest diberikan pada setiap kursinya yakni 2 di depan dan 3 di belakang.

Sisi Bagasi Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Bagasi luas dapat membawa banyak barang bawaan

Jika melihat eksterior tentunya akan tampak sebuah mobil dengan bodi kompak. Namun kalau soal bagasi mempunyai kapasitas yang cukup luas, dimana kargonya mencapai 369L. Kemudian pada bagian lantai dapat dibagi sehingga terdapat 2 stage. Jok baris kedua dapat dilakukan pelipatan 60:40 sehingga saat ingin lebih luas dan jok belakang tidak ada yang menduduki bisa memanfaatkannya.

>>> Baca Juga:

4. FITUR DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan head unit Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Fitur hiburan mumpuni untuk mendukung kesenangan berkendara

Mobil besutan Daihatsu satu ini mendapatkan fitur hiburan yang cukup menarik yang berupa head unit multi fungsi. Adanya fitur pada Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021 tersebut membuat perjalanan lebih menyenangkan. Ukurannya adalah 9 ini dan dapat diintegrasikan dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara itu, fitur tersebut juga didukung dengan audio yang mempunyai kualitas yang baik. Speaker yang digunakan ada 2 tweeter dan 4 mid-speaker. Bahkan active subwoofer 8 inci hanya dikhususkan pada varian ADS yang posisinya berada di bagian bawah kursi depan.

Fitur lainnya yang diberikan pada mobil besutan Daihatsu ini adalah Sistem pengereman ABS dan EBD. Selain itu ada juga Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist yang dapat mendukung pengendaraan supaya lebih maksimal.

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

5. OPERASI DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021

Mesin dengan turbo lebih kenceng dan efisien

Berlanjut ke bagian performa, dimana mesin yang diberikan oleh Daihatsu pada mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021 mempunyai kode 1KR-VET 1.0L 3 silinder segaris yang sudah dibekali dengan turbocharger. Selain itu, teknologi yang diberikan adalah VVT-i, torsi maksimal yang dapat dihasilkan oleh mesin tersebut adalah 140 Nm dan tenaga maksimalnya mencapai 97 Hp. Torsi dan tenaga disalurkan ke bagian roda depan mengandalkan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission). Sedangkan yang varian transmisi manual menggunakan 5 speed. Mesin dapat diandalkan untuk memberikan yang terbaik kepada penggunanya karena mempunyai performa yang sangat mumpuni.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020: Mobil Daihatsu Harga 100 Jutaan

6. SPESIFIKASI DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021:

DIMENSI

Panjang

4.030 mm

Lebar

1.710 mm

Tinggi

1.635 mm

Kapasitas Tangki

36 Liter

Radius Putar

5,1 Meter

Jarak Sumbu Roda

2.525 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam Axle

Pelek

Alloy, 17 inci

Jenis Ban

Radial, 205/60 R17

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, VSC

MESIN

Seri mesin

1KR-VET 1.0L inline-3, turbo, intercooler, DOHC 12 katup VVT-i

Kapasitas Silinder

998 cc

Tenaga Maksimum

97 HP /6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 NM / 2.400-4.000 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Penggunaan turbo pada mesin 3 silinder membuat mobil lebih efisien dan dapat melaju lebih kencang

Pengaturan kemudi hanya tilt saja

Mempunyai fitur yang mumpuni siap memberikan kenyamanan dan menyenangkan selama perjalanan

Tidak diberikan teknologi Daihatsu A.S.A pada varian ADS

Desain atraktif terpancar pada bagian eksterior dan juga pada sisi interior

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Saatnya membahas tentang harga Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021. Harga per Juni 2021 dilansir dari laman resmi Daihatsu yaitu:

VARIAN

HARGA

Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS 2021

Rp. 246.200.000

Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT ADS 2021

Rp. 232.400.000

Nb.

  • Jika membeli versi dual tone akan ada tambahan Rp. 2.000.000
  • Untuk Special tone dual color, ada tambahan Rp. 3.500.000
  • Jika memesan special colour (Champagno Red, Shining Pearl White) ada tambahan biaya Rp. 1.500.000

9. VIDEO DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

10. KESIMPULAN DAIHATSU ROCKY 1.0 R TC ADS 2021

Pada mobil Daihatsu Rocky 1.0 R TC ADS 2021 tidak dibekali dengan teknologi Daihatsu A.S.A. Jika ingin mendapatkannya tentu harus memilih varian lain yang memilikinya, hanya saja dari segi harga terbilang lebih mahal. Meskipun begitu tinggal budget Sobat apakah mumuni atau tidak, jika mumpuni sangat disarankan memilih varian tertinggi. Tentunya dari segi kelengkapan lebih banyak sehingga perjalanan tambah menyenangkan. Varian yang kita bahas ini bukanlah varian terendah, karena masih ada lagi yang harganya lebih murah.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa