Spesifikasi Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021 : Tampilan Sporty Dengan Bagasi Luas

28/06/2021| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Daihatsu mempunyai nama besar di Indonesia, produk-produknya banyak diminati dan jaringan dealernya juga cukup banyak. Salah satu mobil baru yang dihadirkan adalah Rocky dengan masuk ke dalam segmen SUV kompak siap untuk menemani perjalanan pemiliknya. Sebelumnya varian 1.0 telah lebih dulu dihadirkan, nah untuk melengkapi jajarannya pihak Daihatsu kembali memperkenalkan varian 1.2 yang tentunya bisa menjadi salah satu pilihan buat masyarakat Indonesia.

Pada bagian transmisi terdapat beberapa pilihan yakni CVT dan juga manual yang bisa disesuaikan dengan selera. Jadi setiap orang mempunyai kesukaan sendiri-sendiri, ada yang suka menggunakan mobil manual dan ada juga yang ingin lebih mudah dalam pengendalian yaitu mobil matic. Untuk lebih jelas mengenai spesifikasi dan hal lainnya tentang mobil tersebut mari kita simak informasinya.

2. EKSTERIOR DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Sisi Depan Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Sisis depan tampil agresif dan gagah

Pada bagian depan tampak sebuah grill dengan ukuran cukup besar dengan add on warna krom dan bagian atasnya terdapat lis warna merah. Sementara di bagian head lamp tidak memiliki DRL. Lampu utama menggunakan LED multi reflektor dipadukan dengan fog lamp kristal multi reflector halogen pada bagian bumper. Pada varian ADS dalam pembahasan kali ini telah dibekali dengan front skid plate yang mengandalkan aksen warna silver. Di bagian bumpernya terdapat kisi-kisi model trapesium yang dapat membantu proses pendinginan mesin mobil.

Sisi Samping Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping dan depan Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Mobil SUV tangguh terlihat kekar

Menuju ke sektor samping Rocky 1.2 X ADS. Karakter mobil SUV terpancar dengan diberikannya overfender yang menggunakan warna hitam doff. Tampilannya cukup stylish siap menemani pemiliknya. Di bagian atas kaca samping terdapat talang air yang dapat melindungi pengendara dan penumpang saat musim hujan saat membuka kaca mobil.

Handle pintu menggunakan sewarna bodi begitupun pada bagian spion dan pada bagian pilar A di black out. Untuk velg menggunakan finishing warna silver ukuran 16 inci. Di bagian samping bawah terdapat side skirt guard warna silver dan juga side body moulding yang terdapat tulisan ADS.

Sisi Belakang Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Tampilan sporty dengan lekukan desain yang diberikan

Sektor buritan tidak kalah menarik, ketangguhan tampak pada bagian belakang Rocky varian 1.2. Pada bagian atasnya terdapat antena shark fin spoiler dengan high mount stop lamp dan rear wiper. Untuk stoplamp semua model sama dengan di bagian atas terdapat LED bar. Di bagian tengah lampu terdapat aksen krom yang dibuat sebagai penyambung lampu belakang dan logo Daihatsu. Emblem tulisan krom juga diberikan di sisi kiri yakni X Dual VVT-i CVT dan di sisi kanan tulisan Rocky.

Pada bagian bumper terdapat rear skid plate warna silver dipadukan dengan reflektor dan muffler sebelah kanan. Jadi pada varian ADS ini memang diberikan rear skid plate, front skid plate dan side stone guard.

>>> Baca Juga:.

3. INTERIOR DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Kabin Depan Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Gambar ini menunjukkan kabin depan mobil Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Perpaduan warna dan desain yang pas pada kabin depan

Pada saat masuk ke bagian kabin depan akan dihadapkan dengan door trim yang terdapat handle pintu warna krom dipadukan dengan power window auto pada sisi driver. Di Sisi kanan kemudi mobil terdapat tombol stability control dan kisi-kisi AC dengan lis silver dan dibaliknya ada lis warna merah. Untuk dashboardnya ini mengandalkan bahan material hard plastik yang merupakan standar pada kendaraan saat ini.

Pada sisi tengahnya dibekali dengan head unit layar sentuh yang sudah support Android Auto dan Apple CarPlay. Di bagian bawahnya terdapat kisi-kisi AC lis silver dengan tombol hazard pada bagian tengah. Pengaturan AC sudah menggunakan model digital namun belum auto climate. Sedangkan di bagian kiri terdapat airbag untuk penumpang depan, kisi-kisi AC lis silber & merah, cup holder dan tempat penyimpanan tertutup. Pada bagian atap terdapat sun visor yang dua-duanya sudah ada kacanya dipadukan dengan indikator passenger seatbelt. Di kabin depannya ini perpaduan warna hitam, silver dan merah.

Di bagian kemudi menggunakan perpaduan warna hitam dan silver. Palang sebelah kiri terdapat audio steering switch dan pengatur layar MID. Sedangkan pengaturan sebelah kanan digunakan untuk mengganti track. Pengaturan kemudi mobil hanya tilt saja dan belum telescopic.

Jok Mobil Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Gambar ini menunjukkan jok belakang Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Jok nyaman setiap kursi dibekali headrest adjustable

Jok bagian depan menggunakan kombinasi antara warna hitam dan merah yang juga dilengkapi dengan headrest. Pengaturan jok pengemudi standar dan belum diberikan height adjuster. Sementara untuk kabin belakang terdapat seatbelt pocket di belakang jok penumpang depan. Jok belakang tidak ada lis warna merah seperti di bagian depan. Bagian ini mendapatkan 3 headrest adjustable dan dapat diatur reclining.

Bagasi Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Di bagian bagasi terlihat luas dan diberikan cargo net yang menjadi ciri khas dari Daihatsu. Di bagian bawah bagasi terdapat ban cadangan dengan velg model kaleng. Untuk pembatasnya dapat diturunkan supaya saat membawa barang lebih tinggi bisa masuk. Jika ingin lebih luas bisa melipat jok bagian belakang dengan pelipatan 40 sebelah kanan dan kiri 60 dilakukan dari arah belakang.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Gambar ini menunjukkan bagian bagasi belakang Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Bagasi lega dengan cargo dan sekat yang bisa diturunkan

Menuju ke bagian fitur Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021, pihak Honda memberikan fitur power mode, Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Pada bagian instrument clusternya telah menggunakan model digital. Salah satu yang menarik adalah adanya subwoofer yang posisinya di bagian bawah jok pengemudi mobil.

Untuk memberikan keamanan dan keselamatan, mobil inni telah diberikan sistem pengereman ABS. Tidak hanya itu saja, airbag penumpang depan dan untuk pengemudi juga diberikan supaya dapat mengurangi resiko cedera parah ketika terjadi kecelakaan.

Untuk perjalanan lebih menyenangkan, mobil  ini dibekali dengan head unit yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM, Media, Bluetooth Android Auto dan Apple Carplay. Yang menarik adalah head unit tersebut juga dijadikan sebagai layar kamera mundur yang bisa memudahkan pengendara ketika akan melakukan parkir.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020: Mobil Daihatsu Harga 100 Jutaan

5. OPERASI DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021

Mesin bertenaga dan hemat konsumsi bbm

Di bagian performa pihak Daihatsu memberikan mesin Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021 dengan kode WA-FE yang berkonfigurasi 3 silinder berkapasitas 1198 cc. Mengandalkan mesin tersebut mobil ini bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 88 Ps dan torsi puncaknya mencapai 112,7 Nm. Menariknya lagi adalah, mesin yang dipasangkan tersebut tergolong baru yang mengandalkan 12 katup DOHC Dual VVT-i. Mesin yang diberikannya tersebut hemat konsumsi bahan bakar dan mempunyai tenaga yang mumpuni.

Dalam konferensi pers pihak Anjar Rosjadi selaku Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebutkan, "Kita sudah melakukan pengujian dengan melakukan perjalanan di kondisi jalan di Indonesia, jalan raya, jalan umum, di mana pencapaian konsumsi bahan bakar Rocky 1.2 bisa mencapai 18-19 km/liter,".

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021:

DIMENSI

Panjang

4.030 mm

Lebar

1.710 mm

Tinggi

1.635 mm

Wheel Base

2.525 mm

Ground Clearance

200 mm

HANDLING &SUSPENSI

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Tromol

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Struts/Torsion Beam

Ban

205/65/R16

Velg

Alloy/steel 16"

MESIN

Tipe

WA-VE tiga silinder 12 katup DOHC Dual VVT-i

Kapasitas Mesin

1.200 cc

Silinder

3 silinder

Kapasitas Tanki

36 liter

Tenaga Maksimal

88 PS/6.000 rpm

Torsi Maksimal

112,7 Nm/4.500 rpm

Jumlah Kursi

5

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021 menurut pandangan kami:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai fitur lengkap

Pengaturan kemudi hanya Tilt saja

Tampilan menarik dan mempunyai desain yang atraktif

Jok pengemudi belum ada pengaturan height adjuster

Bagasi luas terutama saat jok belakang dilipat

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Membicarakan soal harga yang ditawarkan, mobil ini dihadirkan dalam 3 pilihan tipe yakni X, R dan M. Setiap tipe punya beberapa varian, nah untuk informasi kali ini merupakan daftar harga Daihatsu Rocky tipe X. Berikut daftarnya yang dilansir dari laman resmi Daihatsu pada akhir Juni 2021:

VARIAN

HARGA

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT ADS

Rp. 223.100.000

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT

Rp. 215.100.000

Daihatsu Rocky 1.2 X MT ADS

Rp. 206.700.000

Daihatsu Rocky 1.2 X MT

Rp. 198.700.000

9. VIDEO DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

10. KESIMPULAN DAIHATSU ROCKY 1.2 X ADS CVT 2021

Daihatsu Rocky 1.2 X ADS CVT 2021 bisa dijadikan salah satu pilihan bagi masyarakat yang menginginkan sebuah mobil dengan fitur lengkap dan juga bertenaga. Bahkan Sobat bisa memilih mobil Rocky dengan tipe dan varian lain disesuaikan  dengan kebutuhan dan selera Sobat. Banyaknya pilihan juga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Namun jika punya dana lebih alangkah baiknya memilih tipe tertinggi karena lebih lengkap. Mobil ini masuk dalam segmen SUV kompak yang dapat menampung 5 penumpang. Jadi kalau hanya 1 keluarga masih cukuplah, namun jika ingin mengajak orang tua, mertua atau saudara maka mobil ini kurang pas.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

International