Review Daihatsu Sirion 2018 : Mobil Dengan Fitur Keselamatan Lengkap Dan Multimedia Mumpuni

18/09/2019 | Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU SIRION 2018

Sebelumnya di tahun 2017 penjualannya tergolong kecil sehingga membuat pihak Daihatsu melakukan pembenahan. Alhasil pada Februari 2018 akhirnya All New Daihatsu Sirion dihadirkan untuk meningkatkan penjualannya. Dari segi tampilan memang terlihat lebih dinamis dan juga elegan. Dibekali dengan beragam fitur yang cukup lengkap dan fungsional, membuat mobil ini patut dijadikan salah satu pilihan untuk melintasi jalanan di wilayah perkotaan.

2. EKSTERIOR DAIHATSU SIRION 2018

Review Daihatsu Sirion 2018 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Sirion 2018

Bagian depan terlihat modern dengan grille yang futuristik

Daihatsu Sirion 2018 mempunyai tampilan yang modern di bagian depannya. Hal tersebut tampak berkat penggunaan lampu yang mempunyai ukuran besar dan sedikit ke arah samping. Bahkan lampunya telah memakai LED dengan pengaturan otomatis sehingga dapat menghasilkan pencahayaan yang begitu menyeluruh. Di bagian grille terlihat futuristik berkat lekukan yang diberikan tampak presisi yang mengikuti alur dari lampu utama dan bodi.

Agar Daihatsu Sirion tampak lebih berkelas dan terlihat modern, kombinasi warna hitam doff pada bagian tengah dengan list yang memakai warna silver dengan dibuat sedikit gemuk. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesan mewah pada Sirion 2018. Logo Daihatsu tidak lupa disematkan pada bagian tengah yang membuatnya mudah dikenali.

Pada bagian bumpernya terkesan aerodinamis dengan adanya second grille yang terlihat besar. Selain itu, berkat ukurannya yang besar membuatnya tampak lebih gagah saat warna mobil yang dipilih adalah warna yang cerah. Untuk melengkapinya, pihak Daihatsu memberikan fog lamp yang sudah lengkap dengan rumahnya yang memakai warna silver sehingga tampilannya jadi lebih menarik.

Review Daihatsu Sirion 2018 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Daihatsu Sirion 2018

bagian samping tampak dinamis dengan desain yang diberikan

Berlanjut ke bagian samping Daihatsu Sirion 2018, yang mana terdapat garis yang tegas agar tampak lebih dinamis. Di bagian handle pintu terdapat guratan garis dan juga sedikit lekukan pada bagian bodi yang tipis agar lebih atraktif dan tidak tampak kopong. Bahkan di bagian spion sudah mengandalkan teknologi elektrik  sehingga mempermudah pengemudi dalam mengatur spion.

Review Daihatsu Sirion 2018 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping kiri Daihatsu Sirion 2018

Bagian belakang tampil sederhana dengan stop lamp  agak ke samping

Menuju ke buritan Daihatsu Sirion 2018, tampilannya begitu sederhana seperti kendaraan Hatchback pada umumnya. Sebenarnya untuk bagian ini tidak terlalu banyak kesan yang dimiliki. Bahkan menurut kami di bagian ini tidak ada yang spesial. Untuk bagian stop lamp didesain dengan ukuran yang besar agak ke arah samping. Bahkan di bagian tengahnya mendapatkan tambahan rear combination lamp untuk mengisi kekosongan dan juga sebagai penerangan tambahan pada bagian belakang. Terdapat rear bumper di bagian belakang Daihatsu Sirion 2018 yang ukurannya besar sehingga membuatnya tampak kokoh.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR DAIHATSU SIRION 2018

Setelah melakukan pembahasan di bagian eksterior, dilanjutkan ke bagian interior Daihatsu Sirion 2018. Yang mana untuk kabinnya mempunyai ruang yang mumpuni sebagai sebuah Green Car. Beragam fitur menarik ikut disematkan untuk membuat pengendara dan penumpang merasa nyaman di dalamnya.

Review Daihatsu Sirion 2018 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi Daihatsu Sirion 2018

Dashboard sederhana dengan kemudi ada fitur cruise control

Di bagian dashboard Daihatsu Sirion 2018 di desain sederhana dengan diberikan fitur hiburan berupa head unit yang dapat digunakan untuk mengoperasikan fitur infotainment. Pada model sebelumnya, bagian ini hanya bisa digunakan untuk mengoperasikan radio, CD player. Namun untuk versi terbarunya ini telah mendapatkan tambahan berupa GPS, USB, Aux input. Tidak hanya itu saja, dihadirkan pula 2DIN Audio System dan juga speaker yang terhubung ke bagian sistem menu di layar sentuh pada head unit.

Berlanjut ke bagian kemudinya, yang mana di bagian ini telah disematkan audio control dan juga telepone. Dengan begitu pengemudi akan tetap fokus selama perjalanan saat ingin mengoperasikan fitur audio pada head unit. Menariknya adalah sistem kemudi telah dilengkapi dengan power steering sehingga lebih mempermudah pengemudi dalam mengoperasikan Daihatsu Sirion 2018.

Review Daihatsu Sirion 2018 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan interior mobil Daihatsu Sirion 2018

Kenyamanan didapatkan dengan jok berbahan material lembut

Pada bagian jok mobil mengandalkan bahan material yang lembut dan juga saat diduduki akan terasa nyaman. Untuk baris depan telah dilengkapi dengan captain seat 2 kursi dan untuk ruang kaki dapat diatur sesuai keinginan karena sudah diberikan fitur sliding seat. Untuk kapasitas penumpangnya adalah 5 orang dan terdapat beberapa ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang berukuran sedang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

 

 

 

 

 

 

4. FITUR DAIHATSU SIRION 2018

Gambar ini menunjukkan Head unit dengan fitur audio Daihatsu Sirion 2018

Fitur hiburan tergolong lengkap

Fitur Daihatsu Sirion 2018 tergolong lengkap, meskipun untuk harganya berada di bawah Rp. 200 jutaan. Hal tersebut terlihat dengan adanya fitur ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution). Dengan menggunakan fitur tersebut maka sistem pengereman bisa jadi lebih maksimal. Tidak hanya itu saja, beberapa fitur lain juga disematkan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para penggunanya. Adapun fitur Daihatsu Sirion 2018 meliputi Airbag, VSC (Vehicle Stability Control), Isofix, Traction Control dan seat belt 3 point ELR.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil daihatsu Sirion

5. OPERASI DAIHATSU SIRION 2018

Gambar ini menunjukkan bagian mesin mobil Daihatsu Sirion 2018

Degan mesin yang diberikan dipadukan teknologi EFI membuatnya hemat bahan bakar

Berlanjut ke bagian performa, dari pihak Daihatsu memberikan Sirion 2018 mesin 1NR-VE Dual VVT-I 4 silinder 1.3 liter. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 Ps dan torsi puncaknya mencapai 12.2 kg.m. Untuk memaksimalkan konsumsi bahan bakar menggunakan teknologi EFI sehingga dapat lebih hemat bahan bakar. Untuk menyalurkan tenaga ke bagian roda mengandalkan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

>>> Review Daihatsu Copen 2016, Kemewahan Roadster Dalam Sebuah

6. SPESIFIKASI DAIHATSU SIRION 2018

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Sirion 2018. Dengan adanya table ini tentunya akan lebih jelas dalam mengetahui spesifikasi yang dimiliki.

DIMENSI

Panjang

3.895 mm

Lebar

1.735 mm

Tinggi

1.525 mm

Tempat Duduk

5 Seat

Wheelbase

2.500 mm

MESIN

Seri

1NR-VE, DOHC Dual VVT-i

Kapasitas

1.329 cc

Tenaga Maksimal

95 Ps

Torsi Maksimal

12,2 kg.m

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Kapasitas Tangki

36 L

KAKI-KAKI

Ukuran Ban

185/55 R15

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion beam with coil spring

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU SIRION 2018

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri. Hal tersebut wajar karena memang tidak ada yang sempurna. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sirion 2018:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai Fitur Keselamatan Yang tergolong lengkap untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan

Peminat mobil besutan Daihatsu satu ini terbilang kecil

Mempunyai fitur multimedia yang mumpuni sehingga dapat memberikan hiburan pada penggunanya

Sebagai sebuah Green Car harga yang ditawarkan tergolong mahal

 

Pada segmen tersebut kompetitornya sangat sengit jadi perlu usaha keras

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU SIRION 2018

Jika dibandingkan dengan para rivalnya pada segmen tersebut, harga yang ditawarkan tergolong mahal. Jadi banderol yang ditawarkan hampir menyentuh angka Rp. 200 jutaan. Itu mungkin pandangan dari sebagian masyarakat, karena dari pihak Daihatsu sendiri tentu telah mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum menentukan harga. Berikut daftar harga Daihatsu Sirion 2018:

TIPE

HARGA

Daihatsu Sirion M/T

Rp. 182 jutaan

Daihatsu Sirion A/T

Rp. 193 Jutaan

9. VIDEO DAIHATSU SIRION 2018

10. KESIMPULAN DAIHATSU SIRION 2018

Kehadiran Daihatsu Sirion 2018 ditujukan untuk menebus seri sebelumnya yang sempat gagal. Oleh sebab itu mobil ini telah dibekali dengan fitur yang mumpuni dan didesain dinamis serta atraktif. Meskipun begitu, ada anggapan bahwa harganya cukup mahal, mengingat segmen yang dimasuki adalah Green Car. Namun tentunya dari pihak Daihatsu sudah melakukan pertimbangan dalam memasang harga tersebut. Jadi tinggal masyarakat ingin membeli atau tidak, kalau dari pihak pabrikan pasti ingin produknya laris manis.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • 27/09/2019 | Fatchur Sag

    Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

    Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 hadir dengan banderol harga paling murah dan paling terjangkau. Meski demikian Anda harus mempertimbangkan masak-masak untuk membeli mobil ini. Mau tahu alasannya, simak review-nya berikut!

  • 25/09/2019 | Fatchur Sag

    Review Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016

    Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 sangat mencolok pada harganya yang terjangkau dan punya kapasitas penumpangnya yang besar, tapi bukan itu saja kelebihan yang dimiliki. Simak ulasan lebih lengkap Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 berikut!

  • 23/09/2019 | Franky Pratama

    Review Daihatsu Sigra 2019: Pembaruan Unik, Mewujudkan Mimpi Konsumen

    Kabar terbaru datang dari PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Daihatsu Sigra 2019 akhirnya meluncur dengan berbagai pembaruan. Versi Facelift terbarunya merubah banyak hal mulai dari eksterior, interior hingga fitur. Berikut review Daihatsu Sigra 2019.