Review Daihatsu Espass 2005: Mobil Minibus Interior Lega Harga Terjangkau

20/06/2020| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU ESPASS 2005

Review Daihatsu Espass 2005 – Mobil ini pertama kali dilakukan perilisan adalah tahun 1994 dan langsung naik daun. Bahkan mobil ini juga menjadi saingan mobil yang sudah dilakukan perilisan terlebih dahulu dalam kelas yang sama. Disamping hal tersebut, produsen juga melakukan perbaikan terus dalam hal spesifikasinya sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya, salah satunya adalah mesinnya dilakukan upgrade.

Dengan interior yang lega dan dimensi besar menjadikan mobil ini sebagai kendaraan keluarga yang banyak dipilih. Di zamannya, mobil besutan Daihatsu ini mempunyai rival yaitu Mazda E2000 dan T120SS.

2. EKSTERIOR DAIHATSU ESPASS 2005

Review Daihatsu Espass 2005 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Espass 2005

Sebuah minibus yang tergolong jadul dengan banyak peminat

Pada bagian depan terlihat melengkung, hal ini menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki dan terlihat unik. Grille yang digunakan tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Lampu utamanya mempunyai desain yang mengecil ke bagian tengah dengan ukuran yang sedikit besar. Sementara di bagian tengah lampu kanan dan kiri ada logo kebanggaan dari Daihatsu dengan aksen warna krom. Penggunaan desain bagian depan membuat mobil mempunyai aerodinamika yang baik karena angin dari depan akan diteruskan ke atas dan mobil menjadi lebih stabil saat melaju.

Review Daihatsu Espass 2005 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping Daihatsu Espass 2005

Pintu geser bantu aksen keluar masuk lebih mudah

Saat melihat di bagian samping akan tampak ukurannya yang cukup besar. Pada bagian ini telah mengandalkan pintu geser sehingga membuat penumpang lebih mudah dalam keluar masuk kendaraan. Sementara itu, terdapat garis seakan memotong bagian bawah dan atas yang dimulai dari bagian lampu depan menuju ke bagian lampu belakang. Di kala itu, penggunaan pintu geser sudah menjadi daya tarik tersendiri. Keuntungan lain selain aksen yang mudah adalah saat melakukan parkir di tempat sempit penumpang masih bisa keluar tanpa takut pintu terkena kendaraan lain atau benda mati di sampingnya.

Review Daihatsu Espass 2005 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Espass 2005

Sisi belakang tampak biasa dengan desain lucu di bagian lampu

Pada sisi belakang memang terlihat biasa saja. Bumper belakang menonjol seperti memberikan perlindungan saat terjadi benturan dari arah belakang. Tidak terlalu banyak aksen atau lekukan pada sektor ini. Hanya menggunakan kaca belakang terbilang biasa dan lampu belakang cukup besar.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR DAIHATSU ESPASS 2005

Review Daihatsu Espass 2005 : Bagian Kabin

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard mobil Daihatsu Espass 2005

Dashboard tidak kaku dan kemudi masih polos

Daihatsu Espass 2005 mempunyai tampilan yang sudah modern untuk bagian interiornya. Bahkan desain dashboardnya tampak tidak kaku sehingga sampai saat ini masih cukup menarik. Walaupun tidak akan hilang kesan jadul di dalamnya karena umurnya yang sudah 10 tahun lebih, namun mobil ini tetap bisa dijadikan kendaraan untuk kebutuhan keluarga dengan harga terjangkau.

Pada bagian kabin mempunyai ruang yang sangat longgar. Untuk kapasitas penumpang dapat digunakan untuk 7 orang dan mempunyai ruang penyimpanan yang terbilang cukup banyak seperti di bagian dashboardnya. Dengan begitu pemilik atau penumpang bisa menempatkan bawang bawaan yang kecil seperti koin, kartu, kunci, HP dan lainnya dengan lebih rapi dan enak dipandang.

Review Daihatsu Espass 2005 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan bagian jok mobil Daihatsu Espass 2005

Jok mobil nyaman saat diduduki

Di bagian jok mobil juga menarik, kenyamanan yang diberikan juga sudah baik dan tampilannya juga tidak kalah menarik. Memang saat Sobat membeli mobil bekas, mobil ini perlu dilakukan sedikit perbaikan. Namun jika kondisinya masih prima, hal tersebut tidaklah masalah.

>>> Lihat Juga :

4. FITUR DAIHATSU ESPASS 2005

Jika membicarakan soal fitur, mobil Daihatsu Espass 2005 terbilang masih standar. Untuk memberikan sedikit kenyamanan di dalam mobil, pihak Daihatsu memberikan audio berupa radio tape dan ada penyejuk kabin. Fitur lain yang diberikan adalah sabuk pengaman dan lainnya. Jika melihat bagian kursi memang belum canggih seperti mobil saat ini. Walaupun begitu, kursinya sudah dapat diatur kemiringannya. Kalau membicarakan fitur keselamatan, mobil ini terbilang kurang lengkap, hal tersebut berefek pada harga penjualan yang jadi rendah.

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

5. OPERASI DAIHATSU ESPASS 2005

Daihatsu Espass 2005 adalah produksi terakhir dari keluarga Espass. Setelah mobil inni berakhir dilanjutkan dengan Daihatsu Granmax dan juga Luxio, dari segi pilihan tipe masih sama. Untuk Espass tipe ZL menggunakan mesin 4 silinder dengan 16 katup SOHC fuel injection. Kapasitas silindernya adalah 1.300 cc dan dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 80 Hp dan torsinya adalah 114 Nm. Untuk transmisi mengandalkan manual 5 speed.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Espass 2005

Daihatsu Espass 2005 punya 3 tipe dengan kapasitas mesin berbeda

Tipe selanjutnya adalah ZSX yang menggunakan mesin 4 silinder 16 katup SOHC fuel injection. Kapasitas mesinnya adalah 1.500 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 88 Hp dan torsinya adalah 130 Nm. Kemudian transmisi yang digunakan sama dengan varian ZL yakni manual 5 speed.

Adapun tipe terakhir adalah ZX dengan mengandalkan 4 silinder 16 katup SOHC fuel injection. Untuk kapasitasnya adalah 1.600 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 Hp dan torsi puncaknya adalah 138 Nm. Kapasitas mesinnya adalah 1.600 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 Hp dan torsi puncaknya adalah 138 Nm. Transmisi yang digunakan untuk menyalurkan tenaga dan torsi adalah manual 5 speed.

>>> 10 Tahun Berturut-turut Daihatsu Jadi Runner Up Mobil Terlaris di Indonesia, Ini Rahasianya​

6. SPESIFIKASI DAIHATSU ESPASS 2005

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Espass 2005 :

DIMENSI

Panjang

3,845 mm

Lebar

1,560 mm

Tinggi

1,860 mm

Jarak sumbu roda

2.650 mm

MESIN

Tipe Mesin

SOHC Fuel Injection 4 Silinder

Daya Maksimum

95 Ph / 6000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4200 rpm

Isi Silinder (cc)

1.598 cc

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

Karburator

Transmisi

Gear Box 5-Speed Manual

Steering Type

Rack & Pinion

Bahan Bakar

Bensin

KAKI-KAKI

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Tromol

Suspensi Depan

 

Suspensi Belakang

Rigid axle

Ukuran Ban

175/ 70 – R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU ESPASS 2005

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Espass 2005 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Pada interior mempunyai ruang kabin yang lega dan luas

Mesin cepat panas sehingga rentan mengalami mogok

Suku cadang yang dimiliki mempunyai harga terjangkau dan mudah untuk didapatkan

Kemudinya terasa berat ketika diputar

Harga bekasnya murah tapi tergantung kondisinya dan mudah perawatan

Fitur keselamatan yang disematkan minim

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU ESPASS 2005

Mobil Espass keluaran  tahun 2000 ke atas, banderol harga yang ditawarkan sekitar Rp. 40 juta hingga Rp. 55 jutaan pada tipe ZSX. Harga tersebut tergantung kondisi dari kendaraan secara menyeluruh dan tahun keluaran. Jadi harga Daihatsu Espass 2005 tentunya lebih mahal apabila dibandingkan dengan Espass keluaran sebelumnya.

9. VIDEO DAIHATSU ESPASS 2005

10. KESIMPULAN DAIHATSU ESPASS 2005

Mobil Daihatsu Espass 2005 tergolong sebagai kendaraan yang terbaik di kelasnya dan modern pada eranya. Sehingga jika membicarakan mobil bekas, kendaraan ini patut dilirik, apalagi bagi Sobat yang mencari sebuah mobil dalam kelas minibus. Selain untuk penumpang, Sobat juga bisa menggunakannya sebagai pengangkut barang. Dengan begitu mobil ini dapat memenuhi kebutuhan Sobat bahkan untuk bisnis sekalipun.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    16/10/2020| Abdul

    Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    Pada tahun 2000 an terdapat mobil yang mempunyai harga murah. Memang pada kala itu belum ada yang namanya mobil LCGC yang sekarang terkenal akan konsumsi bahan bakar yang hemat dan ramah lingkungan. Mobil murah tersebut adalah Daihatsu Ceria 2003, seperti apa spesifikasinya?

  • Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    23/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    Bila Sobat mencari kendaraan dalam segmen SUV yang mempunyai harga menarik maka Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 bisa dijadikan salah satu pilihan. Mobil ini mempunyai mesin bertenaga dan harganya juga terjangkau.

  • Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    17/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    Mobil murah menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mobil baru tapi harga terjangkau. Ya benar, Sobat bisa membeli mobil Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020. Solusi mobil pertama dengan budget yang terjangkau di Indonesia.

International