10 Tahun Berturut-turut Daihatsu Jadi Runner Up Mobil Terlaris di Indonesia, Ini Rahasianya

07/08/2019 | Fatchur Sag

Persaingan ketat pasar roda empat dalam negeri masih didominasi merek-merek Jepang dengan Toyota selalu menjadi yang terbaik diikuti oleh Daihatsu di peringkat ke-2. Baru selanjutnya merek Jepang lain silih berganti menempati peringkat ke-3 dan seterusnya.

Gambar banner Daihatsu Xenia 2019 tampak depan belakang

Daihatsu jarang bergeser dari posisi runner up mobil terlaris di Indonesia

Menarik untuk ditelisik, dalam 10 tahun terakhir kecuali tahun 2016 dan 2017, Daihatsu hampir selalu menjadi bayang-bayang Toyota dengan menempati runner up mobil terlaris di Indonesia. Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). Hendrayadi Lastiyoso menuturkan ada satu satu kiat yang selalu dilakukan Daihatsu untuk memperkuat merek, yaitu menggandeng komunitas pemilik mobil merek Daihatsu dari berbagai model.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Menurut Hendrayadi cara ini cukup efektif sebagai strategi memperkenalkan berbagai produk baru serta teknologinya. “Peran komunitas sangat besar. Ini bagian strategi pemasaran word of mouth seperti dalam mengenalkan produk baru dan memberi testimoni tentang kepuasan mereka terkait layanan purnajual,” ujarnya dalam keterangan pers, Sabtu (3/8/2019) lalu.

Berbagai kegiatan digelar Daihatsu bersama komunitas, seperti acara Sedulur Daihatsu 2019 di pelataran Candi Prambanan, Klaten, Sabtu (3/8/2019) lalu. Lebih dari 12.000 orang dan 3.000 mobil milik anggota komunitas mobil Daihatsu, dari 23 klub di berbagai daerah turut hadir dalam kegiatan akbar ini. Kegiatan juga dihadiri Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto, Corporate Planning & Communication Division Head ADM, Rudy Ardiman.

>>> Review Daihatsu Terios SE A/T 2019, 2 Hari Tampil Di GIIAS 2019 Langsung SOLD OUT

Daihatsu menggelar acara gathering bersama komunitas pemilik mobil Daihatsu dalam acara Sedulur Daihatsu 2019 di Candi Prambanan

Strategi gandeng komunitas jitu mengangkat mengangkat nama besar Daihatsu

Sebelum acara Sedulur Daihatsu 2019 kegiatan serupa juga sering dilakukan seperti family gathering di Jakarta pada 2014 bersama komunitas pemilik Xenia, Family gathering di Jakarta pada 2015 dan di Surabaya pada 2016 bersama komunitas pemilik Ayla, Famiyi gathering di Bandung pada 2017 bersama pemilik Gran Max dan acara Balad Daihatsu tahun 2018 di Bandung yang melibatkan seluruh komunitas.

Senada dengan yang disampaikan Hendrayadi, Rudy Ardiman juga menyatakan betapa pengaruh komunitas ini sangat besar untuk kelangsungan bisnis dalam jangka panjang, termasuk mengantarkan Daihatsu ke posisi runner up mobil terlaris di Indonesia. “Pengaruhnya besar. Ini terkait bagaimana awareness dibangun. Para anggota komunitas ini merupakan ambassador. Mereka memperkenalkan brand Daihatsu di keluarganya, sampai dikenal ke anak-anak mereka,” kata Rudy.

>>> Lebih Dari 26 Ribu Unit Daihatsu Sigra Baru Mengaspal di Jalanan Dalam Setengah Tahun

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik