Review Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018, Varian Mewah Paling Murah Milik Terios

07/06/2018 Ryan Sugandy Review Daihatsu

Setelah tidak mengalami perubahan masif selama bertahun-tahun dipasarkan, Daihatsu Terios akhirnya mendapatkan pembaruan di tahun 2017 kemarin. Tampil degan desai yang lebih modern dan ddinamis, penampilan Daihatsu Terios saat ini berubah jauh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kali ini kita akan membahas Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 yang merupakan versi mewah dari Varian Terios X. Apa saja yang ditawarkan oleh Terios versi yang satu ini? Berikut ini adalah pembahasannya.

1. PENGANTAR

Review Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 - Diperkenalkan di akhir tahun 2017 untuk menggantikan versi lamanya yang sudah tidak mendapatkan pembaruan, Daihatsu Terios dan juga Toyota Rush terbaru langsung mendapatkan respon yang cukup baik. Walaupun masih menggunakan basis yang sama dengan pendahulunya, mobil ini sekarang nampak lebih segar dan dinamis. Sangat sesuai dengan tingkat kompetisi saat ini dimana mobil SUV dan MPV sudah tidak terlalu terlihat perbedaannya.

Daihatsu Terios X Deluxe bisa dibilang merupakan versi hemat dari dengan Daihatsu Terios varian R. Tetapi dari segi performa, Anda tidak perlu khawatir sama sekali karena dibagian mesin dandesain secara keseluruhan tidak terlalu jauh berbeda. Berikut ini review Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018.

2. EKSTERIOR

  • Desain Dinamis

Gambar mobil Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan baru  Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Bentuk eksterior dari Daihatsu Terios X Deluxe memiliki desain yang sangat dinamis dan juga sporty. Sesuai dengan dengan image SUV yang selama ini mereka berusaha pertahankan.

Bentuk Terios yang cukup bulat tidak lagi akan Anda temukan di dalam versi terbaru dari mobil ini. Tetapi, ciri khas ground clearance yang cukup tinggi untuk menjelajah berbagai macam area masih bisa kita temukan di mobil ini.

  • Desain bagian depan Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Gambar mobil  Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan depan nan gagah

Di bagian depan, mobil ini masih menggunakan black front grill tanpa adanya fog lamp. Selain itu bagian front skid plate di bagian ini juga menggunakan warna hitam. Tidak mewah, tetapi cukup memberikan kesan gagah.

  • Desain bagian samping Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Gambar mobil  Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Sisi samping masih menggunakan velg 15 inci

Di bagian samping, mobil ini memiliki desain yang cukup aerodinamis dengan garis body yang cukup halus. Untuk bagian velg, varian ini masih menggunakan velg berukuran 15 inci berwarna hitam.Penggunaan antena shark fin di mobil ini ckup membuatnya terlihat mewah.

  • Desain Bagian belakang Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

gambar mobil  Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang dengan lampu cukup dinamis

Bagian belakang mobil ini memiliki desain lampu yang cukup dinamis dan tidak berlebihan. Penggunaan chrome juga tidak terlalu berlebihan ditambah dengan rear spoiler dan juga light reflector dan skid plate di bagian bumper semakin meningkatkan kesan sporty dari mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Ruang Interior Nyaman

Gambar ruang kabin mobil Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Ruang kabin mobil Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Bagian interior Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 sebenarnya sudah cukup nyaman. Dengan ruang yang lega dan juga penggunaan material fabric yang cukup baik.

Sayangnya, bila Anda mencari kemewahan dan juga rasa praktis maka varian ini bukanlah varian yang tepat. Karena spesifikasi di bagian interior untuk varian X Deluxe masih berupa fitur standar seperti penggunaan headunit 2din, AC Double Blower, Tilt Steering, Power Window dan sebagainya. Sudah cukup, tetapi tidak benar-benar mewah.

  • Desain bagian dashboard Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

gambar bagian dashboard mobil Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Bagian dashboard Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Untuk bagian dashboard, varian X Deluxe menggunakan 2 tone color dengan perangkat 2din head unit. Desain dashboard yang digunakan bisa dibilang cukup modern walaupn menggunakan material dari plastik dan tidak dibalut oleh kulit.

  • Desain kursi Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Gambar ruang kabin mobil Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 dengan jok berwarna hitam

Kursi terlihat lebih ergonomis

Kursi didesain lebih ergonomis dan nyaman untuk penumpang dengan ruang kaki dan ruang kepala yang sangat cukup. Kursi untk tipe ini masih menggunakan menggunakan bahan dari fabric.

  • Ruang bagasi Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Ruang bagai mobil Daihatsu Terios X Deluxe 2018

Ruang bagasi cukup untuk mengangakut barang

Ruang bagasi masih cukup untuk mengangkut barang berukuran sedang, bila masih kurang Anda bisa melipat kursi di baris ketiga dengan sangat mudah.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Dari sisi fitur sebuah mobil,  Daihatsu Terios X Deluxe 2018 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:

  • Fitur keselamatan

Dari sisi keselamatan dan keamanan, Daihatsu Terios X Deluxe 2018 bisa dibilang sudah cukup memberikan fitur keselamatan standar. Mobil ini sudah memiliki Safety Airbag dengan sistem pengereman ABS + EBD. Selain itu mobil ini sudah dilengkapi dengan side impact beams, Immobilizer dan juga Key Alarm.

  • Fitur hiburan

Untuk bagian hiburan menggunakan headunit 2din yang bisa memainkan DVD, Aux, radio, CD dan juga bisa terkoneksi dengan smartphone dengan sangat mudah.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Daihatsu lainnya

5. OPERASI

Gambar bagian mesin mobil Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018

Mesin Daihatsu Terios X Deluxe 2018

Untuk bagian mesin, mobil ini dilengkapi dengan mesin 2NR VE DOHC Dual VVTi 1.500 ccyang juga digunakan di dalam Avanza Veloz. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 Ps dan torsi maksimal hingga 137 Nm.

Untuk bagian suspensi, mobil ini menggunakan McPherson Strut untuk suspensi bagian depan dan Multi Link untuk suspensi bagian belakang. Bagian velg masih menggunakan velg berukuran 15 inci untuk menghasilkan pengendalian yang cukup maksimal.

>>> Simaklah review mobil-mobil lain di sini

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Daihatsu Terios X Deluxe 2018 :

Spesifikasi Daihatsu Terios X Deluxe 2018

Mesin

Tipe

2NR VE DOHC Dual VVTi, 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga Maksimum

104 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

137 Nm / 4.200 rpm

Diameter X Langkah

72,5 x 90,6 mm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Transmsi

Otomatis 4 Percepatan

Dimensi

Dimensi (P x L x T)

4.435 x 1.695 x 1.705 mm

Berat

1.255 kg (Kosong) / 1.870 kg (Total)

Jarak Pijak

1.445 mm (Depan) / 1.460 mm (Belakang)

Jarak Terendah ke Tanah

220 mm

Jarak Sumbu Roda

2.685 mm

Kapasitas tangki

45 Liter

Kaki-Kaki

Suspensi depan

McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi belakang

5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

215/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Daihatsu Terios X Deluxe A/T 2018 yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Harga Terjangkau

Fitur teknologi terbaru sangat minim

Body dan Desain eksterior cukup menarik

Interior tidak teralu mewah

Kapasitas meningkat dibandingkan pendahulunya

 

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Daihatsu Terios X Deluxe 2018 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya :

Harga Daihatsu Terios X Deluxe

Rp 205.000.000

Rp 215.000.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Secara desain dan juga kemampuan mesin, Daihatsu Terios X Deluxe A/T sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan kelas diatasnya. Hanya saja, karena didesain sebagai sebuah mobil entry level, banyak sekali fitur teknologi yang dihilangkan seperti Vehicle Stabiity Control dan juga Hill Start Assist.

Untungnya untuk tipe ini sudah dilengkapi dengan safety airbag dan juga sistem pengereman ABS. Sehingga Anda masih bisa mendapatkan fitur keselamatan yang cukup mumpuni untuk di dalam mobil ini.

Perbedaan dalam masalah aksen eksterior dan juga stiker rasanya bukan sebuah masalah besar. Bila Anda memiliki dana terbatas tetapi ingin memiliki mobil ini, rasanya Daihatsu Terios X Deluxe bisa menjadi solusinya. 

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah
    Review Honda Metodius

    Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah

    16/08/2018

    Pasar otomotif di tanah air begitu menggiurkan bagi banyak produsen otomotif di dunia. Kini Honda pun tidak ingin ketinggalan dalam menjangkau pasar potensialnya di Indonesia. Honda memang memiliki beragam segmen, salah satunya SUV. Honda memiliki HR-V yang merupakan SUV dengan kapasitas 5 orang penumpang. HR-V pertama kali hadir di Tokyo Motor Show 2013, mobil ini pertama kali muncul dengan nama Honda Vezel.

  • Review Honda All New Brio RS 2018
    Review Honda Metodius Getan Plue

    Review Honda All New Brio RS 2018

    15/08/2018

    Honda selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Mobilmo.com akan membahas lebih jauh seputar Honda All New Brio 1.2L 2018. Di 2018 ini Honda All New Brio hadir dengan percaya diri, kepercayaan diri tersebut disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.

  • Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez
    Review Wuling Metodius

    Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez

    14/08/2018

    Siapa tak mengenal Wuling, pabrikan asal Tiongkok ini menggebrak dengan MPV murahnya. Wuling Cortez adalah model kedua yang diluncurkan oleh pabrikan negeri tirai bambu. Setelah Confero, seri Cortez hadir disegmen yang sama untuk mendongkrak nama Wuling di tanah air. Pada tahap awal, Wuling memang fokus ke segmen MPV, Wuling Cortez hadir sebagai MPV premium dari Wuling, seri Cortez ini hadir di Indonesia pada desember 2017.