Review Daihatsu Ayla 2016 : Mobil LCGC Cocok Untuk Anak Muda Harga Terjangkau

31/03/2020| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU AYLA 2016

Review Daihatsu Ayla 2016 Mobil dalam segmen Green Car memang saat peluncurannya sangat ditunggu-tunggu. Hal tersebut tidak terlepas dari harganya yang terjangkau dan juga fleksibel untuk dibawa ke tempat yang disuka. Oleh sebab itulah pihak Daihatsu ikut ambil bagian dalam segmen kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Kehadiran Ayla pertama kali dilakukan pada tahun 2013 dan di kala itu banyak konsumen yang meliriknya. Salah satu alasan membuatnya banyak diminati adalah harganya yang murah, bagaimana tidak? dulunya harganya ditawarkan dengan harga di bawah Rp. 100 jutaan saha. Jika melihat hal tersebut tentu penasaran dengan apa yang ada di dalamnya. Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya dalam spesifikasi Daihatsu Ayla 2016.

2. EKSTERIOR DAIHATSU AYLA 2016

Review Daihatsu Ayla 2016 :  Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Ayla 2016

Sisi depan tampak elegan berkat adanya projector headlamp

Apabila melihat dari bagian depan maka akan tampak kesan yang elegan. Hal tersebut berkat kehadiran dari projector headlamp yang menjadi trademark pada jenis mobil yang dihadirkan belakangan ini. Mungkin saat pertama kali melihat headlampnya akan teringat mobil Honda Jazz ketika pertama kali dihadirkan. Tidak hanya itu saja, lampu utamanya menggunakan LED Position lamp yang dapat memberikan pencahayaan maksimal ketika melaju di jalan yang kurang pencahayaan.

Menuju ke bagian tengah, yang mana akan dihadapkan dengan kap yang mempunyai 2 lekukan tipis pada bagian kanan dan kiri sehingga membuatnya tampak lebih segar. Selanjutnya sedikit geser ke bawah akan menemukan logo berada di bagian tengahnya. Grille nya terdapat penutup rongga udara yang didesain tipis, bahkan saat melihatnya dari jauh akan samar apakah ada grille atau tidak. Untuk bumper juga terdapat 2 panel rongga udara sehingga menjadi ganti grill nya yang tampak kosong. Ada pula fog lamp yang mempunyai rumah dengan aksen chrome sehingga tampak sedikit premium.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping dan belakang Daihatsu Ayla 2016

Bagian samping tampak seperti City Car pada umumnya

Menuju ke bagian samping, terdapat variasi spoiler pada bagian ini dengan menggunakan warna gelap sehingga membuatnya tampil lebih cantik. Hanya saja spoilernya mempunyai ukuran yang tebal sehingga menurut kami kurang begitu match dengan warna mobil yang cerah.

Pada bagian samping Daihatsu Ayla 2016 ini juga terdapat guratan tipis pada bagian handle door dan juga variasi garis yang tebal dengan menggunakan warna silver pada bagian bawah. Hanya saja untuk peleknya masih terlihat jadul dan tampilannya terkesan tua menurut kami.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Ayla 2016

Tampak belakang terlihat polos dan minim lekukan

Menuju ke bagian belakang, di bagian ini tidak terlalu ada yang spesial. Terdapat roof skirt yang diberikan dengan tampilan sporty serta diberikan rear combination lamp sebagai pencahayaannya. Pada bagian bumper ada lekukan tipis pada kedua sisinya sehingga membuatnya tampil dinamis.

3. INTERIOR DAIHATSU AYLA 2016

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gabar ini menunjukkan dashboard mobil Daihatsu Ayla 2016

Semakin tinggi tipe maka fitur di dashboard semakin lengkap

Di bagian dashboard terdapat head unit yang cukup fungsional, yang mana bisa dipakai untuk mengoperasikan MP3 dengan melalui flashdisk dan juga CD room. Bahkan socket untuk flashdisk juga bisa digunakan untuk charger ponsel Sobat. Untuk mendukung hal tersebut telah diberikan speaker aktif 2 din yang bisa membuat kabin terasa nyaman dengan musik kesukaan.

Sementara untuk kemudinya, mobil Daihatsu Ayla 2016 dibekali dengan fitur Eco Indicator yang bisa menekan penggunaan bahan bakar sehingga lebih efisien. Sedangkan speedometernya menggunakan 3 panel yang dapat digunakan untuk memberi informasi mengenai kecepatan, penggunaan bahan bakar dan juga perseneling.

Review Daihatsu Ayla 2016 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil  Daihatsu Ayla 2016

Kabin nyaman dengan jok yang empuk

Ketika melihat kursinya cukup mengesankan karena menggunakan bahan material yang empuk sehingga dapat menghasilkan kenyamanan pada orang yang mendudukinya. Soal warna menggunakan tone warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Sementara untuk bagian ruang kepala dan kaki terbilang mumpuni, sehingga sibat tidak perlu mengkhawatirkan soal kenyamanan di dalamnya.

>>> Lihat Juga :

4. FITUR DAIHATSU AYLA 2016

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil  Daihatsu Ayla 2016

Fitur kurang lengkap terutama untuk tipe terendah

Tiap tipe Daihatsu Ayla 2016 memiliki fitur yang berbeda, hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan harga jualnya. Untuk tipe D yang merupakan terendah masih belum ada CD Player dan juga AC. Selain itu, untuk fitur keamanan yang disematkan hanya seatbelt saja yang terdapat pada bagian kursi. Jika ingin mendapatkan yang lebih nyaman maka bisa memilih tipe D+. Yang mana tipe ini telah disematkan AC dan juga fitur Power Steering sehingga saat mobil dipacu bantingannya jadi lebih mudah.

Namun bila masih ingin lebih lagi bisa memilih tipe M. Berbagai fitur diberikan pada tipe ini seperti Power Window, Audio CD, AC, Power Door Lock dan ada juga Power Steering. Namun masih ada tipe tertinggi yakni tipe X yang telah diberi tambahan Central Cluster AC, Spion Electric dan lainnya.

>>> Jangan Lupa Baca Artikel Lainnya Di Bawah Ini :

5. OPERASI DAIHATSU AYLA 2016

Gambar ini menunjukkan mesin mobil  Daihatsu Ayla 2016

Mesin yang digunakan hanya berkapasitas 998 cc saja

Pembahasan selanjutnya adalah bagian mesin Daihatsu Ayla 2016, mesin yang digunakan bertipe D26F 1KR-DE dengan 3 silinder dan 12 katup. Untuk teknologi yang digunakan adalah DOHC dan mempunyai kapasitas 998 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 67 Ps dan torsi puncaknya adalah 3.7 Nm. Sebagai penyalur tenaga mengandalkan 2 jenis transmisi yakni otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

Konsumsi bahan bakar yang dimiliki Ayla juga terbilang sangat efisien. Berdasarkan klaim, mobil besutan Daihatsu ini bisa memakai 1 liter BBM dalam jarak 19,5 km. Dengan begitu mobil ini dapat kompatibel dipakai untuk perjalanan dengan jarak menengah walaupun mobil ini merupakan kendaraan dalam segmen City Car.

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI DAIHATSU AYLA 2016

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Ayla 2016 :

DIMENSI

Panjang

3.600 mm

Lebar

1.600 mm

Tinggi

1.520 mm

Jarak Sumbu Roda

2450 mm

Kapasitas Penumpang

4-5 Orang

Ground Clearance

180 mm

MESIN

Tipe

D26F 1KR-DE DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC

Tenaga Maksimum

65 / 6.000 (PS / rpm)

Torsi Maksimum

8.7 / 3.600 Kg.m / rpm)

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

4 A/T  & 5 speed M/T

Kapasitas Mesin

998 cc

KAKI-KAKI

Rem depan / Belakang

Disc/ Drum

Suspensi Depan/ Belakang

McPherson Strut/ Torsion Beam

Ban

155/80 R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU AYLA 2016

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ayla 2016 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Konsumsi bahan bakar terbilang hemat

Mobil saat menanjak terbilang sulit

Sparepart mudah didapatkan sehingga perawatan juga lebih mudah

Saat berada di dalam kabin akan terasa getarannya

Mempunyai harga yang terjangkau sehingga cocok bagi yang budgetnya belum memadai

Pada tipe terendah sangat minim akan fitur

Mempunyai bantingan yang ringan

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU AYLA 2016

Berikut ini merupakan daftar harga mobil Daihatsu Ayla 2016 :

TIPE

HARGA

Daihatsu Ayla Tipe D MT

Rp 85 Jutaan

Daihatsu Ayla Tipe D PLUS

Rp 96 Jutaan

Daihatsu Ayla Tipe M MT

Rp 100 Jutaan

Harga Daihatsu Ayla Tipe Airbag X AT

Rp 120 Jutaan

Harga Daihatsu Ayla Tipe M Sporty AT

Rp 123 Jutaan

Sementara untuk harga bekasnya berada di kisaran Rp. 70 juta sampai Rp. 100 jutaan. Bahkan jika tipe terendah harganya bisa lebih murah lagi.

9. VIDEO DAIHATSU AYLA 2016

10. KESIMPULAN DAIHATSU AYLA 2016

Daihatsu Ayla 2016 merupakan sebuah kendaraan yang ramah lingkungan dan cocok untuk anak muda. Apalagi saat ini sudah ada bekasnya tentunya untuk harga terbilang lebih terjangkau lagi. Jadi bagi Sobat yang baru memiliki budget sedikit dan ingin segera memiliki mobil bisa memilih mobil besutan Daihatsu satu ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    16/10/2020| Abdul

    Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    Pada tahun 2000 an terdapat mobil yang mempunyai harga murah. Memang pada kala itu belum ada yang namanya mobil LCGC yang sekarang terkenal akan konsumsi bahan bakar yang hemat dan ramah lingkungan. Mobil murah tersebut adalah Daihatsu Ceria 2003, seperti apa spesifikasinya?

  • Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    23/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    Bila Sobat mencari kendaraan dalam segmen SUV yang mempunyai harga menarik maka Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 bisa dijadikan salah satu pilihan. Mobil ini mempunyai mesin bertenaga dan harganya juga terjangkau.

  • Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    17/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    Mobil murah menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mobil baru tapi harga terjangkau. Ya benar, Sobat bisa membeli mobil Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020. Solusi mobil pertama dengan budget yang terjangkau di Indonesia.

International