Volkswagen Heran Pencuri Indonesia Terlalu Kreatif Sasar Ban dan Pelek Mobil

31/01/2020 | Fatchur Sag

Kasus pencurian ban dan pelek mobil di Cikarang, Bekasi Jawa Barat menghiasi pemberitaan dalam beberapa waktu terakhir. Bagaimana tidak, pencuri tergolong nekat mencuri keempat roda mobil sekalian peleknya lalu mengganti dengan ganjal batu bata.

Foto salah satu mobil yang bannya digasak pencuri

Ban mobil dicuri, pemilik rugi jutaan rupiah

Pencurinya memang sudah ditangkap polisi yaitu warga Cikarang Selatan yang ternyata sudah pernah melakukan aksi serupa awal tahun lalu. Namun kasus itu menjadi sorotan banyak pihak, dari pemerhati keselamatan hingga APM, salah satunya PT Garuda Mataram Motor (GMM).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

APM Volkswagen (VW) di Indonesia itu mengaku heran pencuri Indonesia tidak pandang bulu terhadap barang yang diincar. Bahkan ban dan pelek mobil yang membutuhkan waktu cukup lama untuk melepas bisa jadi sasaran menggiurkan. Hal yang sangat jarang terjadi di Eropa.

"Di  Eropa enggak ada yang seperti ini. Karena cuma di Indonesia doang yang seperti ini. Cuma di Indonesia saja yang kreatif," tutur COO GMM, Jonas Chendana, seperti dikutip dari Bisnis, (30/1/2020).

Mencegah Pencurian Ban dan Pelek Mobil ala VW

Sebagai produsen mobil dengan grup paling populer di dunia masalah keamanan jadi prioritas utama VW. Termasuk mengamankan ban dan pelek mobil dari tindakan pencurian. VW mengandalkan teknologi canggih yang disebut Protection Alloy.

>>> Mau Main Aman Atau Jadi Perhatian, Ini Warna Pelek Yang Sesuai Dengan Warna Mobil

Foto Ban mobil VW, keren

VW melengkapi ban mobilnya dengan baut khusus

Tekniknya setiap ban mobil diberikan baut khusus yang hanya dibuka menggunakan kunci khusus dari pabrikan. Jadi, mau diupayakan bagaimanapun kalau bukan kuncinya baut tidak akan lepas. "Secara overall di VW ada yang namanya protection alloy itu ada salah satu nat atau bautnya yang pakai kunci khusus. Jadi dia bautnya khusus jadi harus pakai kunci khusus sendiri," kata Jonas.

Teknologi ini sudah ada sejak lama dimiliki dan diaplikasikan pada mobil VW. Terbukti sangat jarang terjadi konsumennya kehilangan ban dan pelek mobil.

>>> Penjualan VW Golf Menakjubkan, Terjual Tiap 41 Detik

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik