Tips Aman Menghindari Macet Lewat Jalan Tikus

08/01/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Terjebak macet bukan sesuatu yang menyenangan. Terlebih bila Anda punya urusan yang harus diselesaikan segera di tempat tujuan dan waktu sudah hampir habis, sudah pasti bakal stres. Dalam situasi seperti ini jalan tikus sering kali jadi pilihan. Tapi bagaimana bisa melewati jalan tikus kalau Anda tidak menemukannya?

Foto mobil dan motor melintasi jalan tikus

Jalan tikus bisa memberi banyak manfaat

Baik itu di dalam perjalanan untuk liburan atau untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja maupun kuliah, Anda pasti tidak ingin merasakan yang namanya terjebak macet. Selain membuang waktu dan menghabiskan tenaga, terjebak macet pun bisa menimbulkan stres. Untungnya, Anda selalu bisa memanfaatkan jalan tikus alias jalan alternatif untuk menghindari macet yang biasanya terjadi di ruas jalan utama.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan jalan tikus, bahkan jika Anda sedang berada di kota yang tidak terlalu familiar sehingga Anda tidak hafal rute jalan alternatif selain jalan utama. Lantas, bagaimana caranya Anda bisa menemukan jalan tikus?

1. Bertanya

Jika tidak tahu, maka bertanyalah. Ketika Anda melewati sebuah jalan, Anda pasti bertemu dengan beberapa orang yang juga melintas di jalan tersebut. Jika menurut Anda mereka adalah warga asli daerah tersebut, Anda bisa bertanya soal jalan tikus kepada mereka. Atau, Anda bisa hampiri mereka yang sedang duduk-duduk di depan rumah mereka atau beristirahat di warung. Selama Anda bertanya dengan sopan, pasti warga lokal bersedia membantu dengan menunjukkan arah jalan tikus kepada Anda!

>>> Beberapa Tips Yang Bisa Dicoba Untuk Menghindari Kemacetan

Foto seseorang sedang bertanya arah jalan

Lebih baik bertanya dari pada tersesat

2. Cek Peta

Kecanggihan teknologi sekarang membuat kehidupan manusia jadi semakin mudah, dan salah satunya adalah dengan semakin lengkapnya fitur di dalam smartphone Anda. Dari berbagai fitur dan aplikasi yang ada, semua smartphone pasti sudah dilengkapi dengan GPS dan memiliki aplikasi peta, seperti Google Maps dan Waze. Nah, aplikasi tersebut bisa Anda gunakan untuk mengecek posisi Anda dan mencari jalur alternatif yang dapat dilalui. Anda cukup memasukkan lokasi yang dituju, dan aplikasi pun akan mencarikan beragam alternatif rute, bahkan waktu tempuh untuk masing-masing rute tersebut. Jadi, Anda bisa pilih rute yang terpendek tanpa harus berlama-lama terjebak macet!

Anda tak perlu khawatir kalau ternyata jalan yang ditunjukkan salah! Bagi Anda pengguna Google Maps, aplikasi ini bahkan sekarang sudah dilengkapi dengan fitur penunjuk rute jalan tikus, terutama motor. Fitur jalan tikus bagi pengendara motor di aplikasi Google Maps ini bisa Anda nikmati selama Anda menggunakan aplikasi versi terbaru.

>>> Perusahaan Jepang Menjadi Pabrikan Paling Sering Dicari di Google

Tampilan peta di Google Maps

Cek peta untuk menemukan rute paling cepat, termasuk jalan tikus

Cara Menggunakan Google Maps untuk Pengendara Motor

Untuk memanfaatkan fitur jalan tikus bagi pengendara motor, Anda cukup memasukkan titik tujuan di dalam aplikasi, lalu cari petunjuk arah seperti biasanya Anda menggunakan aplikasi tersebut. Setelah petunjuk arah muncul, Anda bisa lihat ada ikon baru dengan gambar sepeda motor di bagian pilihan moda transportasi yang terdapat di sisi atas layar smartphone Anda. Cukup ketuk ikon tersebut, dan rute yang ditampilkan di layar pun akan memandu Anda mengendarai motor melalui jalan khusus.

>>> Mungkin Anda tertarik, Banyak tulisan review mobil yang tertarik hanya ada di sini

Perbedaan Rute Motor dan Mobil di Google Maps

Tampilan di Google Maps

Ada perbedaan petunjuk arah untuk mobil dan sepeda motor

Apakah ada perbedaan antara jenis rute motor dan mobil yang ditampilkan oleh aplikasi Google Maps? Berikut ini adalah perbedaannya yang membuat arah yang ditunjukkan Google Maps bisa Anda andalkan sebagai panduan di jalan!

  • Rute yang ditampilkan untuk rute motor merupakan jalan pintas atau jalan tikus berukuran kecil, sehingga hanya bisa dilalui baik oleh motor maupun sepeda.
  • Jalur tol tidak akan disertakan di dalam rute yang ditampilkan oleh Google Maps di layar smartphone Anda.
  • Perkiraan waktu tempuh yang ditampilkan lebih akurat, mengingat sifat kendaraan motor yang lebih leluasa walau sedang berada di jalan yang macet.
  • Ada tanda lingkaran biru dengan huruf “i” di tengahnya untuk menunjukkan patokan yang gampang diingat.

Tak perlu menunggu sampai berlibur, Anda bisa menjajal fitur rute khusus motor dari Google Maps ini ketika berangkat maupun pulang kantor atau kuliah sekarang juga!

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca