Beberapa Tips Yang Bisa Dicoba Untuk Menghindari Kemacetan Saat Mudik Lebaran

21/05/2018| Abdul

Kemacetan di jalan saat menjelang lebaran memang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang ingin merayakan momen lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman. Namun permasalahannya adalah kemacetan yang terjadi jika tidak dihindari akan memberikan rasa tidak nyaman sehingga perjalanan menjadi tidak maksimal. oleh sebab itu tidak ada salahnya bukan melihat beberapa tips menghindari kemacetan saat mudik.

Berikut ini merupakan merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari kemacetan saat mudik lebaran.

1. Berangkat lebih awal

Pada saat musim mudik biasanya pada H -3 sebelum lebaran akan banyak pekerja yang cuti bersama hingga usai lebaran. Tentunya hal ini banyak dimanfaatkan oleh karyawan untuk mudik ke kampung halaman dengan berbagai cara. Oleh sebab itu rawan sekali terjadi kemacetan di beberapa jalur utama. Pada tahap ini dalam menghindari kemacetan saat mudik adalah dengan berangkat lebih awal sebelum para pemudik lain.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melaju di jalan di pagi hari dengan lampu menyala

Berangkat lebih awal saat melakukan perjalanan mudik dengan harapan tidak terjebak macet

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik lainnya

Jika dilihat memang terbilang cukup sederhana, namun patut untuk dicoba. Cara tersebut juga dilakukan oleh salah satu pemudik yang bernama Tamani. Pihaknya berangkat lebih awal menuju Kediri, Jawa Timur untuk menghindari kemacetan.

“Soalnya untuk menghindari macet, dan juga ngajak anak kecil juga. Biar enggak kayak tempo tahun kemarin kan macet,” ungkap perempuan yang berprofesi sebagai pedagang saat berada di rest area di Tol Cikopo Palimanan(Tol Cipali).

>>> Berniat membeli Mobil untuk mudik dan lebaran, kunjungi situs cintamobil.com dan dapatkan harga yang menarik!

2. Menyiapkan jalur alternatif

Pada saat menjelang lebaran, beberapa ruas jalur utama akan padat dengan kendaraan baik Mobil atau sepeda motor yang berakibat kemacetan panjang. Supaya tidak terjebak macet harus mempersiapkan segala sesuatunya agar dapat sampai kampung halaman lebih cepat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan jalur yang nantinya akan ditempuh.

Gambar ini menunjukkan sebuah ponsel dengan gambar Google maps dalam sebuah mobil

Dalam ponsel terdapat fitur maps yang terdapat jalur utama sampai jalur alternatif

Siapkanlah beberapa jalur yang bisa dilewati menuju tempat yang dituju, seperti jalur alternatif. Anda bisa membuka peta digital melalui ponsel mana saja jalur yang bisa dilewati. Dengan begitu ketika jalur yang sedang dilalui ternyata terjadi kemacetan panjang, bisa langsung memilih jalur lain yang lebih lancar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips seputar mudik lebaran

3. Menggunakan kartu elektronik

Di jaman sekarang sudah menggunakan teknologi canggih, salah satunya adalah kartu e-Tol yang menggunakan sistem elektronik. Dengan begitu akan mempercepat proses pembayaran, karena hanya menempelkan kartu saja sudah otomatis terpotong saldonya.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kartu tol sedang dimasukkan mesin tempat membayar tol

Pembayaran menggunakan kartu e-toll mempermudah pembayaran dan mempercepat antrian di gerbang tol

Jadi untuk menghindari kemacetan saat mudik bisa mempersiapkan kartu e-Tol dan juga mengisi saldonya. Tujuannya adalah saat jalur utama mengalami kemacetan yang panjang bisa memilih jalur Tol yang lebih lancar. Dengan begitu perjalanan menuju kampung halaman menjadi lebih cepat.

>>> Bersih-Bersih Kaca Mobil Menyenangkan, Lakukan Sambil Nunggu Buka Puasa

Seperti yang kita tahu, sebelumnya sebelum menggunakan kartu elektronik untuk membayar Tol banyak pengemudi yang harus mengantri sehingga menyebabkan kemacetan panjang. Pembayaran secara tunai kadang memakan waktu sedikit lebih lama, kadang ada yang membayar dengan uang besar sehingga harus memberi kembalian dan juga menghitungnya. Oleh sebab itu, dengan adanya kartu e-Tol elektronik akan lebih mempermudah pembayaran dan juga lebih cepat.

Bagi pengendara yang lupa membawa kartu e-Tol dan sudah berada di gerbang bisa meminjam pada pengemudi di belakangnya. Ada juga dari pihak pengawas yang telah mempersiapkan kartu khusus jika terdapat pengemudi yang lupa membawa kartu, namun hanya di beberapa tempat saja.

>>> Berniat Membeli atau Menjual Mobil, Kunjungi situs jual beli terpercaya cintamobil.com !

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International