Suka Merokok di Dalam Mobil, Ini Kerugian Yang Harus Ditanggung

27/06/2019 | Fatchur Sag

Kebiasaan merokok terkadang sulit ditinggalkan, terlebih jika bagi seorang maniak yang memiliki anggapan merokok adalah sesuatu yang menyenangkan. Terlebih lagi ketika berkendara merokok seperti hal wajib karena dianggap bisa menghilangkan rasa ngantuk dan meningkatkan konsentrasi.

Gambar menunjukkan seorang pengemudi wanita sedang menyalakan rokok di dalam mobil

Ironi merokok, dianggap menyenangkan meski sebenarnya berbahaya

Terlepas dari segala stereotip tersebut, semua orang tahu kalau merokok adalah salah satu kebiasaan buruk dan berbahaya bagi kesehatan. Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

Soal kebiasaan merokok di dalam mobil ini juga diperhatikan bagi pengemudi maupun penumpang. Tidak hanya karena bahaya-bahaya di atas, ada kerugian-kerugian lain yang mesti ditanggung dengan kebiasaan buruk ini.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Yang paling nyata bau rokok bakal tertinggal menempel di seluruh ruang kabin kendaraan dan sulit dihilangkan. Bahkan berbagai macam wewangian khusus untuk mobil terkadang juga tak banyak membantu. Justru menimbulkan aroma yang bercampur aduk dan menimbulkan ketidaknyamanan yang aman sangat baik bagi baik penumpang maupun pengemudi itu sendiri.

"Memang rokok itu adalah salah satu 'pengganggu' kenyamanan yang bandel, khususnya pada baunya. Sebab satu kali rokok saja sudah menempel di seluruh kabin mobil," tutur Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi seperti dikutip dari Kompas, (26/6/2019).

>>> Waspada, Jangan Bermain Ponsel Saat Mengemudi Resiko Bahaya

Foto menunjukkan ekspresi pengemudi yang merasa kurang nyaman dengan bau kabin mobil

Baru rokok mengganggu kenyamanan

Kerugian berikutnya kebiasaan merokok di dalam mobil meninggalkan bercak di bagian interior mobil khususnya yang terbuat dari kain. Abu rokok yang berjatuhan di sela-sela interior juga bakal sulit dibersihkan sendiri. Jika harus dibawa ke salon sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"Untuk menghilangkan bau rokok harus lakukan pembersihan interior, di lap tiap hari tergantung banyaknya intensitas merokok di dalam mobil. Atau bisa juga ke salon dengan mengambil treatment fogging interior," lanjut Ario.

Dampak buruk lainnya, merokok saat berkendara baik mengemudi maupun penumpang bisa menimbulkan petaka bagi pengguna jalan yang lain. Bayangkan jika pengendara membuang puntung rokok yang masih menyala secara sembarangan bisa saja mengendai pengendara motor atau pejalan kaki dan berakibat celaka.

>>> Awas, Kebiasaan Merokok Saat Mengemudi Bisa Berakibat Celaka

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 10/10/2019 | Fatchur Sag

    Sering Tak Digubris, Ini 8 Potensi Bahaya Truk ODOL

    Perilaku menambah dimensi dan beban muatan truk dilakukan atas alibi efektivitas kerja dengan memaksimalkan produktivitas dan meminimalkan biaya operasional. Namun sadar atau tidak, perilaku ODOL itu memiliki potensi bahaya yang sangat besar dan sangat merugikan.

  • 08/10/2019 | Fatchur Sag

    NHTSA Sarankan Pengemudi Menepi Untuk Makan, Buat Apa?

    Badan keselamatan jalan raya di Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyarankan agar pengemudi menepikan kendaraannya dan berhenti untuk makan secukupnya. Ada maksud apa dibalik saran tersebut?

  • 04/10/2019 | Fatchur Sag

    Sering Picu Kecelakaan, Ini 9 Cara Pemerintah Menghabisi Hidup Truk ODOL

    Penertiban terhadap truk ODOL (over dimension over loading) benar-benar serius ditunjukkan pemerintah dan pihak-pihak terkait pasca kecelakaan maut Tol Cipularang 2 September 2019 lalu.