Sedang Di Rest Area Mudik, Lakukan Hal Ini Untuk Keamanan

24/05/2019 Abdul Pengemudian mobil

Mudik menggunakan mobil pribadi memang lebih nyaman, apalagi dengan melintasi jalan tol tentunya akan lebih cepat. Namun jangan lupa untuk mampir rest area mudik, karena sobat bisa melakukan beberapa hal seperti isi bahan bakar dan juga beristirahat sejenak menghilangkan rasa lelah.

Rest area mudik sendiri memiliki fasilitas yang banyak dan juga cukup lengkap. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pemudik untuk sekedar beristirahat ataupun hal lainnya. Beberapa fasilitas yang umum adalah Toilet, Mushola, Minimarket, SPBU sampai pusat oleh-oleh juga ada. Disamping hal tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tetap aman dan nyaman. Apa saja itu? Mari kita simak ulasannya.

1. Mencari Tempat Yang Aman

Gambar ini menunjukkan salah satu rest area mudik dengan desain warna warni

Rest area menjadi salah satu tempat yang tepat untuk istirahat

Ketika berada di rest area diharapkan untuk mencari tempat yang aman untuk menghilangkan rasa lelah meskipun sejenak. Untuk lokasi bisa di mushola ataupun bangku yang disediakan. Alangkah baiknya menghindari tempat yang sepi dan jauh dari pemudik lain. Hal tersebut dikarenakan saat ada hal yang kurang berkenan tidak dapat meminta bantuan dari pemudik lain. Oleh sebab itu lihat sekeliling terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk beristirahat.

>>> Baca Juga, Mudik Lebaran : Bawa Bekal Makanan Dan Minuman Secukupnya

2. Jangan Meninggalkan Barang Berharga

Gambar ini menunjukkan banyak mobil sedang berada di lokasi parkir

Letakkan barang berharga selalu di dekat sobat

Selama perjalanan tentunya terdapat beberapa barang berharga seperti laptop, kamera, ponsel dan lainnya. Selain untuk mengabadikan gambar, beberapa alat dipakai untuk berkomunikasi kepada saudara dan keluarga, jadi jangan sampai hilang. Jagalah dengan baik barang bawaan yang dimiliki, alangkah baiknya diletakkan disamping sobat beristirahat, jika ditaruh dalam mobil sebaiknya hindari kelihatan dari arah luar. Saat ingin ke toilet atau melakukan kegiatan lain sebaiknya menjaga barang secara bergantian.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Berbelanja Seperlunya Saja

Gambar ini menunjukkan banyak pakaian yang dijual di rest area

Di rest area sekarang sudah ada yang menjual pakaian dan lainnya

Seperti yang diketahui, bahwa di rest area mudik akan ada minimarket dan beberapa tempat menyediakan oleh-oleh serta outlet pakaian. Memang banyak sekali pilihan untuk bisa dibeli atau sekedar untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman. Namun perhatikan juga barang bawaan yang dimiliki, apakah dengan menambah beberapa barang dapat membebani atau tidak. Oleh sebab itu secukupnya saja dan jangan terlalu boros. Selain itu biaya perjalanan juga masih perlu dipersiapkan, begitu juga untuk hidup beberapa hari di kampung halaman.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Memposisikan Kendaraan Di Tempat Yang Aman

Gambar ini menunjukkan kondisi rest area dengan beberapa orang dan mobil yang terparkir

Tempatkan kendaraan di tempat yang dirasa aman

Selain pemilik, kendaraan juga memerlukan istirahat. Untuk caranya cukup mudah yaitu dengan mematikan mesin saat sobat beristirahat. Disamping hal tersebut, memarkirkan kendaraan di tempat yang aman perlu dilakukan. Kalau bisa tempatkanlah mobil sobat di tempat yang teduh dan ada tukang parkirnya. Meskipun perlu bayar namun keamanan lebih terjamin.

Pastikan juga kendaraan dalam keadaan terkunci sebelum meninggalkannya. Untuk lebih amannya bisa menambahkan kunci ganda dan kalau bisa sobat bisa melihatnya meskipun dalam cukup jauh.

>>> Lihat Juga, Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

5. Cek Dan Perkirakan Kondisi Bahan Bakar

Gambar ini menunjukkan seorang petugas SPBU di rest area sedang mengisi bahan bakar

Cek volume bahan bakar saat sampai di rest area

Pada saat berada di rest area mudik kadang disibukkan dengan pergi makan jika sudah waktunya berbuka dan juga ke toilet. Kadang juga berbelanja apa yang diinginkan sampai lupa melakukan pengecekan pada bahan bakar kendaraan. Padahal biasanya di rest area terdapat SPBU yang berfungsi untuk mengisi bahan bakar pada kendaraan. Oleh sebab itu sebelum melakukan semuanya lebih baik cek volume bahan bakar terlebih dahulu.

Setelah dilakukan pengecekan, selanjutnya bisa mempertimbangkan apakah perlu diisi atau tidak. Jangan sampai kehabisan bahan bakar saat berada di tengah-tengah jalan tol yang dapat membuat bingung diri sendiri.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca