Mudik Lebaran : Bawa Bekal Makanan Dan Minuman Secukupnya

22/05/2019 | Fatchur Sag

Perjalanan mudik lebaran tidak selalu bisa ditempuh dalam waktu singkat. Karena jarak yang begitu jauh serta lalu lintas yang macet, perjalanan mudik harus ditempuh dalam waktu yang lebih lama dibanding hari-hari biasa. Belum lagi jika terjadi hal tak terduga yang membuat pemudik tidak bisa segera sampai tempat tujuan, seperti kemacetan parah yang terjadi pada musim mudik 2016 silam dimana ribuan kendaraan terjebak macet lebih dari 24 jam di jalan tol Jakarta-Brebes karena menumpuknya kendaraan di pintu keluar tol Brebes timur.

Foto menunjukkan salah satu kondisi lalu lintas di jalan raya

Menempuh perjalanan jauh saat mudik bisa sangat melelahkan

Mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi di sepanjang perjalanan, wajib hukumnya bagi Anda yang tengah merencanakan mudik untuk mempersiapkan diri secara matang. Salah satunya adalah bekal makanan dan minuman secukupnya. Baik Anda yang mudik menggunakan sarana transportasi umum, mudik bareng maupun menggunakan mobil pribadi.

Selain mencegah kekurangan makanan dan minuman manakala terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti contoh tersebut di atas, membawa bekal makanan dan minuman saat mudik juga memberi banyak keuntungan.

Pertama; Anda tidak akan direpotkan mencari warung makan, restoran atau yang lain hanya untuk mencari makanan berbuka. Ini membuat Anda lebih tenang karena bisa berbuka di perjalanan tanpa harus berhenti. Sedangkan Anda yang mengemudi bisa berhenti dimana saja untuk berbuka puasa, sepanjang bukan di jalan tol.

>>> Bingung Memilih Rest Area saat Mudik, Ini Tipsnya!

Foto menunjukkan seorang anak sedang memeriksa bekal makanannya di mobil

Penting untuk membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan

Kedua; Anda bebas memilih jenis makanan yang akan dibawa baik itu makanan basah yang segera dimakan atau makanan kering untuk cadangan. Berbeda dengan jajan di luaran dimana Anda hanya bisa memilih menu makanan dan minuman yang tersedia. Terutama pula untuk Anda yang membawa anak kecil atau balita, Anda bisa mengatur makanan untuk mereka.

Ketiga; Anda bisa berhemat. Karena Anda mempersiapkannya sejak di rumah, Anda bisa berhemat lebih banyak ketimbang Anda mencari makan di luaran. Bukan rahasia harga makanan dan minuman di rest area jelang lebaran cenderung lebih mahal dibanding makanan membawa makanan sendiri.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto salah satu rest area di kota Kebumen Jawa Tengah

Ada banyak rest area di sepanjang jalur mudik untuk istirahat dan membeli bekal yang dibutuhkan

Selain mempersiapkan bekal makanan, penting juga mempersiapkan air minum dalam jumlah yang cukup, mengantisipasi terjadi kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi dan kehilangan konsentrasi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 03/06/2019 | Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

  • 02/06/2019 | Fatchur Sag

    Jangan Paksa Mobil LCGC Buat Mudik Jarak Jauh

    Ada hal yang mesti diperhatikan saat menempuh perjalanan jauh mudik lebaran untuk tidak memaksakan diri menggunakan mobil LCGC mengingat mobil ini tak setangguh MPV maupun SUV.

  • 29/05/2019 | Fatchur Sag

    Pertamina Siaga Mudik, Lebih Dari 200 Motoris dan 99 Titik Kios Pertamina Disiagakan

    Menyambut musim mudik dan arus balik lebaran 2019 Pertamina hadirkan layanan tambahan lewat program Pertamina Siaga untuk guna menjamin kenyamanan masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Diantaranya dengan menyiagakan lebih dari 200 motoris dan 99 Kios Pertamina di jalur mudik dan arus balik.