Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

18/05/2019 | Abdul

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan mudik dengan mobil pribadi.

Kelebihan

Gambar ini menunjukkan sebuah keluarga sedang memasukkan barang ke dalam mobil warna putih

Mudik bersama keluarga ke kampung halaman banyak dinanti

>>> Baca Juga, Mudik Lebaran: Mau Pakai Mobil Pribadi, Hindari Kelebihan Muatan

1. Lebih Hemat Biaya

Seperti yang sudah diketahui, bahwa menjelang lebaran semuanya mengalami kenaikan. Begitu juga dengan tiket pesawat, kereta dan angkutan umum lainnya. Oleh sebab itulah menggunakan mobil sendiri menjadi favorit yang dilakukan kebanyakan pemudik. Hal tersebut bisa lebih hemat biaya dibandingkan dengan naik angkutan umum. Bahkan jika tidak memiliki mobil sendiri bisa menyewanya di penyedia jasa sewa mobil yang sudah banyak tersebar.

2. Sekalian Road Trip

Dengan menggunakan mobil pribadi, tentunya kebebasan pergi kemanapun bisa didapat. Memang resikonya terjebak kemacetan dan juga melelahkan, akan tetapi dengan melakukannya bersama keluarga hal tersebut terasa hilang. Kebersamaan dengan keluarga tercinta memang tidak ternilai harganya, apalagi bisa mampir ke tempat mana yang disuka. Jadi mudik sekalian travelling bersama keluarga.

3. Meningkatkan Tali Persaudaraan

Mudik dengan mobil pribadi umumnya akan bersama anggota keluarga lengkap. Bahkan kadang sampai bisa beberapa mobil melaju berbaris dengan satu keluarga setiap mobil. Begitu juga saat mampir di rest area, semuanya jadi satu dan berkumpul bersama. Hal itulah yang menimbulkan rasa persaudaraan tumbuh dan semakin akrab satu dengan lainnya.

4. Bisa Timbul Kejadian Yang Seru Dan Lucu

Saat mudik biasanya akan menghasilkan kejadian yang tidak terduga dan sangat menarik. Kelucuan kadang timbul saat bersama keluarga dalam satu mobil. Bahkan dengan perjalanan yang panjang bisa muncul keluhan yang sudah lama terpendam dan juga cerita yang bisa membuat semua orang dalam mobil tertawa. Kejadian-kejadian tersebut menjadi satu momen yang kadang sulit untuk dilupakan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan banyak mobil sedang terjebak kemacetan di jalan tol

Kemacetan selalu menghantui saat mudik lebaran

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Kekurangan

1. Mengalami Kemacetan Lebih Lama

Saat mudik dengan mobil pribadi kemacetan akan selalu menghantui. Memang saat musim mudik jalanan menjadi ramai karena semuanya pada ingin pergi ke kampung halaman agar bisa bertemu dengan keluarga. Bahkan kadang di gerbang tol juga harus mengantri selama berjam-jam.

2. Toilet Umum

Dalam menempuh perjalanan mudik yang panjang biasanya terdapat satu atau dua orang yang tiba-tiba kebelet ingin buang air kecil atau besar. Tentunya kondisi tersebut tidak bisa dihindari, sehingga mau tidak mau perlu mampir untuk mencari toilet umum. Jika melewati jalan tol bisa mampir di rest area, namun kadang perlu mengantri panjang. Sebenarnya jika melewati jalanan utama atau pedesaan bisa mampir di musholla atau rest area yang biasanya lebih lega. Namun kondisi jalan utama sering mengalami kemacetan lebih padat dibandingkan di jalan tol.

3. Tubuh Terasa Pegal Dan Lelah

Ketika menggunakan mobil pribadi untuk perjalanan mudik tentunya harus siap dengan kemacetan di jalan. Alhasil waktu tempuh ke kampung halaman jadi lebih lama sehingga tubuh akan terasa lelah dan pegal-pegal. Dalam kondisi ini perlu mengatur waktu pemberhentian untuk beristirahat walaupun sejenak sangat diperlukan.

4. Tidak Dapat Makan Atau Minum

Mudik dengan mobil pribadi biasanya sebelum lebaran tiba, tentunya waktu tersebut masih memasuki bulan Ramadhan. Sehingga bagi umat Islam harus tetap berpuasa walaupun sedang menempuh perjalanan jauh. Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan melakukan perjalanan mudik di malam hari.

>>> Mudik Lebaran Pakai Mobil, Ini Beragam Cara Yang Bisa Dipilih

Gambar ini menunjukkan sebuah keluarga sedang melakukan persiapan untuk mudik

Mudik ke kampung halaman sangat menyenangkan apabila bersama keluarga

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 03/06/2019 | Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

  • 02/06/2019 | Fatchur Sag

    Jangan Paksa Mobil LCGC Buat Mudik Jarak Jauh

    Ada hal yang mesti diperhatikan saat menempuh perjalanan jauh mudik lebaran untuk tidak memaksakan diri menggunakan mobil LCGC mengingat mobil ini tak setangguh MPV maupun SUV.

  • 29/05/2019 | Fatchur Sag

    Pertamina Siaga Mudik, Lebih Dari 200 Motoris dan 99 Titik Kios Pertamina Disiagakan

    Menyambut musim mudik dan arus balik lebaran 2019 Pertamina hadirkan layanan tambahan lewat program Pertamina Siaga untuk guna menjamin kenyamanan masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Diantaranya dengan menyiagakan lebih dari 200 motoris dan 99 Kios Pertamina di jalur mudik dan arus balik.