Seberapa Penting Kamera 360 Derajat Pada Mobil

27/02/2019| Fatchur Sag

Foto Wuling Almaz dari samping depan

Wuling Almaz dilengkapi dengan kamera di keempat sisi mobil

Jika ada pertanyaan tentang seberapa pentingkah kamera 360 derajat pada mobil seperti yang diterapkan pada Wuling Almaz, maka jawabannya hanya ada 1. Yaitu tergantung kebutuhan si pengemudi itu sendiri. Banyak pengemudi yang menilai penggunaan kamera jenis ini tidak terlalu penting, namun ada juga beberapa pengemudi yang menilai bahwa kamera jenis ini sangat penting untuk digunakan. Apabila Anda masih bingung tentang seberapa penting penggunaan kamera 360 derajat atau tidak, maka ulasan kali ini diharapkan mampu membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Fungsi kamera 360 derajat pada mobil

Jika dilihat dari segi penting atau tidaknya, tentu saja penggunaan kamera seperti ini dinilai cukup penting. Terutama untuk mobil yang berukuran besar seperti sedan, hatchback, SUV, dan lain-lain. Namun demikian bukan berarti mobil kecil tidak perlu menggunakan kamera jenis ini.

Penggunaan kamera 360 derajat pada mobil, sangat membantu para pengemudi, untuk melihat berbagai kondisi yang ada di sekeliling mobil dengan lebih baik. Jadi dengan kata lain, adanya kamera ini menjadi salah satu fitur keselamatan penting dalam berkendara. Penggunaan kamera jenis ini, akan sangat membantu Anda pada saat memasuki persimpangan yang sempit dan juga padat, membantu parkir jadi lebih mudah, dan hal-hal lainnya.

>>> Resmi Diperkenalkan, Ini Target Penjualan Wuling Almaz?

Visual kamera 360 derajat pada Wuling Almaz

Dengan kamera 360 dan tampilan visual head unit yang jernih, Wuling Almaz sangat menggoda

Cara kerja kamera 360 derajat pada mobil

Bagaimana cara kerja dari alat yang satu ini, sebenarnya sangat sederhana. Ketika Anda membeli kamera after market yang dikenal dengan nama around view camera ini, Anda akan memperoleh 4 buah kamera. 1 buah kamera dipasang di bagian grill atau juga emblem depan. 2 buah kamera berikutnya akan dipasang di spion kanan dan juga spion kiri. Sedangkan 1 buah kamera lainnya akan dipasang di bagasi atau pintu belakang. Kamera yang paling sering digunakan, biasanya memiliki lensa yang cukup lebar atau wide, dengan ukuran 192 derajat.

Lensa lebar ini yang akan memvisualisasi kondisi sekitar mobil, secara lebih luas. Adanya data dari keempat kamera tersebut, kemudian diolah jadi satu kesatuan, yang diistilahkan jadi menjahit, dan ditampilkan dalam 1 frame atau layar.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

Jenis kamera 360 ini biasanya akan aktif ketika tuas transmisi mobil dipindahkan ke posisi R atau posisi mundur. Selain itu, kamera ini juga akan menampilkan kondisi jalanan ketika sedang berbelok atau juga ketika lampu sein kiri atau kanan hidup.

Kamera tersebut juga akan menampilkan kondisi bagian sisi body mobil bagian dalam. Pada saat setir kembali dalam posisi lurus dan lampu sein kembali ke posisi semula, maka layar akan menampilkan pemandangan kamera depan selama 5 detik. Ini fitur yang penting digunakan, ketika pengemudi sedang melintasi jalanan persimpangan yang sempit dan juga padat.

>>> Prioritaskan Keselamatan, Volvo Bakal Pasang Kamera Pengawas Pengemudi

Foto transmisi Wuling Almaz

Wuling Almaz menggunakan transmisi otomatis CVT terkini

Harga dan Jenis kamera

Kamera jenis ini cukup banyak dijual di pasaran, harga yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari 4 jutaan hingga 6,5 jutaan. Sedangkan untuk biaya pemasangannya sendiri, biasanya dibandrol dengan harga sekitar 10 jutaan. Tetapi harga ini sendiri tentunya berbeda-beda pada masing-masing toko atau bengkel, terutama untuk mobil dari jenis BMW atau juga Mercedes-Benz, biasanya harganya cukup mahal, karena teknik pemasangannya yang cukup rumit.

Apabila Anda ingin membeli kamera 360 yang berkualitas, sebaiknya pilih kamera dengan resolusi 2k. Ketajaman serta hasil gambar kamera jauh lebih baik, hasilnya dapat memperlihatkan visual plat nomor mobil depan dan juga belakang secara lebih jelas. Tentunya hal ini berbeda ketika Anda memilih kamera dengan resolusi 720P, biasanya hasilnya kurang begitu jelas. Namun untuk memperoleh jenis kamera seperti ini, maka Anda harus merogoh kocek hingga belasan juta rupiah.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

Pada Wuling Almaz, Anda tidak perlu lagi membeli kamera secara terpisah karena Wuling Motors sudah menjadikan kamera 360 sebagai fitur bawaan pabrik. Mau tahu lebih jelas tentang Wuling Almaz, silahkan simak video berikut:

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International