Prioritaskan Keselamatan, Volvo Bakal Pasang Kamera Pengawas Pengemudi

04/01/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Demi meningkatkan keselamatan penumpang dan pengemudi Volvo bersiap memperkenalkan kamera pengawas pengemudi yang bisa mendeteksi perilaku pengemudi, termasuk mendeteksi masalah kesehatan. Bagaimana piranti yang satu ini bekerja?

Keselamatan berkendara saat ini jadi prioritas pabrikan otomotif di seluruh dunia. Mereka berlomba mengembangkan teknologi serta menciptakan kendaraan dengan tingkat keamanan maksimal meskipun akhirnya berpengaruh pada harga jual kendaraan yang makin mahal.

Perusahaan mobil mewah asal Swedia, Volvo dikabarkan sedang menyiapkan fitur keselamatan terbaru berupa kamera pengawas pengemudi. Kamera yang diletakkan di bagian depan dalam mobil ini bakal memantau seluruh perilaku pengemudi secara mendetail, mendeteksi masalah kesehatan, tingkat kegelisahan hingga emosional pengemudi berdasarkan pengenalan wajah.

>>> Desa di Italia Pasang Kamera Pengawas Kecepatan, 58.568 Pelanggaran Tercatat Selama Dua Minggu

Foto Kamera Pengawas Pengemudi di bagian dalam mobil

Kamera pengawas pengemudi bakal dipasang di mobil Volvo

Dalam sebuah wawanacara dengan Car Magazine di Inggris, Volvo's Chief Digital Officer, Atif Rafiq menjelaskan kamera pengawas pengemudi ini memiliki banyak fungsi. "Dapat menentukan kadar glukosa pengemudi dengan melihat dari aktivitas mereka, sehingga dapat memanggil orang yang dicintai atau rumah sakit jika itu mendeteksi masalah kesehatan." katanya sebagaimana dikutip dari Autoblog, (3/1/2019).

Tidak dijelaskan kapan tepatnya kamera pengawas pengemudi ini bakal diaplikasikan, yang pasti tidak akan diluncurkan tahun 2019 ini. "Atif Rafiq sedang membahas teknologi kamera apa yang berpotensi dapat dilakukan dalam hal fitur keselamatan seperti deteksi perhatian di masa depan, namun Volvo Cars tidak memiliki rencana untuk kamera yang menghadap ke pengemudi atau fitur terkait tahun ini," tulis Volvo dalam sebuah pernyataan kepada Leftlanenews, (3/1/2019)

Kamera pengawas pengemudi seperti ini sebenarnya sudah diterapkan pada mobil XC90 yang digunakan dalam proyek Drive Me. Selain untuk tujuan-tujuan di atas, kamera ini juga memastikan bahwa pengemudi menjaga pandangannya di jalan.

>>> Cara Kerja Transmisi i-Shift Pada Truk Volvo

Foto Volvo XC90 Drive Me tampak dari samping depan

Project Drive Me Volvo dirancang untuk mobil otonom

Meski belum pasti diaplikasikan, rencana Volvo ini telah memancing protes dari sebagian orang. Mereka menganggap rencana mengawasi pengemudi dan penumpang justru bisa menimbulkan rasa tidak nyaman sebab dianggap mengganggu privasi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.