Cara Kerja Transmisi i-Shift Pada Truk Volvo

14/12/2018 Arfian Alamsyah TOP mobil

Tak kenal maka tak sayang, peribahasa tersebut rasanya pas untuk mengawali tulisan mengenai cara kerja transmisi i-shift pada truk Volvo ini.

Volvo-Trucks-FMH-Off Road

Truk Volvo FMX ini pakai transmisi i-Shift yang cara kerjanya serupa AMT

Transmisi AMT alias Automated Manual Transmision memang sudah cukup familiar dan sering digunakan pada mobil. Tapi, bukan berarti transmisi AMT ini tidak bisa diaplikasikan pada truk yang notabone memiliki bobot berkali-kali lipat lebih berat apabila dibandingkan dengan mobil biasa. Karena sejatinya, transmisi AMT adalah sebuah transmisi manual yang lengkap dengan koplingnya, bedanya AMT perpindahan giginya diatur oleh komputer. Begitu juga transmisi kebanggaan Volvo yang dinamakan i-Shift ini.

>>> Baca juga: Ternyata Kondisi Mesin Idle Itu Lebih Berbahaya Dari Mesin Berputar Di Putaran Tinggi, Kok Bisa?

Tuas-Transmisi-iShift-Pada-Volvo-FMX-Indonesia

Tuas pengontrol i-Shift pada Volvo FMX

Lalu, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan transmisi i-Shift itu? Sejatinya transmisi i-Shift adalah transmisi AMT. Transmisi AMT adalah transmisi yang perpindahan gigi beserta pengaturannya diatur oleh sistem pada model komputer. Jadi pada transmisi i-Shift ini tetap ada prosesi penginjakan kopling, namun itu semua dilakukan oleh komputer. Makanya enggak heran, i-Shift pada truk Volvo ini sering disebut sebagai transmisi manual yang di-otomatiskan.

>>> Ingin tahu mengenai mesin dan teknologi terbaru di mobil saat ini, jangan abaikan tulisan tulisan ini

Komponen-Transmisi-iShift-Volvo-FMX

Transmisi i-Shift pada Volvo FM Series

Cara kerjanya pun sama dengan transmisi AMT pada umumnya, perpindahan gigi dan aktivas kopling menggunakan pompa aktuator selenoid yang punya fungsi menekan dan menggeser kopling ke tingkat yang dibutuhkan. Perintah untuk pindah gigi dan aktivasi kopling diperintahkan melalui modul transmisi dan ECU (Electronic Control Unit) si girboks i-Shift itu sendiri. ECU pada girboks i-Shift akan membaca beberapa parameter untuk menentukan perpindahan gigi, diantaranya kecepatan mobil, putaran mesin, sudut elevasi jalan, dan input dari pedal gas. 

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

Tuas-Transmisi-iShift-Volvo-FM-Series

Tuas transmisi i-Shift Volvo

Begitulah cara kerja transmisi i-Shift pada truk Volvo. Perintah untuk menaikkan atau menurunkan posisi gigi diperoleh dari ECU transmisi i-Shift dan modul transmisi. Ketika salah satu dari beberapa parameter itu tercapai maka transmisi akan berpindah posisi baik naik ataupun turun. Bagi beberapa orang transmisi i-Shift ini cenderung gugup bahkan dinilai kasar, padahal jika mengetahui triknya, mengendarai mobil bertransmisi i-Shift cukup nyaman.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca