Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

08/03/2021| Fatchur Sag

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bakal berlaku secara bertahap di seluruh wilayah kepolisian Indonesia, termasuk di Kabupaten Bekasi. Kepolisian Resor Metropolitan (Polrestro) Bekasi bahkan bakal menerapkannya mulai pertengahan Maret 2021 ini dengan lokasi awal perempatan Jalan RE Martadinata depan Simpang Grosir Cikarang (SGC).

”Mulai kita terapkan pertengahan bulan ini, di mana salah satunya adalah penegakan hukum yang transparan di bidang lalu lintas,” tutur Kasatlantas Polrestro Bekasi, Ojo Ruslani, dikutip dari NTMC Polri, (4/3/2021). ”Lokasi itu jadi titik sentral arus lalu lintas kendaraan, sehingga dijadikan awal penerapan sebelum nanti diterapkan di titik lain,” tambahnya.

Sasaran pelanggaran

Saat ini persiapan tengah dilakukan, dari pemasangan perangkat perekaman hingga monitor pengawas.

”Tadi malam sudah mulai proses pemasangan alat-alatnya, nanti akan disetting jaringan dan lainnya. Ya dalam waktu 2-3 akan selesai untuk nanti persiapan penerapan pada pertengahan Maret,” ungkapnya.

Foto Pemasangan kamera ETLE oleh petugas

Pemasangan kamera CCTV sudah dilakukan di depan SGC Cikarang

>>> E-TLE Semakin Meluas, Tilang Elektronik Di Kota Bandung Segera Berlaku

Sama dengan daerah lain, tilang elektronik di Cikarang ini menyasar beberapa jenis pelanggaran seperti menggunakan HP saat mengemudi, tidak mengenakan safety belt, melanggar marka jalan, melanggar lampu merah, dan yang lain. Diharapkan dengan adanya tilang elektronik, disiplin warga berlalu lintas akan meningkat sehingga berdampak pada turunnya angka kecelakaan.

Untuk sosialisasi sendiri terus dilakukan dan tidak menemui kendala berarti. Ini karena tilang elektronik pernah diuji coba tahun lalu dan sekarang tinggal penerapannya.

”Seluruh masyarakat harus mendukungnya serta menjaga karena ini bagian dari upaya transparansi Polri. Sebelumnya juga pemerintah telah melakukan uji coba pada tahun sebelumnya, dan penerapanya akan dilakukan bulan ini,” tuturnya.

Tilang Elektronik

Seperti diketahui, tilang elektronik bakal dimaksimalkan secara nasional seiring gagasan Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menghapus tilang langsung di lapangan. Nantinya jika sudah benar-benar diterapkan petugas di lapangan hanya mengatur lalu lintas dan tidak boleh melakukan penilangan.

Dengan demikian kebiasaan ‘damai’ yang sering dilakukan oknum bisa dihilangkan dan citra polisi semakin baik. Di sisi lain, hal ini juga untuk membangun kesadaran tertib berlalu lintas di masyarakat.

>>> Polisi Uji Coba Tilang Elektronik di Banten Hingga 31 Maret

Foto Persimpangan SGC Cikarang Bekasi

Tilang elektronik untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

Berita sama topik

International