Persiapan Yang Matang Saat Mudik Dengan Bus perlu Dilakukan

20/05/2019 Abdul Pengemudian mobil

Perjalanan mudik menjelang lebaran memang sudah menjadi salah satu tradisi umat muslim terutama para perantau. Pada umumnya sebelum hari H jalanan akan mengalami kemacetan akibat jumlah pemudik yang banyak dan bersamaan. Selain dengan kendaraan pribadi, mudik dengan bus menjadi salah satu yang dipilih.

Saat memasuki musim mudik, harga tiket bus mengalami peningkatan. Bahkan resiko lain jika terlalu memikirkan harga adalah kehabisan tiket sehingga tidak bisa mudik dengan bus namun harus mencari kendaraan lain. Oleh sebab itu merencanakan segala sesuatunya dengan matang sangat diperlukan.

Gambar ini menunjukkan banyak orang sedang berjalan di depan bus

Perjalanan mudik dengan transportasi sesuai kemampuan masing-masing

>>> Lihat Juga, Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

Supaya rencana mudik lebaran dapat berjalan lancar, maka sobat harus memikirkan sebelumnya tentang transportasi yang digunakan. Jangan lupa untuk membeli tiketnya terlebih dahulu, karena jika mepet dengan pemberangkatan, maka dikhawatirkan tidak mendapat tiket akibat kehabisan.

Dalam membeli tiket bus tidak seperti kereta api atau pesawat yang bisa dibeli 3 bulan sebelumnya.  Oleh sebab itulah untuk tidak menyepelekan hal tersebut, bahkan pemesanannya terkoneksi dengan sistem online.

Walaupun perjalanan dengan bus juga dapat terjebak kemacetan, akan tetapi masih banyak peminatnya. Hal tersebut dikarenakan dibandingkan dengan yang lain harganya lebih terjangkau. Lantas kapan waktu membeli tiket yang tepat saat memutuskan mudik dengan bus?

Jika ingin membeli tiket bus dapat dilakukan melalui agen penjualan tiket. Bahkan sekarang sudah tersedia dalam aplikasi android, e-commerce dan juga lewat online. Sebelum membelinya ketahui waktu keberangkatan dan rute yang dilalui melalui internet.  Barulah setelah itu sobat bisa melihat harga dan fasilitas yang diberikan oleh PO dan lakukan pemesanan tiket.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar  ini menunjukkan banyak bus sedang terparkir dengan rapi

Mudik di malam hari lebih tenang dan tidak sedang puasa

>>> Mudik Lebaran Pakai Mobil, Ini Beragam Cara Yang Bisa Dipilih

Di jaman sekarang sudah banyak penyedia layanan bus (PO) yang memberikan fasilitas mumpuni untuk para penumpangnya. Hal tersebut memang salah satu dari persaingan transportasi yang semakin ketat. Seperti misalnya dari pihak PO menyediakan makanan serta minuman gratis, tempat duduk dengan leg rest sampai menyediakan ruang gerak yang luas bagi para penumpangnya. Bahkan dalam pemesanan tiket dapat dilakukan sekali untuk pulang pergi seperti halnya beli tiket pesawat.

Nah bagi sobat yang berniat mudik dengan bus dapat melihat beberapa tips yang kami berikan. Pasalnya dengan beberapa hal penting dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Yang pertama adalah mempersiapkan mental ketika menempuh perjalanan panjang. Hal tersebut dikarenakan resiko terjebak dalam kemacetan bisa saja terjadi terutama saat menjelang lebaran. Selanjutnya adalah menyediakan bekal yang cukup seperti makanan dan minuman. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, namun hal tersebut penting ketika digunakan untuk persiapan berbuka.

Selanjutnya adalah dengan membawa bantal ukuran kecil. Fungsinya adalah saat tubuh pegal karena berjam-jam berada di dalam bus bisa dilakukan untuk bersandar. Selain itu, bawalah baju secukupnya saja dan juga berbahan material ringan. Dengan begitu tidak terlalu berat saat membawanya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan banyak orang sedang berada di dalam bus

Mudik dengan bus dapat ditinggal istirahat tanpa memikirkan kemacetan

Adapun tips terakhir saat mudik dengan bus adalah dengan memilih keberangkatan malam. Tujuannya adalah agar tidak terjebak kemacetan, karena umumnya kemacetan panjang terjadi di siang hari. Tidak hanya itu saja, selama perjalanan juga bisa sambil konsumsi makanan dan minuman ringan. Mengingat perjalanan dilakukan di malam hari dan sedang tidak dalam kondisi puasa.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca