Mudik Lebaran Pakai Mobil, Ini Beragam Cara Yang Bisa Dipilih

15/04/2019 | Fatchur Sag

Sudah terlanjur jadi budaya, aktifitas mudik lebaran bagi para perantau menjadi sesuatu yang sangat dinanti. Dengan mudik mereka bisa berkumpul lagi dengan keluarga di rumah, dengan mudik pula mereka bisa melepas kepenatan setelah hampir satu tahun mereka bekerja siang dan malam.

Salah satu gambar ilustrasi mudik lebaran yang bertebaran di dunia maya

Bagi banyak orang mudik lebaran memberikan keasyikan tersendiri

Sekilas aktifitas mudik nampak sederhana, tinggal siapkan bekal dan seluruh barang bawaan, lalu naik kendaraan dan perjalanan dimulai hingga sampai di rumah. Realitanya, mudik lebaran tak semudah yang diangan-angankan dan pemudik bisa mengalami berbagai banyak hal yang merepotkan. Masih beruntung jika mereka bisa sampai di rumah dengan selamat sebelum lebaran tiba sebab tak sedikit pemudik yang ternyata harus lebaran di tengah jalan karena berbagai kendala yang terjadi.

Nah, sebelum hal itu terjadi pada mudik lebaran Anda tahun ini ada baiknya Anda persiapkan segala hal yang diperlukan, salah satunya moda transportasi. Ada banyak pilihan untuk hal yang satu ini mulai dari kereta api, kapal laut, pesawat terbang, naik mobil hingga sepeda motor. Dan bagi Anda yang lebih suka naik mobil, berikut 4 ragam cara yang bisa dipilih.

1. Mobil pribadi

Foto Daihatsu Taruna, mobil yang jadi cikal bakal Daihatsu Terios

Tak harus mobil baru, yang penting kondisi mobil prima

Cara pertama ini hanya bisa dilakukan kalau Anda punya mobil. Sisi positif menggunakan mobil pribadi adalah Anda punya waktu yang lebih leluasa dibanding menyewa. Sisi 'buruknya' mobil Anda bakal bekerja lebih keras dipakai untuk perjalanan jauh serta berbagai aktifitas selama liburan dan segala hal yang berkaitan dengan perawatan Anda sendiri yang harus menanggung biayanya.

Kalau memilih cara pertama ini dan Anda belum punya mobil, saat ini adalah waktu yang tepat buat hunting. Jelang mudik seperti saat ini biasanya ada banyak promo dari pabrikan maupun diler, baik diler mobil baru maupun mobil bekas.

>>> Kenali Dulu Berbagai Jenis Mobil Biar Tahu Yang Anda Butuhkan

2. Rental

Foto deretan mobil di sebuah persewaan mobil

Mudik pakai mobil rental mengapa tidak?

Kelebihan menggunakan mobil rental untuk mudik lebaran adalah Anda bebas memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya MPV buat mudik sekeluarga, hatchback jika hanya empat-lima orang atau minibus untuk keluarga besar. Dari sisi biaya boleh dikata lebih banyak, sebab Anda harus keluar biaya untuk sewa juga biaya bahan bakar selama perjalanan. Namun ada keuntungannya sebab Anda tidak perlu memikirkan biaya perawatan mobil.

Jika cara kedua ini Anda pilih, sebaiknya booking sejak jauh-jauh hari atau kalau bisa pada awal-awal bulan puasa atau sebelum bulan puasa. Jangan cari sewaan saat waktu mudik sudah dekat. Anda akan lebih sulit mendapatkan mobil karena sudah full disewa pemudik lain. Bahkan jika masih tersedia, Anda juga mungkin dapat mobil seadanya alias tidak bisa memilih dan harganya bisa jadi lebih mahal.

>>> Begini Tips Menyewa Mobil Di Jasa Rental Supaya Aman dan Nyaman

3. Angkutan umum

Foto para pemudik berebut naik mobil untuk pulang kampung

Siapkan tiket sejak jauh hari biar tak berebut

Mudik menggunakan mobil angkutan umum termasuk salah satu pilihan mudik dengan biaya murah, lebih murah dibanding dua cara di atas. Anda cuma harus bayar tiket dan Anda akan diantar sampai titik Anda turun. Kekurangannya, kalau Anda bawa keluarga (istri dan anak-anak) serta barang bawaan dalam jumlah besar Anda akan lebih repot.

Kalau Anda suka mudik lebaran dengan cara ini, sebaiknya cari tiket jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan, termasuk untuk tiket baliknya kota usai mudik. Untuk barang bawaan, bawa saja yang benar-benar dibutuhkan agar tidak menambah kerepotan selama perjalanan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Mudik bareng

Foto deretan bus yang pernah dipakai mudik gratis PT Sido Muncul

Manfaatkan mudik gratis untuk menekan biaya perjalanan

Mudik lebaran bebarengan alias mudik bareng adalah yang paling murah dan menguntungkan dibanding yang lain. Cara mudik yang makin ngetren ini biasa diadakan oleh instansi pemerintah, BUMN, APM kendaraan bermotor, perusahaan, komunitas dan yang lain menggunakan armada bus. Keuntungan besar mudik bareng adalah Anda tidak akan keluar banyak duit untuk perjalanan sebab mudik bareng sering kali diadakan secara gratis. Paling jika ada biaya yang harus dikeluarkan itu adalah biaya perjalanan sampai rumah setelah Anda turun dari bus.

Sama dengan cara-cara sebelumnya, jika mudik lebaran cara keempat ini mantap Anda pilih, Anda harus segera mendaftarkan diri pada saat pendaftaran mulai dibuka supaya tidak kehabisan kuota.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 03/06/2019 | Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

  • 02/06/2019 | Fatchur Sag

    Jangan Paksa Mobil LCGC Buat Mudik Jarak Jauh

    Ada hal yang mesti diperhatikan saat menempuh perjalanan jauh mudik lebaran untuk tidak memaksakan diri menggunakan mobil LCGC mengingat mobil ini tak setangguh MPV maupun SUV.

  • 29/05/2019 | Fatchur Sag

    Pertamina Siaga Mudik, Lebih Dari 200 Motoris dan 99 Titik Kios Pertamina Disiagakan

    Menyambut musim mudik dan arus balik lebaran 2019 Pertamina hadirkan layanan tambahan lewat program Pertamina Siaga untuk guna menjamin kenyamanan masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Diantaranya dengan menyiagakan lebih dari 200 motoris dan 99 Kios Pertamina di jalur mudik dan arus balik.