Pentingnya Data Internet Untuk Mengurangi Stres Saat Perjalanan Mudik

27/05/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Data internet selain memberikan banyak informasi yang dibutuhkan juga bisa jadi hiburan untuk mengurangi stres saat perjalanan mudik.

Perjalanan mudik dengan berbagai tantangan dan fenomenanya seringkali memunculkan berbagai hal tak mengenakkan. Tidak hanya rasa bosan karena berkendara menempuh jarak jauh dan melelahkan, perjalanan mudik juga bisa memicu stres dan gelisah. Karenanya dibutuhkan hiburan-hiburan kecil untuk membantu mengurangi hal tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan data internet.

Sudah bukan rahasia jika mudik adalah tradisi tahunan yang terlalu sayang dilewatkan bagi banyak orang. Meskipun para pemudik sudah tahu benar bahwa dengan melakukan perjalanan secara bersamaan bisa mengakibatkan kemacetan yang luar biasa. Tapi justru itulah yang membuat tradisi mudik menjadi lebih seru, apalagi bagi para pemudik yang kampung tujuannya sangat jauh dan sulit ditempuh. Selain harus benar-benar memiliki kesabaran menghadapi kemacetan dalam perjalanan mudik pun akan semakin terasa melelahkan dan juga membosankan.

Foto menunjukkan para pemudik siap menempuh perjalanan jauh untuk pulang kampung

Tanpa hiburan perjalanan jauh bisa memicu stres

Tapi seiring dengan perkembangan teknologi dan masyarakat pun sekarang sudah banyak yang menggunakan smartphone serta akses internet yang mudah dan cepat, ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar perjalanan mudik menjadi semakin nyaman dan menyenangkan.

Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan internet untuk mengurangi stres di perjalanan.

1. Mengunduh aplikasi informasi

Mencari informasi bagi pemudik itu sangat penting apalagi bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, jadi tidak ada salahnya jika pemudik mengunduh beberapa aplikasi yang bisa mendukung kelancaran dalam perjalanan mudik seperti aplikasi info lalu lintas, rest area dan sejenisnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Aplikasi seperti itu mungin bukan hanya penting tapi bisa dibilang wajib dimiliki pemudik, sebab kondisi jalan di suasa mudik akan selalu berubah-ubah dikarenakan berbagai faktor sehingga pemudik harus selalu tahu informasi terupdate. Jika informasi yang didapat sudah benar dan tepat, sebagai pemudik Anda sudah tahu jalan yang mana harus dilewati dan dihindari.

2. Mengabadikan momen perjalanan

Meskipun kadang melelahkan dan membosankan, perjalanan mudik boleh dibilang salah satu perjalanan yang mengasyikkan. Disamping menyambut lebaran dan libur panjang, saat perjalanan mudik seringkali ditemui kejadian-kejadian unik, lucu, dan juga menarik, apalagi jika mudik melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jadi tidak ada salahnya jika pengalaman mudik untuk tahun ini ditulis dalam catatan dan disertai dengan foto maupun video. Atau bisa diunggah sekalian di media sosial.

>>> Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Mudik Dengan Mobil Pribadi

Foto menunjukkan para penumpang bus nampak menikmati perjalanan

Beragam cara dilakukan untuk mengurangi stres di perjalanan, salah satunya dengan tidur

3. Menikmati konten multimedia

Perjalanan mudik tanpa diiringi musik rasanya jadi kurang asyik. Apalagi sekarang pengguna internet sudah dimudahkan dengan berbagai aplikasi streaming musik yang menyediakan berbagai macam lagu, mulai dari lagu lawas, lagu kenangan, dangdut koplo, hingga lagu kekinian. Lagu bertemakan Road Trip mungkin sangat cocok untuk menemani perjalanan mudik, tapi tentu saja selera musik masing-masing orang itu berbeda-beda, bebas memilih dan tidak harus yang bertemakan Road Trip.

Selain musik bisa juga melakukan streaming video. Di Youtube misalnya, berbagai  macan tema dan konten video sudah tak terhitung banyaknya. Pemudik tinggal memilih mulai dari video yang sekedar lucu-lucuan, video musik, hingga film panjang yang sangat mudah diakses dan bisa dinikmati melalui internet.

Selain itu dengan kecanggihan internet dan multimedia pemudik juga bisa mengabarkan keadaan terkini saat di perjalanan kepada orang-orang terdekat dengan melakukan panggilan video. Bahkan pertemuan secara virtual juga bisa dilakukan dengan beberapa orang sekaligus dengan menggunakan konferensi video. Hal ini sangat mudah dilakukan karena saat ini jaringan internet sudah 4G LTE yang memungkinkan silaturahmi tanpa batas.

>>> Persiapan Yang Matang Saat Mudik Dengan Bus perlu Dilakukan

Foto penumpang anak-anak menikmati hiburan di dalam mobil

Menghibur diri membuat perjalanan lebih menyenangkan

4. Main game online

Bosan dengan mendengarkan musik dan menonton video, pemudik bisa memakai cara lain mengurangi stres di perjalanan mudik, yaitu dengan memainkan game online. Banyak sekali game online yang saat ini sedang populer di Indonesia seperti, Player Unknown's Battlegrounds (PUBG), Mobile Legends, dan Arena of Valor, dan yang lain. Bahkan akan terasa lebih asyik lagi jika game semacam itu dimainkan bersama teman atau istilahnya MaBar (Main Bareng), karena memang game-game tersebut dirancang selain bisa dimainkan secara solo (sendiri) juga dirancang untuk dimainkan bersama teman-teman.

Mengingat betapa bermanfaatnya data internet untuk mengurangi stres di perjalanan, sebaiknya pemudik memastikan kuota data internetnya masih ada dalam jumlah yang cukup. Ada baiknya juga membawa beberapa voucher isi ulang yang bisa digunakan pada saat dibutuhkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mengetahui Ketentuan Zebra Cross Di Jalan Dan Penjelasannya

    Mengetahui Ketentuan Zebra Cross Di Jalan Dan Penjelasannya

    16/06/2019

    Saat berkendara di jalan tentunya akan menemui zebra cross di beberapa tempat. Fungsinya diperuntukkan untuk pejalan kaki yang berniat menyeberang jalan. Biasanya untuk bentuknya dibuat garis membujur yang menggunakan warna putih dan juga hitam. Ketebalan yang dimiliki adalah 300mm dengan celah yang dibuat sama serta memiliki panjang setidaknya 2500 mm. Namun tahukah sobat bahwa terdapat ketentuan zebra cross di jalan.

  • Anda Berminat Turun Reli? Yuk Coba Mulai Dari FWD, Ini Alasannya...
    Pengemudian mobil Arfian Alamsyah

    Anda Berminat Turun Reli? Yuk Coba Mulai Dari FWD, Ini Alasannya...

    08/06/2019

    Ikut reli memang mengasyikkan, bukan hanya bisa ngebut menyalurkan hasrat balap serta bisa sideways dengan kecepatan tinggi. Namun, dengan ikut reli Anda akan dapat memiliki pengalaman tidak terlupakan. So, apakah Anda berminat pertama kali ikut reli? Yuk coba mulai dari FWD (Front Wheel Drive), dan kami akan kemukakan alasannya...

  • Jangan Asal Ngebut Lewat Jalan Tol, Perhatikan Batas Kecepatan
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Jangan Asal Ngebut Lewat Jalan Tol, Perhatikan Batas Kecepatan

    06/06/2019

    Kondisi jalan yang panjang, mulus serta situasi lalu lintas jalan tol yang cenderung lengang berpotensi membuat pengendara terlena memacu kendaraannya sangat kencang melebihi batas kecepatan.