Pengemudi Pemula, Haruskah Menunggu Sampai Mahir Untuk Turun Ke Jalan Raya?

25/03/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Sebagian orang menyarankan kalau belum masih tahap belajar sebaiknya tidak mengemudi di jalan raya dan tunggu sampai benar-benar mahir. Sebagian yang lain beranggapan justru dengan turun ke jalan raya pengemudi pemula akan segera menjadi mahir.

Untuk anda yang sudah berpengalaman dalam berkendara tentu saja anda tidak akan merasa kesulitan dalam berkendara. Tetapi untuk mereka yang baru belajar mengemudi mobil atau pengemudi pemula tentu merupakan hal yang sangat sulit. Sebab ada beberapa pengetahuan yang memang wajib diketahui dan dipahami supaya bisa berkendara dengan benar dan baik.

Seorang pelatih sedang memberikan arahan kepada siswa mengemudi

Belajar mengemudi sebaiknya didampingi orang yang sudah mahir dan lebih baik di sekolah mengemudi

Lalu haruskah pengemudi pemula menunggu sampai mahir untuk turun ke jalan raya? Sebaiknya sih demikian. Hal ini bertujuan menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dan berakibat fatal. Tanpa mentor yang mendampingi, banyak hal buruk dan berpotensi bahaya jika langsung turun ke jalan raya, diantaranya sebagai berikut:

1. Mudah Panik

Sebagian besar pengemudi pemula akan merasa panik ketika berhadapan dengan suatu situasi yang tak terduga. Misalnya saja pengemudi pemula akan merasa panik saat ada kendaraan yang lainnya yang menyalip. Atau contoh lainnya ialah ketika ada tanjakan dan kendaraan yang dibawa malah berjalan mundur, para pengendara pemula pasti akan sangat panik. Keadaan ini lah yang justru membahayakan. Setiap pengendara tentu saja harus tenang dan tidak terburu - buru ketika menghadapi setiap medan yang ada di jalan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Kesulitan Parkir

Masalah utama yang lain bagi pengendara pemula umumnya ialah mereka akan kesulitan ketika akan memarkir kendaraannya. Pada umumnya, kemampuan memarkirkan kendaraan ini didapatkan saat orang tersebut memang sudah sering latihan dan mempunyai pengalaman yang cukup banyak. Akan tetapi jika masiih pemula maka akan merasa kesulitan tentunya.

>>> Beberapa Tempat Parkir Berbahaya bagi Kendaraan

Foto mobil diparkir di bawah pohon

Meski tampak sederhana, untuk bisa parkir mobil memerlukan pelatihan khusus

3. Jarak Terlalu Dekat

Pengemudi pemula pada umumnya masih belum memahami dengan benar jarak yang ideal untuk tiap mobil ketika sedang melaju. Ketika berada dalam keadaan macet atau ketika berjalan lambat, para pengendara pemula pasti akan lebih mengambil jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan di depannya. Hal ini tentu saja mengakibatkan tabrakan ketika mobil yang ada di depannya mengerem dengan tiba -  tiba atau mundur sedikit.

4. Terlambat Rem

Pengemudi pemula, biasanya masih kebingungan tentang setting pada gas dan rem. Tentu saja hal ini sangat berbahaya, apalagi jika pengendara pemula tersebut berkendara dengan kecepatan tinggi dan tergesa - gesa. Hal paling buruk yang bisa terjadi ialah mereka akan terlambat dalam mengerem dan hasilkan akan terjadi kecelakaan. Sehingga sebelum mengemudi mobil ke jalan raya, akan lebih baik bagi pengendara pemula untuk mengetahui dan memahami dengan benar setting gas dan rem. Hindari mengemudi dengan terburu - buru.

>>> Hindari Risiko Fatal Pengereman Mendadak, Ini Fitur Keselamatan Yang Wajib Ada

Foto seorang mantap memegang setir kemudi

Pengemudi pemula lebih sering tegang saat menghadapi situasi-situasi tertentu

5. Tidak Memperhatikan Rambu Jalan

Ketika berada dalam keadaan tegang, kebanyakan pengemudi pemula akan fokus dengan jalanan yang ada didepannya saja. Mereka biasanya juga melupakan untuk memperhatikan rambu - rambu lalu lintas yang ada di sepanjang jalan. Bahkan tidak sedikit pula pengemudi pemula yang tidak paham dengan benar akan rambu - rambu yang ada di sepanjang jalan. Sehingga banyak kasus pelanggaran lalu lintar yang dialami oleh pengemudi pemula.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. Perhatikan Kondisi Mobil

Pengemudi yang sudah berpengalaman umumnya akan memperhatikan kondisi kendaraannya terlebih dahulu. Namun bagi pengemudi pemula jarang sekali memperhatikan kondisi mobil yang akan digunakan. Risiko berkendara memang bisa dialami siapa saja. Sehingga setiap pemudi, dan khususnya bagi mereka yang masih pemula sebaiknya memperhatikan dengan baik tahapan dalam berkendara.

Ke-enam alasan di atas adalah sebagian alasan mengapa pengemudi harus menunggu sampai mahir untuk turun ke jalan raya. Namun ini bukan pendapat 'wajib' sebab adakalanya pengemudi pemula menemukan ritme mengemudinya justru saat dia sudah berani turun ke jalan raya.

>>> Ini Lokasi Paling Efektif Buat Belajar Mengemudi Mobil Selain Tempat Kursus

Foto belajar mengemudi di tempat kursus

Idealnya belajar mengemudi dilakukan di tempat kursus atau sekolah mengemudi

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca