Ini Lokasi Paling Efektif Buat Belajar Mengemudi Mobil Selain Tempat Kursus

16/03/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Anda termasuk orang yang belum bisa mengemudi mobil, tapi tidak mau ikut kursus karena lokasi yang jauh dari tempat tinggal Anda? Jangan khawatir, berikut ini lokasi paling efektif buat belajar mengemudi mobil selain tempat kursus.

Foto seseorang sedang belajar mengemudi di tempat kursus

Tempat kursus adalah yang paling rekommended untuk belajar mengemudi mobil

Dari banyak tempat yang bisa digunakan untuk belajar mengemudi mobil, sekolah mengemudi atau tempat kursus merupakan yang paling rekommended. Selain para tutor yang telah dibekali ilmu melatih mengemudi, teknik pembelajaran juga sangat runtut. Para tutor juga lebih bersabar menghadapi berbagai murid dengan karakter yang berbeda-beda. Satu lagi keuntungan belajar mengemudi di tempat kursus adalah ketersediaan unit mobil serta lokasi buat praktek mengemudi bagi pemula sebelum nantinya praktek langsung di jalan raya.

By the way, ternyata tidak semua orang yang ingin belajar mengemudi mobil mau belajar di sekolah mengemudi atau di tempat kursus dengan alasan lokasi yang jauh dari tempat tinggal hingga tidak ada waktu senggang. Ini tidak masalah apapun alasannya belajar mengemudi memang tidak wajib dilakukan di tempat kursus. Anda bisa mencari tempat lain untuk belajar mengemudi mobil dengan syarat tempatnya aman dan yang pasti harus ada mobil. Bisa pakai mobil sendiri, bisa juga pakai mobil lain yang Anda pinjam atau Anda sewa. Selain itu keberadaan pendamping juga sangat penting. Anda bisa mengajak teman, saudara atau orang yang Anda kenal yang sudah bisa mengemudi untuk mendampingi dan sebagai tempat bertanya bisa sewaktu-waktu dibutuhkan.

>>> Belajar Menyetir Mobil Manual Itu Tidak Sulit

Lokasi Belajar Mengemudi Mobil Selain Tempat Kursus

Berikut ini adalah lokasi-lokasi paling efektif buat belajar mengemudi mobil selain tempat kursus:

1. Lapangan Luas

Foto lapangan sepakbola kampung

Lapangan bisa dipakai belajar mengemudi mobil selama tidak ada papan larangan

Lokasi yang paling efektif di urutan pertama untuk belajar mengemudi mobil adalah lapangan luas. Tempat ini menjadi pilihan bagi para pengemudi yang belum mahir menjalankan mobil. Anda bisa berlatih pada lapangan luas di sekitar rumah atau yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Lapangan luas tentu memiliki area yang luas sehingga Anda bisa dengan leluasa belajar menyetir. Selain itu juga, tidak ada gangguan jika belajar menyetir di lapangan.

Umumnya area lapangan biasanya hanya dihadiri oleh orang-orang yang juga ingin menyetir. Jadi, cenderung tidak berbahaya bahkan ketika Anda salah teknik sekalipun. Hal yang menguntungkan juga adalah tidak ada biaya yang Anda keluarkan saat berlatih mengemudi mobil di lapangan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Jalanan Komplek

Foto jalanan komplek, sepi dan lengang

Hati-hati mengemudi di jalanan komplek, meski sepi terkadang ada yang melintas tiba-tiba

Pilihan tempat latihan menyetir lainnya adalah jalanan kompleks ataupun jalanan perumahan. Jalanan tersebut mayoritas sepi dari pengguna terlebih pada hari kerja. Penghuni perumahan atau kompleks di hari kerja pasti tidak di rumah melainkan semuanya bekerja dan akan pulang ketika sore hari. Jadi, Anda bisa berlatih mengemudi di sana dengan leluasa.

Meskipun belajar mengemudi mobil di jalanan kompleks atau perumahan tidak dilarang, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa penghuninya merasa terganggu. Usahakan untuk menyetir perlahan dengan mobil yang tidak menimbulkan suara terlalu bising. Satu hal lainnya adalah gunakan kompleks perumahan yang merupakan tempat tinggal Anda maupun teman yang menemani Anda belajar mengemudi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

>>> Hindari Risiko Fatal Pengereman Mendadak, Ini Fitur Keselamatan Yang Wajib Ada

3. Parkiran Luas

Gambar salah satu tempat parkir

Beberapa lokasi parkir boleh digunakan buat belajar mengemudi

Parkiran luas seperti parkiran yang terdapat pada mall besar daerah kota Jakarta maupun daerah lainnya juga bisa dijadikan tempat berlatih mengemudi yang nyaman. Arena parkir yang luas sangat mendukung untuk dijadikan arena latihan mengemudi.

Para mereka yang baru belajar mengemudi mobil biasanya menggunakan parkiran yang terletak di bagian depan sebuah gedung maupun parkiran di bagian basement. Hal yang harus Anda perhatikan adalah lantai parker umumnya terdapat tanjakan yang berbahaya bagi Anda yang belum mahir. Jadi usahakan mencari area pakir yang luas dan juga bebas tanjakan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

4. Pacuan Kuda

Foto arena pacuan kuda di hari-hari biasa

Tidak setiap saat dipakai buat lomba, area pacuan kuda bisa digunakan untuk belajar mengemudi mobil

Arena pacuan kuda tentu memiliki luas yang sangat sesuai untuk belajar mengemudi mobil bagi pengemudi pemula. Area tanah yang luas dan tanpa hambatan terlihat pantas dijadikan tempat latihan mengemudi. Latihan mengemudi di pacuan sensasinya hampir sama dengan latihan di lapangan luas.

>>> Belajar Mengemudi Mobil di Tikungan Sempit Agar Cepat Bisa

5. Lahan Kosong

Foto lahan kosong di sebuah komplek

Meski lahan kosong tak terpakai, Anda harus minta izin kepada pemiliknya jika mau dipakai belajar mengemudi

Lahan kosong yang luas terbentang bagus untuk Anda yang ingin belajar mengemudi mobil. Akan lebih baik lagi jika lahan kosong tersebut adalah tanah milik Anda maupun keluarga, sehingga tidak ada yang merasa terganggu nantinya. Lahan kosong biasanya tidak ada hambatan, paling tidak hanya ada batu-batu kecil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.