Ngeri, Pembunuh Paling Mematikan Berkeliaran Di Jalanan Indonesia

17/10/2018| Fatchur Sag

Foto pemotor tewas di jalan raya

Pengemudi motor tewas mengenaskan di jalan raya Sumedang-Bandung, (5/5/2011)

Dalam paparan yang disampaikan dalam di acara Focus Group Discussion (FGD) beberapa waktu lalu Dirlantas Polda Sumatera Selatan (Sumsel), Kombes Pol M. Taslim Chairuddin menuturkan kasus kematian banyak orang di jalan raya saat ini masih jadi catatan luar biasa dan mengerikan karena korbannya korban kebanyakan adalah usia produktif. Mereka tewas juga secara mengenaskan seperti patah tulang di banyak bagian hingga tubuh hancur dengan organ berhamburan. Pembunuhnya adalah kecelakaan.

"Setelah saya mengevaluasi data, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas mayoritas dari usia produktif. Jika terus seperti ini, maka dampaknya akan sangat luas dan dapat menghancurkan bangsa," akta Kombes Taslim sebagaimana ditulis di situs resmi NTMC Polri, Sabtu (13/10/2018).

Kecelakaan di jalan raya dinyatakan sebagai penyebab kematian terbesar di Indonesia, bahkan disebut sebagai mesin pembunuh paling mematikan setelah penyakit jantung. Upaya penekanan angka kecelakaan diupayakan banyak pihak seperti sosialisasi budaya tertib berlalu lintas di berbagai kalangan seperti pelajar, komunitas otomotif hingga masyarakat umum, kegiatan safety riding dan safety driving. Himbauan keselamatan juga disampaikan melalui berbagai media seperti internet, baleho, rambu-rambu, hingga pengawasan langsung di jalan raya. Harapannya angka kecelakaan fatal bisa ditekan hingga titik terendah.

"Semoga kita bisa sampai nol dan tentunya itu akan terjadi dengan kerja keras kita," kata Kombes Taslim melanjutkan.

>>> Baca: Memprihatinkan, Tiap 1 Jam 3 - 4 Orang Indonesia Meninggal Karena Kecelakaan Lalu Lintas

Foto kecelakaan bus di Sukabumi

Bus masuk Jurang di Cikidang Sukabumi, Jawa Barat tewaskan puluhan penumpang (8/9/2018)

Prof. Nurhasan ISmail, S.H, M.Si Dosen Fakultas Hukum UGM di acara yang sama menuturkan setidaknya ada tiga upaya preventif yang harus dilakukan untuk menekan angka kecelakaan dan kematian di jalanan.

  • Pertama; Pemberian pemahaman kepada para pengemudi angkutan umum oleh perusahaan tentang mengemudi yang baik serta berbagai pelanggaran yang harus dihindari. Disamping itu, perusahaan harus memiliki tanggung jawab terhadap kelaikan dan kelayakan angkutan umum beroperasi.
  • Kedua; Peran orang tua dalam memberikan didikan kepada anak-anak tentang perilaku berkendara yang baik, beretika dan taat berlalu lintas. Ini penting mengingat anak-anak usia produktif belum memiliki kendali emosi yang stabil sehingga potensi kecelakaan sangat besar.
  • Ketiga; Penegakan hukum sesuai ketentuan. Fungsi utamanya sebagai shock teraphy agar mereka jera dan tidak mengulanginya di kemudian hari serta dalam rangka mendidik masyarakat untuk patuh aturan berlalu lintas seperti tidak melebihi batas kecepatan, tidak mengangkut barang melebihi batas, tidak menyalip di marka lurus dan yang lain.

>>> Baca: Ingin Menyalip Truk Tidak Boleh Sembarangan! Berikut Penjelasannya

Foto sepeda motor ditabrak mobil

Berhati-hatilah, jangan sampai Anda jadi korban di jalan raya

So, bagi pengendara yang tak ingin jadi korban pembunuh paling kejam di jalan raya (kecelakaan), waspadalah terhadap kondisi lalu lintas, jangan lakukan tindakan yang berpotensi kecelakaan dan jangan lupa berdoa mohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.

  • Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    08/03/2021| Fatchur Sag

    Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    Anda yang melintas di Cikarang perlu tahu Polrestro Bekasi bakal menerapkan tilang elektronik mulai pertengahan Maret 2021 di Simpang Grosir Cikarang (SGC).

  • Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    24/11/2020| Abdul

    Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    Terdapat modal saat mengemudi mobil di jalan tol yang perlu diperhatikan. Apalagi jalan tol menjadi salah satu jalur favorit bagi para pengemudi mobil karena lebih cepat sampai tujuan.

International