Ingin Menyalip Truk Tidak Boleh Sembarangan! Berikut Penjelasannya

23/09/2018| Abdul Kosim

Saat ingin menyalip truk sebaiknya dilakukan dengan cepat dan hindari berlama-lama di area blind spot. Bahkan dari pihak Jusri Pulubuhu selaku Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyatakan. Bahwasanya Mobil truk dengan kendaraan kecil tidak dapat disamakan. Titik buta yang dimiliki lebih besar sehingga potensi terjadinya bahaya juga lebih besar dan juga lebih fatal.

Menurut Jusri tentang menyalip truk diperlukan sebuah perhitungan yang tepat dan mayang. Selain itu memperhatikan kondisi sekitar dan juga situasinya benar-benar aman untuk mendahuluinya. Berikut beberapa yang dijelaskannya.

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil warna merah sedang menyalip truk warna merah di jalan

Menyalip Mobil truk diharapkan untuk melaju lebih cepat supaya terhindar dari area blind spot (Foto: youtube)

>>> Banyak tips pengemudi berguna untuk Anda, klik di sini untuk bacanya

1. Ketika menyalip melalui titik buta yang paling kecil

Untuk posisi kemudi Mobil berada di sebelah kanan, jadi untuk titik buta terkecil tentu berada di jalur kanan truk. Jadi untuk amannya menyaliplah melalui sisi kanan, apalagi masalah ini juga telah diatur dalam Undang-Undang.

2. Memberi kode saat akan mendahului truk

Ketika berniat menyalip truk sebaiknya memberi kode untuk memberitahu bahwa ada kendaraan lain yang ingin mendahului. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membunyikan klakson Mobil dan juga menyalakan lampu. Akan tetapi jangan sampai dalam melakukannya berlebihan sehingga membuat pengemudi truk menjadi terganggu.

“Ketika kita berkomunikasi, perhatikan gerakan kepala pengendara sopir, jika bergerak berarti sang pengemudi mengetahui keberadaan kita, tapi sekali lagi jangan berasumsi dia melihat kita,” tutur Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada awak media Kompas.

>>> Hati-hati, modus kejahatan berikut ini bisa saja terjadi pada Anda

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sebuah truk di jalan dengan beberapa lingkaran di samping kanan kiri dan depan belakang

Hindari area blond spot Mobil truk karena mempunyai titik buta lebih luas (Foto: frg-law)

3. Saat menyalip lakukan dengan santun dan benar

Saat akan mendahului truk sebaiknya melakukannya dengan benar dan santun. Hal ini sangat penting supaya tidak terjadi masalah atau tersinggung. Cukup nyalakan klakson 1 atau 2 kali dan menyalip secepat mungkin supaya terhindar dari titik buta. Jika melakukannya dengan lambat maka beresiko terjadi bahaya.

“Misalnya kecepatan truk 40 kpj, kemudian kendaraan kita 45 kpj, berarti proses menyalip kita lebih aman dibanding kalau kita injak gas lebih dalam sedikit dan mencapai kecepatan 50 kpj atau 60 kpj. Khawatirnya, jika terlalu lama di sisi blind spot saat menyalip, lalu sopir truk melihat bahaya di samping kiri dan membanting truk ke sisi kanan, maka kita kena,” kata Jusri.

>>> Baca juga, Dianggap Menghabiskan Dana Negara, Apa Alasan Jalan Tol Dibuat Berkelok?

Sobat bisa lihat video tentang tips menyalip Mobil truk di bawah ini:

Jadi perlu diperhatikan dengan benar saat ingin menyalip truk, jangan mengambil jalur sebelah kiri dan tanpa memberi kode. Hal tersebut bisa beresiko tersenggol saat truk melakukan akselerasi secara tiba-tiba. Hal ini kadang terjadi tanpa sepengetahuan pengemudi truk karena berada di area blind spot.

Hal ini juga berlaku dengan kendaraan lain yang lebih besar seperti truk gandengan kendaraan besar lainnya. Perlu diingat, semakin besar kendaraan tentu area blind spot yang dimiliki juga jauh lebih besar. Jadi harus lebih waspada supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International