Musim Hujan Datang, Lakukan Antisipasi Agar Tidak Tertimpa Pohon Tumbang

27/11/2019| Fatchur Sag

Musim hujan membawa kebahagiaan bagi banyak orang, terutama para petani yang memang sangat membutuhkan curahan air. Di satu sisi banyak yang harus diwaspadai dengan datangnya musim hujan, seperti potensi banjir dan longsor di beberapa wilayah. Bagi pengendara mobil, saat hujan berarti harus meningkatkan kewaspadaan agar tidak mengalami hal-hal buruk seperti aquaplaning, terjebak banjir, dan terperosok kubangan.

Foto mobil berjalan di genangan air

Berkendara di saat hujan lebih berisiko dibanding saat terang

Satu lagi yang harus diwaspadai yaitu potensi pohon tumbang, terutama jika hujan disertai angin kencang. Sudah seringkali kejadian pohon tumbang menimpa pengendara kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor. Korbannya juga beragam dari yang sekadar luka ringan, luka berat, hingga meninggal.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Buat Anda yang beraktivitas menggunakan mobil, sebaiknya lakukan antisipasi agar tidak tertimpa pohon tumbang atau objek besar lain seperti billboard. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan!

  1. Pantau perkembangan cuaca. Makin berkembang teknologi semakin mudah mengetahui kondisi cuaca di berbagai daerah. Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone, memantau akun medsos kepolisian, media online, atau lewat siaran radio yang selalu update kondisi cuaca. Anda juga bisa mengetahui kondisi kemacetan melalui perangkat di atas yang mungkin saja terjadi karena pohon tumbang.
  2. Tunda perjalanan. Jika tidak terlalu penting dan mendesak lebih baik tidak melakukan perjalanan. Tapi kalau penting dan harus melakukan perjalanan, jika mungkin ditunda beberapa saat sebaiknya ditunda sampai situasi lebih tenang.
  3. Waspada di perjalanan. Kalau hujan lebat disertai angin terjadi di tengah perjalanan, usahakan untuk tetap fokus dan waspada terhadap berbagai objek di sekitar jalanan, terutama di ruas jalan yang dipenuhi pepohonan besar. Jika di jalanan yang tak dikelilingi pepohonan atau jalan di jalan bebas hambatan, kurangi kecepatan untuk menghindari aquaplaning dan risiko buruk yang lain.
  4. Menepi di tempat lapang menunggu situasi tenang. Jika hujan terlalu lebat atau angin terlalu kencang, akan lebih baik jika Anda mencari tempat lapang di pinggir jalan untuk menepi menunggu situasi hujan reda dan situasi kembali tenang. Biasanya hujang seperti ini tidak terlalu lama.

>>> Tak Hanya Aquaplaning, Ini Potensi Buruk Mengemudi Di Saat Hujan

Foto mobil tertimpa pohon tumbang

Musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, lakukan langkah antisipasi untuk meminimalisir

Saat parkir

Risiko tertimpa pohon tumbang juga bisa terjadi saat mobil tengah berhenti, yaitu parkir di bawah pohon. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan meski sepertinya tampak nyaman, pohon besar punya potensi tumbang lebih tinggi dibanding pohon berukuran kecil karena kondisinya yang rapuh.

Solusi terbaik cari tempat parkir di basement yang lebih terlindungi dari hujan dan angin. Jika terpaksa parkir di luar sebaiknya cari tempat yang lapang, tidak di bawah pohon besar atau di radius ketinggian pohon besar serta perhatikan situasi sekitar dari risiko kejatuhan obyek.

>>> Beberapa Tips Memilih Lokasi Parkir Yang Aman Di Musim Hujan

Foto puluhan mobil listrik terparkir rapi di sebuah tempat parkir di Norwegia

Parkir mobil di tempat yang aman, bukan di bawah pohon

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.