Beberapa Tips Memilih Lokasi Parkir Yang Aman Di Musim Hujan

24/10/2018| Abdul Kosim

Memilih lokasi parkir yang aman di musim hujan berbeda dengan saat musim kemarau. Yang mana resiko terjadinya masalah seperti banjir, pohon tumbang dan juga lainnya. Pemilik kendaraan wajib berhati-hati dalam pemilihan, memang kadang tidak terjadi masalah, namun tidak ada salahnya melakukannya untuk langkah antisipasi.

Apalagi saat musim penghujan kadangkala dibarengi dengan hembusan angin yang kencang. Tentunya sobat tidak ingin bukan mengalami beberapa masalah pada Mobil kesayangan.

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih lokasi parkir yang aman di musim hujan yang perlu diperhatikan.

1. Menghindari parkir di bawah pohon

Pohon merupakan tumbuhan yang hidup di hutan dan juga pinggir jalan. Biasanya sudah ada sejak dahulu ataupun baru ditanam. Sangat disarankan untuk menghindari melakukan parkir di bawah pohon, apalagi yang telah tua atau rapuh. Mungkin sulit untuk memprediksi apakah pohon akan tumbang atau tidak, namun untuk langkah waspada sangatlah diperlukan.

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil warna silver tertimpa pohon yang tumbang

Saat musim penghujan dan disertai angin rawan pohon tumbang (foto: Merdeka)

Pada saat turun hujan deras dan juga angin kencang dapat membuat ranting ataupun batang pohon bisa berjatuhan. Bahkan kadang adapula pohon yang dikira masih kuat juga tumbang dan menimpa Mobil yang terparkir di bawahnya. Tumbangnya pohon ini bisa dikarenakan akarnya tidak kuat atau hembusan angin yang terlalu kencang.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang tips pengemudian lainnya di Mobilmo.com

2. Menghindari parkir di dekat papan reklame

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna putih tertimpa papan reklame dan terdapat mobil warna merah di depannya

Memilih tempat parkir saat musim penghujan harus berhati-hati (Foto: Cicakkreatip)

Sama halnya dengan parkir di bawah pohon. Bahkan papan reklame yang terlihat sangat kokoh juga bisa ambruk juga. Kejadian ini sudah pernah terjadi dan membuat Mobil menjadi ringsek. Untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya untuk menghindari parkir di bawah atau di dekat papan reklame.

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Perbedaan Parkir Dan Berhenti Sebagai Tambahan Informasi Bagi Pengendara

3. Memilih tempat parkir di tempat lebih tinggi dan ruang terbuka

Gambar ini menunjukkan beberapa Mobil sedang parkir di tempat yang tergenang banjir

Parkir di tempat cekung bisa beresiko tergenang banjir saat hujan lebat (Foto: Liputan6)

Dalam memilih lokasi parkir yang aman di musim hujan harus benar-benar waspada. Salah satunya adalah menghindari tempat yang rendah atau didesain cekung. Pada tempat parkir model begini saat terjadi hujan deras dapat beresiko tergenang. Memang biasanya sudah ada saluran air untuk menghindari masalah tersebut. Namun tidak ada salahnya waspada, karena kadang saluran air dapat mampet.

>>> Baca juga, Berapa Batas Maksimal Banjir Yang Bisa Dilewati Mobil Supaya Tetap Aman

4. Hindari parkir dekat tembok

Untuk tips memilih lokasi parkir yang aman di musim hujan yang terakhir adalah jauhi dekat tembok. Meskipun tembok terlihat begitu kokoh, namun bisa saja tidak kuat menahan angin. Apalagi untuk tembok yang telah berumur dan terlihat rapuh.

Gambar ini menunjukkan beberapa Mobil tertimpa tembok yang roboh

Carilah tempat parkir yang aman dan tembok serta bangunan di sekitar yang kokoh (Foto: pekalongan-news)

Dalam hal ini tembok yang dimaksud adalah yang berdiri sendiri, biasanya dijadikan batas dan bukan bangunan rumah ataupun lainnya. Robohnya tembok ini biasanya karena hujan dengan dibarengi angin yang kencang sehingga membuat goyang dan lama kelamaan menjadi roboh. Apabila Mobil terkena reruntuhannya bisa beresiko mengalami kerusakan yang fatal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memilih lokasi parkir yang aman di musim hujan. Apakah Anda memiliki pandangan tempat parkir yang rawan mengalami masalah dimusim hujan? Jangan lupa pula untuk meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara saat musim penghujan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International