Mudik Lebaran: Pastikan STNK Dan SIM Masih Berlaku

14/05/2019| Fatchur Sag

Mudik jadi momen paling ditunggu para perantau jelang lebaran Idul Fitri tiba karena tak lama lagi mereka bakal berkumpul dengan keluarga dan orang-orang tercinta di kampung halaman. Berbagai hal disiapkan agar semuanya berjalan lancar. Nah, bagi Anda yang telah berencana jadi 'sopir' saat mudik baik menggunakan mobil pribadi atau rental ada hal yang harus Anda perhatikan, yaitu masa berlaku STNK dan SIM Anda.

Foto Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor, mobil maupun sepeda motor

STNK dan SIM memiliki batas masa berlaku yang harus diperpanjang secara berkala

Meski dalam situasi lebaran alias sedang liburan panjang keberadaan STNK dan SIM tetaplah penting. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) memastikan kendaraan Anda 'legal' untuk beroperasi di jalan raya, sementara SIM (Surat Izin Mengemudi) memastikan Anda diizinkan mengemudi menurut hukum. Keduanya punya masa berlaku sampai lima tahun sejak ditetapkan. Tentu saja lewat dari itu, baik kendaraan maupun diri Anda tidak memiliki perlindungan hukum di jalan raya.

>>> Lebih Aman Dan Hemat, Menhub Sarankan Pemudik Ikut Program Mudik Gratis

Bagaimana jika masa berlaku STNK dan SIM habis saat libur lebaran?

Tentu saja Anda tidak bisa mendapatkan pelayanan perpanjangan STNK dan SIM sebab layanan publik juga diliburkan. Meski pihak kepolisian biasanya memberi kelonggaran bagi yang STNK dan SIM habis masa berlaku saat liburan untuk melakukan perpanjangan setelah liburan, ada baiknya sebelum semua layanan diliburkan Anda segera memperpanjang masa berlaku keduanya. Tujuannya agar tidak kerepotan di kemudian hari.

 

Potret mobil penuh muatan yang bisa mengganggu visibilitas ke belakang

Bukan hanya perbekalan yang dipersiapkan, surat-surat kendaraan juga harus lengkap saat mudik

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Sebagai gambaran, untuk waktu yang sudah-sudah kepolisian hanya memberikan jeda waktu satu sampai dua hari setelah waktu libur habis untuk bisa mengurus perpanjangan STNK dan SIM. Lewat dari itu, tidak ada maaf lagi. Yang belum melakukan perpanjangan dianggap 'telat' dan bakal kena denda keterlambatan, juga kena tilang apabila terjaring razia. Di satu sisi, saat liburan habis Anda mungkin masih kelelahan sehabis menempuh perjalanan balik dari kampung halaman ke kota lalu 'dipaksa' harus mengurus perpanjangan. Tentu saja ini sangat merepotkan.

Mengantisipasi hal tersebut, mumpung masih ada waktu beberapa hari sampai mudik tiba sebaiknya Anda segera mengurus perpanjangan baik STNK maupun SIM. Ini akan membuat Anda merasa lebih tenang saat liburan, tidak terbebani perasaan harus segera mengurus hal-hal administratif tersebut. Anda bisa datang langsung ke kantor Samsat terdekat atau Samsat keliling untuk mengurus perpanjangan STNK dan ke bagian layanan SIM di Kepolisian setempat untuk melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi. Anda bisa juga memanfaatkan layanan SIM online dan SIM keliling yang biasanya stand by di tempat-tempat tertentu.

>>> Kabar Gembira Perpanjangan SIM Online Bisa Di Lakukan Di Seluruh Indonesia

Beberapa orang sedang mengantre melakukan perpanjangan SIM melalui layanan SIM Keliling

Lakukan perpanjangan sebelum mudik jika tahu surat-surat kendaraan habis masa berlaku saat liburan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International