Lebih Aman Dan Hemat, Menhub Sarankan Pemudik Ikut Program Mudik Gratis

08/05/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan kepada para perantau yang ingin pulang kampung untuk ikut program mudik gratis serta menghindari mudik menggunakan sepeda motor.

Tidak bisa dipungkiri mudik menggunakan sepeda motor menjadi tren tersendiri di kalangan para pemudik. Mereka merasa mudik menggunakan sepeda motor bisa lebih cepat karena bisa menyelinap diantara kemacetan serta lebih menyenangkan. Meski sangat tidak direkomendasikan, jumlah pemudik menggunakan sepeda motor selalu meningkat tiap tahun.

Foto para pemudik yang menggunakan sepeda motor

Meski berisiko, pemudik yang menggunakan sepeda motor makin banyak jumlahnya

Kenyataan ini tak lantas menghentikan para pemerhati keselamatan untuk terus mengeluarkan himbauan dan saran agar pemudik sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi bahkan mewanti-wanti hal tersebut tidak dilakukan karena sangat berbahaya.

"Kami menyarankan bahwa jangan menggunakan motor (saat mudik), menggunakan motor itu resiko nya besar, kecelakaan 80 persen dengan motor," tutur Menhub Budi di FX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2019).

Sebagai solusi, Menhub menyarankan agar para pemudik memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Menhub juga mendorong agar perusahaan-perusahaan juga menyelenggarakan mudik gratis, terkhusus untuk para karyawan beserta keluarganya. "Kita adakan mudik gratis, banyak sekali mereka memanfaatkan mudik gratis dengan kereta api, bus, dinaikkan truk, naik kapal dan sebagainya," katanya.

>>> Mudik Lebaran Pakai Mobil, Ini Beragam Cara Yang Bisa Dipilih

Armada bus mudik bareng beriringan melintas di jalan raya

Mudik bareng selain aman, nyaman juga hemat biaya

Pada kesempatan sebelumnya Menhub menyampaikan bagi pemudik yang ingin mudik dan membawa motornya pulang sebaiknya tidak dikendarai, pemudik sangat disarankan mengikuti program mudik gratis atau mudik bareng berikut dengan sepeda motornya. Tidak hanya lebih aman dari risiko kecelakaan mudik gratis juga lebih nyaman dan hemat. Pemudik bisa beristirahat di sepanjang perjalanan, sementara bekal yang sedianya untuk biaya selama perjalanan bisa dihemat dan dialokasikan ke hal penting lainnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Sebagai gambaran, mudik gratis buat para pengguna sepeda motor sudah sering diselenggarakan oleh para APM sepeda motor seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan yang lain. Tahun ini Astra Honda Motor menyelenggarakan Mudik dan Balik Bareng Honda (MBBH) 2019. Sebanyak 63 bus dengan rute Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Solo telah disiapkan. Sementara untuk sepeda motor milik pemudik akan diangkut menggunakan 29 truk ke tiga kota tujuan tersebut. Para pemudik juga mendapat banyak keuntungan menarik yang lai seperti sepeda motor di asuransi selama perjalanan, bus mudik yang berAC dan nyaman, mendapatkan goodie bag berisi jaket, konsumsi dan paket dari sponsor, fasilitas kesehatan hingga berkesempatan mendapatkan doorprize 2 sepeda motor Honda dan hadiah menarik lainnya.

Kemenhub sendiri hampir tiap tahun juga mengadakan program mudik gratis buat para pemudik yang kepingin pulang beserta sepeda motornya. Tak hanya untuk yang mudik menggunakan mobil, tapi juga yang mudik menggunakan kapal laut ke berbagai daerah..

>>> Beli Suzuki New Carry Pick Up Sekarang Gratis Servis Dan Ganti Oli Hingga 50 Ribu Km

Foto truk sedang mengantarkan sepeda motor Honda milik para pemudik

Cara cerdas mudik ke kampung halaman, orangnya naik bus motornya naik truk

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca