Mobil Matic Kebanjiran, Cukup 3 Hal Ini Yang Boleh Dilakukan Pemilik

02/01/2020| Fatchur Sag

Hujan deras menjadi hadiah tahun baru 2020 di Indonesia. Di beberapa wilayah hujan bahkan menimbulkan genangan hingga banjir yang cukup parah. Seperti yang terjadi di ibu kota, banyak kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua terendam hingga separoh bodi dan sampai di atas mesin.

Tentu ini jadi kekhawatiran tersendiri mengingat area mesin bukanlah area 'bersahabat' buat direndam air. Terlebih untuk mobil matic yang memiliki komponen elektrikal lebih banyak dibanding mobil manual dan bekerja menggunakan komputerisasi. Walhasil risiko akan timbul pun lebih parah dibanding mobil manual. Salah satu yang paling parah terjadi korsleting yang membuat transmisi tidak bekerja sama sekali.

Foto menunjukkan banjir di salah satu ruas jalan ibu kota

Banjir melanda ibu kota di Tahun Baru 2020

>>> Mengemudi Saat Hujan, Anda Wajib Lakukan 5 Hal Ini

Lantas bagaimana cara menangani jika mobil matic Anda sudah terlanjur terendam banjir?

Hermas Prabowo, Teknisi Ahli di bengkel spesialis trasmisi otomatis Worner Matic berbagi tips bagaimana menangai mobil matic kebanjiran. Dalam unggahannya di akun Instagram @wornermatic disebutkan hanya 3 hal yang boleh dilakukan si pemilik saat mobil matic-nya kebanjiran, yaitu:

  • Geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Setelah itu tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah.
  • Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper baterry.
  • Lepas konektor baterry di kutup negatif. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.

Untuk penanganan selanjutnya adalah pekerjaan bengkel/mekanik profesional. Anda disarankan tidak mencoba otak atik apapun sendiri, kecuali kalau Anda juga teknisi ahli mobil matic. Sistem mobil matic terlalu rumit sebab sepenuhnya dikendalikan oleh sistem electric. Penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah.

>>> Meski Murah, Jangan Beli Mobil Bekas Terendam Banjir

Foto menunjukkan Armada Taksi Blue Bird terendam banjir

Mobil terendam banjir punya potensi kerusakan lebih besar

Segera panggil towing, dan bawa mobil matic ke bengkel yang tahu betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil matic. Jangan berspekulasi. Cari yang benar-benar profesional. Hindari pengerjaan di rumah, karena keterbatasan alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan scan tool membuat hasil kerja tidak maksimal.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Banjir memang membawa risiko besar khususnya untuk kendaraan bermotor yang turut terjebak. Namun dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, paling tidak bisa mengurangi risiko yang lebih buruk. Termasuk saat mobil matic Anda turut kebanjiran bisa diselamatkan tanpa biaya yang lebih besar dan kerusakan yang sangat parah.

Foto menunjukkan antrean kendaraan di bengkel transmisi Worner Matic

Untuk penanganan yang lebih tepat serahkan kepada ahlinya

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International