Mengemudi Saat Hujan, Anda Wajib Lakukan 5 Hal Ini

29/11/2019 | Fatchur Sag

Mengemudi saat cerah berbeda dengan mengemudi saat hujan, terutama dari berbagai risiko yang mengancam keselamatan. Misalnya aquaplaning dimana mobil gagal dikendalikan karena ban seperti tidak menapak aspal. Misal lain gangguan visibilitas karena hujan turun terlalu lebat.

So, Anda yang mengemudi saat hujan deras wajib melakukan 5 hal berikut agar keselamatan lebih terjaga.

1. Fokus dan Waspada

Foto suasana saat hujan di jalan raya

Ada banyak potensi bahaya di jalan raya saat hujan lebat

Mengemudi saat hujan Anda menghadapi keterbatasan jarak pandang, terutama jika hujan turun sangat lebat. Karenanya Anda wajib meningkatkan fokus dan waspada terhadap berbagai objek yang ada di sekitar seperti kendaraan atau pengguna jalan yang lain. Fokus juga diperlukan karena Anda menghadapi situasi jalanan yang licin, Anda wajib menghitung jarak dan posisi aman melewati beragam medan jalan seperti tanjakan, turunan atau tikungan-tikungan tajam.

>>> Musim Hujan, Perhatian Khusus Harus Diberikan Pada Bagian-bagian Ini

2. Turunkan kecepatan

Dengan keterbatasan seperti tersebut di atas (jarak pandang terbatas dan jalanan licin) Anda harus mengurangi kecepatan. Tidak boleh memacu mobil dengan kecepatan tinggi karena potensi bahayanya jauh lebih besar dibanding berjalan kalem. Kurangilah kecepatan 20%-30% agar Anda lebih mudah mengontrol kendaraan.

3. Jaga jarak aman

Foto sebuah mobil sedang mengemudi saat hujan

Perhatikan baik-baik jarak aman dengan pengendara lain

Sejalan dengan poin 1 dan poin 2 di atas, Anda harus menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan dan jangan terlalu dekat. Hal ini penting untuk menghindari risiko gagal mengerem saat kendaraan di depan melakukan pengereman.

4. Hindari mengerem mendadak

Jalanan yang licin atau tergenang air menyimpang potensi bahaya Aquaplaning. Yaitu kondisi dimana ban mobil seolah tidak menapak di jalanan dan akhirnya sulit dikendalikan. Salah satu penyebabnya yaitu pengemudi melakukan pengereman mendadak saat mobil berjalan cukup kencang.

>>> Tak Hanya Aquaplaning, Ini Potensi Buruk Mengemudi Di Saat Hujan

5. Menyalakan Lampu Mobil

Foto mobil-mobil melintas di jalanan dengan lampu menyala saat hujan deras

Menyalakan lampu memberi visibilitas yang lebih baik kepada pengguna jalan lain

Yang paling dianjurkan adalah menyalakan lampu kabut atau fog lamp. Akan tetapi menyalakan lampu utama juga baik sebab bisa memberi visual kepada pengguna jalan lain. Dengan demikian Anda bisa mengemudi dengan lebih percaya diri. Ingat; sebaiknya tidak menyalakan lampu hazard sebab bisa membingungkan pengendara lain.

Untuk mobil-mobil yang sudah dilengkapi fog lamp di bagian belakang bisa mengaktifkannya saat hujan deras atau berkabut pekat. Biasanya fog lamp belakang punya intensitas cahaya yang cukup terlihat bagi pengendara lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik